Share Like
Simpan

Ibu, kekurangan sel darah merah atau anemia dapat berdampak negatif bagi anak, yakni, pertumbuhan fisik yang terhambat, dapat mengakibatkan kerusakan jantung, anak mengalami gangguan penyakit ginjal, kehilangan konsentrasi dan yang paling parah bila tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian. Karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk mengetahui gejala-gejala penyakit ini.

Gejala yang paling sering ditemukan saat anak terkena anemia adalah mukanya yang tampak pucat, mudah lelah dan letih bila melakukan aktifitas berat, mudah infeksi, gangguan prestasi belajar, menurunnya daya ingat, konsentrasi, dan daya tahan tubuh, nyeri tulang, denyut jantung bertambah kencang, nafas tersengal, hingga pingsan.

Untuk mengatisipasi efek buruk tersebut, Ibu dapat mencukupi kebutuhan si Kecil dengan pola makan yang sehat dan bergizi, terutama memberikan asupan makanan yang mengandung zat besi. Selain itu, Ibu juga bisa melakukan beberapa tips untuk mencegah agar anak tidak terkena anemia.

• Mengonsumsi asupan zat besi
Cara untuk mencegah agar si Kecil terhindar dari penyakit ini antara lain dengan mengkonsumsi beberapa asupan penting, seperti zat besi yang banyak ditemukan pada . sayuran berwarna hijau gelap, misalnya bayam dan kangkung, buncis, kacang polong, serta kacang-kacangan. Selain itu, Ibu bisa memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi maka dengan begitu si Kecil akan terhindar dari anemia. Zat besi bisa didapat pula dari daging, terutama daging merah, misalnya daging sapi.

• Memberikan ASI
Usahakan si Kecil mendapatkan ASI sampai usianya 6 bulan, lalu jika memungkinkan hingga usia 2 tahun, tentu dengan disertai makanan pendamping. Perlu Ibu ketahui bahwa kandungan zat besi dalam ASI lebih rendah daripada susu sapi, tetapi penyerapannya lebih tinggi. Oleh karena itu, pemberian ASI perlu digalakkan dengan pemberian suplementasi zat besi dan makanan tambahan sesuai usianya.

• Minum susu
Jika si Kecil suka minum susu, Ibu bisa memilih susu yang diperkaya dengan zat besi.

• Hidup bersih
Ajarkan si Kecil untuk membiasakan hidup bersih. Tujuannya adalah agar ia terhindar dari penyakit infeksi dan parasit. Ibu bisa mengajarkan dari hal-hal yang terkecil, misalnya sebelum makan ingatkan anak untuk selalu mencuci tangan.

Ibu, melihat anak tumbuh dan berkembang sehat adalah anugerah terindah bagi orang tua. Begitupun dengan anak yang terbebas dari anemia, dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, sehingga akan menghasilkan generasi yang sehat dan berkualitas. Dengan membiasakan pola hidup yang bersih dan sehat, serta mengonsumsi makanan yang seimbang, si Kecil bisa terhindar dari risiko penyakit anemia yang tidak kita inginkan.

Semoga sang buah hati selalu sehat dan ceria ya, Bu.