Share Like
Simpan

Hai, Bu. Di usianya saat ini, si Kecil sudah bisa apa saja? Pada umur 4-6 tahun, tentunya telah banyak tahap tumbuh kembang yang dicapai oleh si Kecil. Sekarang, dia sudah leluasa untuk bergerak aktif dan mempelajari hal-hal di sekitarnya. Berkat dukungan dari Ibu, si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar dan penuh semangat.

 

Menyikapi proses tumbuh kembangnya yang semakin pesat itu, dulu saya selalu berusaha mencari cara supaya bisa memaksimalkan potensi perkembangan si Kecil. Walaupun sempat kehabisan akal, tapi akhirnya saya menemukan salah satu solusi kegiatan untuknya, Bu.Ya, kenapa tidak mengajak si Kecil untuk menari? Tidak hanya seru, ternyata menari memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, lho

Dari info yang saya dapatkan, menari ternyata bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik si Kecil. Melalui gerakan yang dilakukan, si Kecil jadi bisa melatih otot-otot tubuhnya. Tidak hanya itu, kelenturan tubuh si Kecil pun ikut terlatih melalui gerak tari. Berikut ini,  ada beberapa info menarik seputar manfaat menari lainnya:

 

  • Christopher Bergland, penulis dan pelatih atlet asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa menari baik untuk mengasah fungsi kognitif. Si Kecil akan belajar untuk mengkoordinasikan gerak tubuh dan pikirannya, serta belajar mengingat gerakan.
  • Melalui tarian, si Kecil melatih kemampuannya dalam bersosialisasi. Dia belajar bagaimana cara berkomunikasi melalui gerak tubuh dan ekspresi.
  • Susan Jindrich dari Global Development Research Center mengemukakan bahwa umumnya, anak yang terbiasa menari memiliki peluang untuk berhasil di tengah lingkungannya. Mengapa? Hal ini dikarenakan si Kecil terbiasa untuk mengendalikan diri dengan baik dan tampil percaya diri di depan umum.

Wah, ternyata banyak juga ya, manfaat menari untuk si Kecil. Tidak hanya dari segi motorik, pengaruh gerak tari juga bermanfaat ke aspek perkembangan lainnya. Nah, selain dengan mengikuti kelas tari untuk anak seusianya, Ibu juga bisa lho rutin mengajak si Kecil menari di rumah bersama-sama. Menari dan mendengarkan musik bersama si Kecil akan membantu mempererat ikatan emosional antara Ibu dengan si Kecil. Jadi, saat menari, sebenarnya Ibu juga sedang menjalin interaksi yang menyenangkan dengan si Kecil.

Jangan lupa, Bu. Sebelum menari, pastikan si Kecil sudah makan untuk mengisi energi di dalam tubuhnya. Selain dari menu makanan sehari-harinya, saya biasa memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag Karya sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi si Kecil di rumah. Susu ini mengandung kombinasi tinggi Vitamin D, Selenium, Seng, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, C, & E serta Inulin, yang memang diformulasikan khusus untuk kebutuhan anak usia 4-6 tahun. Terbukti, saya tidak salah pilih. Si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif dan terus bersemangat di tengah aktivitasnya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu. Jangan lupa untuk membagikan kisah Ibu di sini bila sudah melakukannya di rumah! Selamat menari!