Whatsapp Share Like
Simpan

Setiap orang tua pasti menginginkan si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar ia senantiasa sehat dan aktif. Tentu membutuhkan proses untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh yang kuat bagi si Kecil. Si Kecil tidak terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga orang tua berperan untuk membantunya agat ia tetap sehat. Saat ia lahir si Kecil akan berhadapan dengan berbagai virus, bakteri, dan rentan terhadap berbagai penyakit. Berikut beberapa hal yang perlu Ibu hindari untuk menjaga kesehatan si Kecil.

  1. Memberikan makanan secara sembarangan
    Si Kecil belum mampu mencerna segala jenis makanan. Adapun beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada si Kecil seperti madu, susu sapi, dan telur mentah. Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan penyakit. Madu memang memiliki banyak manfaat, namun Ibu jangan memberikan madu pada si Kecil jika belum berusia satu tahun. Susu sapi sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada si Kecil jika belum berusia 1 tahun. Hal ini dikarenakan susu sapi sulit dicerna bayi berusia di bawah satu tahun dan dapat membuat si Kecil diare. Terdapat beberapa makanan yang memiliki campuran telur mentah seperti mayones dan kue-kue tertentu. Si Kecil belum cukup kuat untuk mengonsumsi makanan mentah karena mengandung bakteri dan dapat membuatnya terserang penyakit.
  2. Tidak menerapkan pola kebersihan
    Ibu harus membiasakan si Kecil selalu berada dalam ruangan yang yang kering dan bersih yang tentu terbebas dari bakteri dan penyakit. Selain itu mainan yang digunakan oleh si Kecil juga harus dicuci, terutama benda yang sering ia masukkan ke mulut. Ibu juga harus memperhatikan tangan si Kecil harus tetap bersih, karena terkadang ia sering memasukkan tangan ke dalam mulut. Kemudian saat mendapatkan kunjungan dari orang-orang sekitar, Ibu harus tegas meminta agar mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bermain-main dengan si Kecil. Hal ini sebagai antisipasi agar si Kecil tidak terkena virus atau bakteri dari lingkungan luar.
  3. Hindari makanan yang mempengaruhi kualitas ASI
    Makanan utama saat si Kecil masih berusia 0-6 bulan adalah ASI. Agar si kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka ia harus mengonsumsi ASI kualitas baik. Ibu saat masih menyusui wajib menjaga makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kualitas ASI. Ibu sebaiknya menghindari makanan junk food dan kafein. Junk food merupakan makanan yang rendah gizi dan mengandung garam serta berbagai bahan kimia dan zat adiktif yang dapat merusak kualitas ASI. Kafein jika dikonsumsi secara berlebihan akan menumpuk pada tubuh si Kecil. Bayi yang berusia di bawah 1 bulan membutuhkan waktu sekitar 4 hari untuk mengeluarkan kafein dalam tubuhnya. Selain itu kafein juga dapat menyebabkan si Kecil menjadi rewel dan susah tidur. Hal ini tentu membuat si Kecil menjadi kurang tidur dan ia menjadi mudah sakit.
  4. Tidak terkena sinar matahari
    Si Kecil memang akan terasa nyaman jika berada di dalam rumah, kemudian dilengkapi fasilitas air conditioner (AC) di seluruh ruangan sehingga udara menjadi sejuk. Ruangan si Kecil akan terlihat bersih dan bebas dari polusi udara. Namun hal ini dapat menyebabkan si Kecil menjadi rentan sakit.  Biasakan si Kecil untuk terkena sinar matahari untuk melatih sistem kekebalan tubuhnya agar lebih kuat. Sinar matahari pagi hari memiliki banyak manfaat seperti pembentukan vitamin D dalam tubuh, menghangatkan tubuh si Kecil sekaligus membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokannya. Ibu bisa menjemur si Kecil pada pukul 07.00-08.00 pagi selama kurang lebih 15 menit. Ibu juga diharap tidak meninggalkan si Kecil saat berjemur dan membolak balik tubuhnya agar ia tidak terpapar hanya satu sisi saja. Si Kecil juga tidak perlu terpapar matahari secara langsung, karena kulitnya masih sensitif jika terkena panas yang berlebihan.


Merawat si Kecil agar tetap sehat dan kuat membutuhkan tenaga dan waktu ekstra. Oleh karena itu Ibu juga harus tetap menjaga kondisi agar stamina tetap kuat. Ibu harus mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air harian, kurangi stres dan pastikan selalu menyempatkan olahraga ringan agar kondisi tetap bugar. Jika kondisi Ibu dalam keadaan sehat maka ASI yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik dan tentu dapat membantu si Kecil untuk membuat daya tahan tubuh yang kuat. Kemudian ketika beranjak dewasa, ajarkan si Kecil untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar sistem imunnya terus menguat.