Whatsapp Share Like Simpan

Banyak orang beranggapan bahwa lemak berbahaya bagi kesehatan. Lemak tentu saja bisa membahayakan tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dan pemilihan jenis lemak yang kurang tepat. Oleh karena itu, jenis makanan yang mengandung lemak perlu dipilih dengan cermat agar fungsi lemak yang didapat di dalam tubuh bisa optimal terutama untuk tumbuh kembang anak. Di balik itu, ternyata ada banyak fungsi lemak bagi tubuh yang amat beragam, termasuk juga fungsi lemak pada tubuh anak. 

Lantas, apa sih fungsi lemak bagi tubuh anak? Ibu perlu tahu bahwa lemak adalah salah satu jenis makronutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selain protein dan karbohidrat. Ketiga jenis nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan jenis-jenis nutrisi lain, seperti vitamin dan mineral. Akan tetapi, tidak semua jenis lemak dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. Jenis lemak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil adalah asam lemak esensial yaitu Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA). Kedua jenis asam lemak ini disebut esensial karena tubuh tidak bisa memproduksinya dan tubuh harus mendapatkannya dari asupan makanan yang mengandung kedua jenis asam lemak esensial ini.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Anak

Meski lemak kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit bila dikonsumsi tidak tepat, baik dalam pemilihan jenis dan jumlahnya. Namun, untuk si Kecil, lemak sangat dibutuhkan untuk mendukung proses tumubuh kembangnya terutama untuk pertumbuhan sel-sel otak di 1.000 hari pertama kehidupannya. Beberapa fungsi lemak di antaranya adalah:

1. Menghasilkan energi bagi tubuh

Fungsi lemak juga dapat berperan sebagai sumber energi bagi tubuh si Kecil untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun memiliki peran memberikan sumber energi, Ibu perlu lebih memperhatikan jumlah asupan lemak yang dikonsumsi si Kecil. Lemak yang dikonsumsi dalam takaran yang tepat tentu akan baik bagi tubuh si Kecil. Namun bila yang terjadi sebaliknya, maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Di samping itu, Ibu juga tak bisa sepenuhnya mengandalkan asupan lemak sebagai sumber energi karena asupan protein dan karbohidrat juga penting demi mencukupi kebutuhan energi sehari-hari.

2. Penyerapan vitamin

Fungsi lemak yang perlu diketahui adalah sebagai zat yang melarutkan beberapa jenis vitamin larut lemak seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Agar keempat vitamin ini dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik, Ibu perlu memberikan si Kecil asupan makanan yang mengandung lemak secukupnya.

Artikel Sejenis

3. Menyehatkan kulit dan rambut

Fungsi lemak selanjutnya juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, lemak dibutuhkan untuk memproduksi sebum atau minyak alami tubuh untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Lemak juga berperan penting dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru. Oleh karena itu, agar kesehatan kulit dan rambut si Kecil tetap terjaga, ibu perlu memberi asupan lemak yang sesuai kebutuhan si Kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 kebutuhan lemak untuk anak usia 1-3 tahun adalah 45 gram dengan kebutuhan Omega 3 (ALA) sebanyak 0.7 gram dan Omega 6 (LA) sebanyak 7 gram dalam sehari.

Frisian Flag Primagro 1+ adalah susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 6 gram lemak dalam 1 gelas sajinya. Konsumsi 3 gelas Primagro sehari akan mendukung 40% asupan lemak, 40% asupan Omega 3 dan 29% asupan Omega 6 untuk kebutuhan hariannya. Sisanya bisa didapatkan dari makanan padatnya. Jadi Ibu tidak perlu kuatir si Kecil kekurangan lemak terutama asam lemak esensial Omega 3 dan Omega 6 untuk mendukung pertumbuhan sel otak dan retina mata si Kecil terutama di 1.000 hari pertama kehidupannya.

4. Menjaga tubuh tetap hangat

Fungsi lemak berikutnya adalah menjaga tubuh tetap hangat. Lemak yang tidak digunakan tubuh akan disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Jaringan ini berfungsi sebagai isolator sehingga suhu tubuh lebih mudah terkendali. Jaringan lemak yang cukup akan membuat tubuh tetap hangat.

5. Melindungi organ tubuh

Fungsi lemak juga untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, lemak juga berperan dalam membangun sel, terutama sel otak anak Pada janin dan anak-anak, asupan lemak Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) juga berperan penting dalam mendukung perkembangan jaringan otak dan saraf serta proses tumbuh kembang.

Jenis-jenis dan Sumber Lemak

Tidak semua jenis lemak baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa jenis lemak memang baik untuk kesehatan, tetapi ada juga jenis lemak yang bisa memberi dampak buruk pada kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Nah, untuk mendapatkan fungsi lemak secara optimal, penting bagi Ibu untuk mengenali dan memahami berbagai jenis lemak yang terdapat pada makanan. Inilah beberapa jenisnya:

  • Lemak tak jenuh tunggal

    Lemak tak jenuh tunggal termasuk jenis lemak yang sehat. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, fungsi lemak ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Fungsi lemak ini tentu baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Lemak tak jenuh tunggal bisa ditemukan di dalam beberapa makanan seperti buah alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, serta kacang-kacangan: kacang tanah, kedelai, almond, dan kacang pecan.

  • Lemak tak jenuh ganda

    Seperti yang tunggal, lemak tak jenuh ganda juga termasuk juga termasuk jenis lemak sehat. Fungsi lemak tak jenuh ganda pada si Kecil adalah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otaknya. Beberapa contoh lemak yang termasuk dalam jenis lemak tak jenuh ganda meliputi asam lemak Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA). Lemak tak jenuh ganda bisa diperoleh dari beragam jenis makanan, seperti kacang walnut, minyak sehat, serta ikan, termasuk ikan salmon, ikan tuna, dan ikan tongkol.

    Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) juga bisa didapat pada susu bubuk pertumbuhan yang difortifikasi. ditambahkan kedua jenis lemak tak jenuh ganda ini seperti susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag Primagro 1+ yang terdapat dalam 3 varian rasa yang disukai anak yaitu Madu, Vanilla, dan Cokelat.

  • Lemak jenuh

    Lemak jenuh yang dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, jika asupannya terlalu banyak, fungsi lemak ini juga bisa mengganggu kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Lemak jenuh terdapat pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, jeroan, daging berlemak, dan kulit ayam.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai fungsi lemak. Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh si Kecil. Namun, agar lebih sehat dan bisa merasakan keuntungan dari fungsi lemak, konsumsilah lemak sesuai dengan kebutuhannya dan imbangi dengan pola makan bergizi seimbang. Untuk mencukupi asupan lemak, Ibu juga sebaiknya memilih jenis makanan yang kaya akan lemak sehat, khususnya yang mengandung omega 3 dan omega 6. Batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Ibu bisa mengoptimalkan fungsi lemak bagi tubuh si Kecil dengan memberikan si Kecil makanan yang mengandung asam lemak esensial yaitu Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) seperti yang terdapat pada susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ memiliki kandungan Omega 3 (ALA) sebesar 93 miligram, Omega 6 (LA) sebesar 666 miligram, dilengkapi dengan empat kali DHA yang lebih tinggi, asam sialat dan spingomyelin yang berperan dalam perkembangan otak. Susu bubuk pertumbuhan ini juga diperkaya oleh vitamin D3 dengan kombinasi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap serta dalam jumlah yang cukup untuk si Kecil. Termasuk juga zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil lebih optimal.

Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan jumlah yang sesuai dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sangat penting untuk membantu mengangkut zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan oleh sel tubuh sehingga tubuh si Kecil dapat bertumbuh dengan prima. Pertumbuhan si Kecil bisa terhambat jika kekurangan 9AAE. Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -50%.

Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk mendukung perkembangan otak dan kreatif si Kecil di samping kebutuhan vitamin D3 dan 9AAE. Beberapa kombinasi di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak Omega 3 (ALA), asam lemak Omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz