Whatsapp Share Like
Simpan

Ketika beraktivitas bersama si Kecil, coba Ibu perhatikan, apakah ia memilih pakaian kesukaannya berdasarkan warna? Atau ia sering menunjuk warna tertentu pada dekorasi kamarnya? Wah! Kini sudah saatnya Ibu memperkaya pengetahuan warna kepadanya melalui beragam aktivitas. 

Saat menginjak usia 13 sampai 24 bulan, otak si Kecil biasanya sudah dapat menerima lebih banyak informasi mengenai hal-hal disekitarnya. Oleh karena itu, di masa tumbuh kembang balita seperti ini, Ibu sudah bisa mulai mengenalkan tentang berbagai warna di sekelilingnya. 

Agar si Kecil dapat mencerna dengan lebih baik, Ibu bisa memulai dengan cara-cara berikut:

  • Perkenalkan si Kecil dengan warna-warna dasar seperti merah, biru, kuning, hijau, hitam, dan putih. Warna-warna seperti itu cenderung menarik perhatiaannya karena memiliki kontras yang cukup tinggi sehingga Ibu akan lebih mudah mengajarinya. Ibu bisa memulainya dengan meminta ia menyusun balok sesuai dengan warna.
  • Buatlah ajang perkenalan warna ini menjadi menyenangkan dengan menggunakan kartu atau buku bergambar serta benda-benda di sekitar Ibu. Sambil memperkenalkan warna, Ibu juga bisa menggunakan dongeng atau cerita agar dapat menarik perhatiannya.
  • Ketika berada di luar rumah, Tunjuklah kepadanya benda yang memiliki berbagai macam warna, misalnya rumput yang hijau, warna mobil, atau lampu lalu lintas. Hal ini juga dapat membantu si Kecil mengenali berbagai macam benda dan warna yang baru.

Selain cara-cara di atas, nyanyian juga dapat Ibu gunakan untuk melatih pemahamannya tentang warna.Cobalah nyanyikan lagu Balonku atau Lihat Kebunku untuk mempermudahnya dalam mengingat. Sebagai alternatif, Ibu juga bisa melakukan ini sambil menunjukkan gambar pada buku atau objek aslinya.  Dengan begitu, memorinya dapat menyimpan nama warna sekaligus mengingat lagu tersebut. 

Menyenangkan ya, Bu melihat tumbuh kembang balita yang begitu cepat. Di usia 1 hingga 2 tahun, anak-anak akan dengan sangat mudah menyerap informasi baru. Si Kecil mulai memasuki tahap dimana ia belajar banyak kosa kata dan kemampuan baru. Namun, Ibu harus bersabar karena proses ini akan memakan waktu dan berbeda pada setiap anak. Itu sebabnya, Ibu diharapkan dapat rutin mengulang kegiatan bermain sambil belajar seperti ini kepada si Kecil.

Agar ia dapat mengenal warna dengan baik, usahakan si kecil rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin A yang akan mendukung kesehatan matanya dan juga menguatkan daya tahan tubuhnya. Vitamin ini juga penting bagi perkembangan sel dan kelenjar dalam tubuh, terutama yang terdapat pada rambut, kuku, dan kulitnya.

Demi tumbuh kembang balita yang optimal. Ibu bisa memberikannya beberapa buah atau sayuran kaya vitamin A seperti :

  • Pisang
  • Pepaya
  • Tomat
  • Apel
  • Wortel
  • Bayam

Vitamin A tersebut juga bisa Ibu temukan dalam susu Frisian Flag Jelajah, yang dibuat khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Nutrisi di dalamnya yang diformulasikan khusus bagi proses tumbuh kembang anak, akan ikut mendukung pertumbuhannya agar dapat berlangsung dengan optimal.

Semoga tips dari kami dapat bermanfaat dalam membimbing proses belajar si Kecil ya, Bu!