Share Like
Simpan

Apakah Ibu kesulitan memikirkan menu makan siang si Kecil? Puree (bubur) bayam bisa dijadikan alternatif makanan bayi yang sempurna jika ia sudah berusia 8 bulan karena pada masa ini, sistem pencernaannya sudah siap menerima aneka makanan padat yang terbuat dari buah dan sayur.

Membuat puree bayam yang lezat tidaklah sulit dan bisa dilakukan dalam beberapa menit saja melalui proses berikut ini:

1. Pilih bayam segar

Agar makanan bayi makin lezat dan memberikan manfaat optimal untuk si Kecil, pilihlah bayam yang daunnya berwarna hijau tua, tidak memiliki bintik-bintik hitam, tidak sobek dan juga tidak berkerut. Jika memungkinkan, pilihlah bayam organik yang lebih sehat karena bebas pestisida.

Sebelum mengolahnya menjadi makanan bayi, potong batangnya dan cuci bayam dengan merendamnya di air dingin selama 2 menit kemudian bilas di bawah air yang mengalir. Setelah itu, tiriskan.

2. Olah dengan benar

Bayam sangat baik dijadikan makanan bayi karena kaya kalsium dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan tulang, zat besi yang dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah, serta kalium yang baik untuk perkembangan otak. Agar nutrisi penting ini tidak hilang begitu saja, Ibu perlu memerhatikan proses pengolahan bayam sebelum dijadikan puree.

Bayam yang telah dicuci cukup dikukus selama 5 menit untuk menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Setelah itu, rendam bayam dalam air matang dingin selama kurang lebih 3 menit untuk menghentikan proses pemasakan yang disebabkan uap panas selama pengukusan.

3. Haluskan dengan blender

Untuk mendapatkan puree bayam yang lezat, haluskan sayuran ini dengan blender atau food processor hingga teksturnya menyerupai bubur. Ibu bisa menambahkan sedikit air untuk membuatnya lebih lembut dan mencampurkan sayuran lain seperti wortel dan kentang manis agar rasanya semakin lezat.

Bayam merupakan sayuran yang cocok disajikan sebagai makanan bayi karena mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, folat, dan niasin yang sangat dibutuhkan si Kecil untuk mendukung proses pertumbuhannya. Selain itu, bayam juga merupakan salah satu sayur yang mengandung serat dan baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Perhatikan penyimpanan

Ibu sebaiknya tidak memasak terlalu banyak puree bayam sehingga bisa langsung habis dalam sekali makan. Jika ini pertama kalinya si Kecil mengonsumsi bayam atau ia memiliki alergi, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli nutrisi ataupun tenaga medis untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan.

Meski puree bayam sangat lezat dan bermanfaat, Ibu harus selalu memberikan variasi menu agar si Kecil tidak bosan dan seluruh kebutuhan gizinya terpenuhi. Berikutnya sayur apa lagi ya, yang akan “disulap” menjadi makanan bayi?