Whatsapp Share Like Simpan

Bagi Ibu yang terbiasa mengonsumsi makanan khas Jepang seperti sushi, onigiri, atau sejenisnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan rumput laut. Di balik rasanya yang lezat dan segar, siapa sangka ternyata manfaat rumput laut cukup penting untuk kesehatan si Kecil lho. 

Mungkin belum banyak Ibu yang terpikir untuk memasukkan rumput laut ke dalam menu makanan harian si Kecil. Padahal, manfaat rumput laut untuk anak tak kalah penting dengan sayuran yang biasa Ibu olah lho, seperti brokoli, bayam, kale, wortel, dan lainnya. Manfaat rumput laut hadir berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam Rumput Laut?

Melansir laman resmi Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram rumput laut mengandung sejumlah nutrisi yang dapat mendukung kesehatan anak, di antaranya:

  • Air : 87 gram
  • Kalori : 41 kkal
  • Karbohidrat : 8,1 gram
  • Serat : 2,2 gram
  • Protein : 6 gram
  • Kalsium : 80 mg
  • Fosfor : 20 mg
  • Natrium : 250 mg
  • Kalium : 380 mg
  • Zinc : 1 mg
  • Zat besi : 1,8 mg
  • Vitamin C : 7 mg
  • Vitamin A : 260 mcg

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya rumput laut juga mengandung beragam nutrisi lain dengan kadar yang lebih sedikit, seperti vitamin B9 (asam folat), vitamin D, vitamin K, omega 3, kolin, mangan, selenium, tembaga, dan zat antioksidan. 

Bagaimana, Bu? Kandungan nutrisinya cukup banyak, bukan? Itulah sebabnya, mulai sekarang Ibu bisa memberikan si Kecil olahan rumput laut yang bisa dibuat sendiri di rumah. Dengan begitu, si Kecil pun akan mendapatkan manfaat rumput laut yang penting bagi tubuhnya. 

Artikel Sejenis

Apa Saja Manfaat Rumput Laut untuk Anak?

Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang perlu Ibu ketahui, antara lain: 

  • Mendukung tumbuh kembang anak

    Manfaat rumput laut yang cukup penting yaitu dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil. Ini karena rumput laut mengandung protein, karbohidrat, serat, serta beragam zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dalam masa pertumbuhan.

    Meskipun manfaat rumput laut cukup penting, tetapi Ibu perlu tahu bahwa rumput laut termasuk sumber protein nabati yang tidak memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

    Tubuh tidak bisa memproduksi 9AAE, sehingga asupannya harus didapatkan dari sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Sebab, protein hewani mengandung 9AAE yang lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Salah satu makanan tinggi protein yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap yaitu susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

  • Membantu meningkatkan perkembangan otak

    Manfaat rumput laut yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak agar tumbuh lebih cerdas. Manfaat rumput laut ini hadir berkat kandungan omega 3 dan kolin di dalamnya. 

    Meskipun manfaatnya cukup berpengaruh terhadap fungsi otak si Kecil, tetapi rumput laut bukanlah satu-satunya makanan bernutrisi yang penting bagi otak dan sistem saraf. Ada banyak makanan bernutrisi lainnya yang wajib dikonsumsi oleh si Kecil dalam masa tumbuh kembang, seperti susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

    Sebab, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ tak hanya mengandung omega 3 dan kolin saja, di dalamnya juga diperkaya dengan nutrisi untuk meningkatkan fungsi otak si Kecil, seperti 4x lebih tinggi, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi agar si Kecil lebih cerdas dan kreatif. 

  • Menjaga kesehatan pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi menghadirkan manfaat rumput laut yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Tahukah Ibu bahwa 80% sel imun terdapat dalam sistem pencernaan, sehingga kesehatan pencernaan akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh si Kecil. Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaannya yaitu dengan mengonsumsi rumput laut yang diseimbangkan dengan makanan bergizi lainnya. 

    Serat juga terkenal sebagai nutrisi yang dapat mencegah sembelit atau konstipasi pada anak-anak. Selain rumput laut, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat rumput laut yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar lebih kuat dan mengurangi risiko terkena penyakit. Manfaat rumput laut ini bisa didapatkan berkat kandungan protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun serta menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

    Namun, sama seperti manfaat rumput laut sebelumnya, makanan ini bukan satu-satunya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Si Kecil membutuhkan jenis makanan bernutrisi lain agar sistem imunnya meningkat, salah satunya adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Apalagi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang dikombinasikan dengan nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi. Tanpa kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, penyerapan nutrisi lain tidak akan optimal. 

  • Membantu memperkuat pertumbuhan tulang

    Manfaat rumput laut yang tak kalah penting yaitu dapat membantu memperkuat pertumbuhan tulang. Namun, manfaat rumput laut yang ini tentu akan lebih maksimal jika Ibu memberikan asupan makanan tinggi protein, tinggi kalsium, dan vitamin D kepada si Kecil. Dengan begitu, kebutuhan gizi hariannya akan tercukupi dengan tepat.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga termasuk makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan fisik si Kecil karena kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, vitamin D3, dan lain sebagainya. 

Melihat banyaknya manfaat rumput laut untuk anak, mulai sekarang Ibu bisa memasukkannya ke dalam menu harian si Kecil, ya. Supaya ia mendapatkan manfaat rumput laut yang lebih optimal, Ibu dianjurkan untuk memilih rumput laut yang segar. 

Ada banyak olahan rumput laut yang bisa Ibu kreasikan dengan mudah, mulai dari salad rumput laut, sushi, kimbap, es buah rumput laut, tumis nori, dan masih banyak lagi resep lainnya yang kaya akan gizi dan manfaat rumput laut bagi si Kecil. 

Pastikan Ibu mengolah makanannya secara tepat agar manfaat rumput laut lebih maksimal. Selain itu, Ibu juga dianjurkan untuk memadukan rumput laut dengan makanan lain yang menyehatkan agar kebutuhan nutrisi si Kecil tercukupi dengan baik. Semoga artikel mengenai manfaat rumput laut ini bermanfaat dan Ibu bisa mencoba mengolahnya di rumah.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz