Whatsapp Share Like Simpan

Mungkin selama ini Ibu berpikir manfaat vitamin E hanya untuk kesehatan kulit saja, terutama bagi orang dewasa. Ternyata, manfaat vitamin E juga berperan penting untuk membantu mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak lho. 

Salah satu manfaat vitamin E untuk anak yaitu sebagai antioksidan yang dapat menunjang pertumbuhan sel serta perkembangan saraf dan otak. Itulah sebabnya, kebutuhan vitamin E harus dipenuhi sejak dini, bahkan bahkan sejak dalam kandungan sampai besar, khususnya untuk anak usia 4-6 tahun. 

Manfaat vitamin E ini sebenarnya bisa Ibu dapatkan dari makanan sehari-hari, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Kebutuhan vitamin E bisa tercukupi dengan mengonsumsi sumber makanan tinggi vitamin E. 

Namun, pada beberapa kondisi, ada anak yang membutuhkan vitamin E tambahan yang berbentuk suplemen. Pemberian suplemen vitamin E biasanya untuk orang yang kekurangan vitamin E dalam jumlah banyak dan harus sesuai dengan anjuran dokter. 

Saat tubuh kekurangan vitamin E, fungsi otot akan melemah dan koordinasi gerak tubuh akan terganggu. Selain itu, beberapa gejala lain yang dapat muncul saat tubuh kekurangan vitamin E, di antaranya:

Artikel Sejenis

  • Refleks tubuh lambat
  • Gangguan koordinasi gerakan tubuh
  • Gangguan penglihatan
  • Terlalu sering kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu
  • Sangat pucat dan tubuh lebih mudah lelah

Apa Saja Manfaat Vitamin E untuk Anak?

Seperti yang telah disebutkan, manfaat vitamin E biasanya identik untuk kulit. Padahal, vitamin yang satu ini juga memiliki beragam manfaat untuk si Kecil. Berikut adalah manfaat vitamin E untuk anak: 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat vitamin E ternyata penting bagi daya tahan tubuh si Kecil. Vitamin E bekerja dengan melindungi membran (lapisan terluar) sel imun. Pada membran sel ini, terdapat asam lemak yang mudah rusak akibat radikal bebas. Nah, manfaat vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas tersebut dan melindungi sel agar tetap sehat. Pada sel-sel imun, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi di tengah pandemi yang tidak berkesudahan seperti saat ini.

  • Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala

    Ibu ingin kulit kepala dan rambut si Kecil sehat? Maka Ibu perlu mencukupi asupan vitamin E dengan tepat. Sebab, senyawa antioksidan pada vitamin E dapat melindungi sel kulit kepala dan mencegah kerusakan rambut. Manfaat vitamin E dapat membantu memperkuat lapisan lemak yang terdapat pada sel kulit kepala. Dengan begitu, rambut si Kecil akan lebih kuat dan terbebas dari risiko rontok. 

  • Membantu meningkatkan perkembangan otak

    Perkembangan otak si Kecil dimulai pada saat Ibu hamil hingga setelah lahir, terutama di periode 2 tahun pertama kehidupan si Kecil (golden age). Sebab, di periode golden age, otak anak bertumbuh secara maksimal, bergitu pula dengan pertumbuhan fisiknya.

    Sepanjang pertumbuhan dan perkembangan otak ini, tentu membutuhkan jumlah asam lemak spesifik yang tinggi, seperti DHA. Manfaat vitamin E salah satunya dapat melindungi asam lemak untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat. Itulah sebabnya, si Kecil membutuhkan asupan vitamin E dan DHA yang baik, sala satunya dari susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+

    Melansir laman resmi medicalnewstoday.com, pada tahun 2010 The Panel on Dietetic Products and Allergies from the European Food Safety Authority menyebutkan bahwa manfaat vitamin E turut berperan dalam membantu melindungi DHA, protein, dan lemak dari kerusakan pada bayi dan anak-anak hingga usia 3 tahun. Itulah sebabnya, salah satu manfaat vitamin E yaitu dapat membantu meningkatkan perkembangan otak si Kecil.

Sumber Makanan yang Kaya Vitamin E

Setelah mengetahui beragam manfaat vitamin E, maka Ibu pun sebaiknya mulai mencukupi kebutuhan vitamin E harian si Kecil dengan tepat. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah asupan vitamin E untuk anak usia 4-6 tahun adalah 7 mikrogram (mcg) per hari. Nah, Ibu bisa mendapatkan manfaat vitamin E dari beberapa sumber makanan berikut ini:

  • Sayuran hijau

    Vitamin E bisa Ibu dapatkan dalam beberapa jenis sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam. Tak hanya vitamin E, kedua jenis sayuran ini pun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, dan antioksidan. 

  • Kacang-kacangan

    Manfaat vitamin E juga bisa didapatkan dari beberapa jenis kacang, seperti kacang almond dan kacang kedelai. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, zinc (seng), kalsium, zat besi, dan magnesium. 

  • Biji-bijian

    Selain sayuran hijau dan kacang-kacangan, biji-bijian juga termasuk makanan yang mengandung vitamin E. Beberapa jenis biji yang merupakan sumber vitamin E yaitu biji bunga matahari dan biji jagung. Kedua jenis biji ini bisa Ibu berikan kepada si Kecil untuk dijadikan camilan sehat atau diolah menjadi makanan yang sesuai dengan selera si Kecil. 

  • Minyak nabati

    Sumber vitamin E juga banyak ditemukan pada minyak nabati untuk memasak. Proses pembuatan minyak ini dilakukan dengan mengekstrak minyak dari kacang-kacangan atau biji-bijian tertentu. Beberapa jenis minyak nabati yang kandungan vitamin E-nya paling tinggi, di antaranya minyak biji gandum, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak hazelnut, dan minyak biji kapas. 

  • Buah-buahan

    Alpukat, mangga, dan kiwi termasuk jenis buah-buahan yang mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan si Kecil. Selain vitamin E, ketiga jenis buah ini juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya. 

  • Makanan laut 

    Beberapa jenis makanan laut juga mengandung vitamin E, seperti ikan salmon, udang, dan kerang yang bisa diolah menjadi makanan bergizi untuk si Kecil. Tak hanya itu, makanan laut juga termasuk sumber protein berkualitas yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. 

Itulah beberapa sumber alami vitamin E yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil. Pastikan Ibu memberikan setiap jenis makanan tersebut sesuai dengan batas normal, agar kecukupan gizi harian si Kecil bisa optimal. Selain mendapat manfaat vitamin E dari sumber-sumber di atas, Ibu juga dianjurkan untuk menambah asupan vitamin E dari susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+.

Selain vitamin E, susu [DK2] Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, guna mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh kreatif, tangguh, dan percaya diri. Hadir dengan tiga varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang disukai anak-anak.