Share Like
Simpan

Selain sebagai makanan terbaik yang mudah dicerna dan diserap oleh bayi, ASI juga memberikan manfaat kesehatan pada bayi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

ASI telah terbukti memberikan manfaat jangka pendek terhadap kesehatan anak berupa penurunan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit infeksi. Bayi-bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan berisiko lebih rendahlebih jarang mengalami diare, infeksi saluran napas, infeksi telinga, infeksi otak, infeksi saluran kemih maupun infeksi saluran cerna.

Selain manfaat jangka pendek, dari penelitian diketahui bahwa, ASI juga mungkin memberikan manfaat jangka panjang terhadap kesehatan di masa dewasa. Bayi-bayi yang mendapatkan ASI, pada masa dewasanya memiliki tekanan darah rata-rata dan kadar kolesterol yang lebih rendah.

Bayi yang mendapatkan ASI juga lebih sedikit yang mengalami kelebihan berat badan maupun obesitas, dan diabetes tipe 2. Obesitas 5 kali lebih banyak dijumpai pada anak usia 5-6 tahun yang pada masa bayinya tidak pernah mendapat ASI. Semakin lama ASI diberikan, makaakan semakin kecil kemungkinan seorang anak mengalami obesitas.

Manfaat jangka panjang lainnya adalah terhadap perkembangan intelektual. Bayi yang mendapatkan ASI memiliki nilai tes kecerdasan yang lebih tinggi. Penelitian menunjukkan, pemberian ASI berpengaruh besar terhadap nilai IQ pada usia dewasa muda nanti., Semakin lama pemberian ASI, maka meningkatkan kemungkinan nilai IQ-nya semakin tinggi.