Share Like
Simpan

Bu, objek apa yang sering digambar oleh si Kecil saat ini? Pegunungan? Tokoh kartun? Atau gedung-gedung tinggi? Pokoknya, objek apapun yang sering digambar olehnya pasti ia buat dengan sepenuh hati. Maka, tidak heran kalau dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan buku gambar dan krayon.

Ngomong-ngomong soal menggambar, saya punya sepenggal cerita, nih. Waktu si Kecil masih berusia 3 tahun dulu, ia tampak sedang hobi sekali menggambar. Sembari memuji hasil karyanya, saya juga mendorongnya untuk bercerita dengan bertanya sebanyak mungkin tentang gambarnya,”Wah, gambarmu bagus sekali, deh! Ini Ibu dan Ayah ya, sayang?” Kemudian ia menganggukkan kepalanya sambil tersipu-sipu. Bukan hanya saya, bahkan Ayah, Kakek, dan Neneknya juga sering bertanya soal objek yang ia gambar. Hal itu kami lakukan agar daya imajinasi dan rasa percaya dirinya semakin meningkat.

Umumnya, di usia 3 tahun si Kecil memang memiliki kreativitas yang tinggi dan sudah bisa meniru garis vertikal. Selain menonjolkan sisi kreatif si Kecil, aktivitas menggambar juga menunjukkan bahwa si Kecil sudah mampu berekspresi dan menginterpretasikan objek-objek di sekitarnya. Oleh karena itu, biarkan ia menuangkan imajinasinya melalui coretan dari tangan mungilnya ya, Bu.

Apa sebenarnya manfaat tersembunyi di balik hobi “corat-coret” yang sering dilakukan si Kecil itu? Nah, daripada penasaran, sebaiknya baca dulu manfaat menggambar sejak dini berikut ini:

 

  • Mengasah ketrampilan motorik halus

Menggambar dapat melatih koordinasi antara mata dengan tangan si Kecil. Selain itu, aktivitas ini juga melatih fleksibilitas melalui gerakan pada beberapa bagian tubuhnya seperti bahu, pergelangan tangan, dan jari-jemari. Aspek fisik yang melibatkan otot kecil itulah yang disebut kemampuan motorik halus. 

  • Membiasakan diri untuk berbicara di depan umum.

Ternyata menggambar bisa melatihnya untuk berbicara di depan umum. Lho, kok bisa? Ya, pertama-tama Ibu bisa mengajaknya untuk menceritakan tentang objek apa yang ia gambar di depan anggota keluarga lainnya di rumah. Kalau sudah terbiasa melakukan hal tersebut, ia pasti semakin terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang.

  • Meningkatkan kreativitas sejak dini

Menggambar sebuah objek dapat mempromosikan sisi kreatif dalam diri si Kecil melalui goresan bentuk dan warna. Selain itu, perhatikan juga jika coretan yang ia buat mirip dengan bentuk huruf, karena hal itu adalah tahap awal untuk ia belajar menulis nantinya.

  • Membangun rasa percaya diri

Siapa sangka menggambar bisa meningkatkan rasa percaya diri? Ya, oleh sebab itu biarkan saja bila si Kecil mewarnai sebuah objek dengan warna yang tidak seharusnya. Misalnya gajah dengan warna ungu. Pasalnya, kebebasan berekspresi ini dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

 

Itulah manfaat tersembunyi di balik aktivitas menggambar yang dilakukan si Kecil, Bu. Untuk menemani hobinya tersebut, sajikan juga camilan lezat dan bergizi untuknya. Saran saya, berikan sate pelangi yang terdiri dari buah anggur tanpa biji, potongan pisang, kiwi, apel dan semangka. Camilan ini adalah menu lengkap kaya akan Vitamin dan Mineral yang baik untuk si Kecil.

Nah, sudah siap menggambar bersama? Di usia 1-3 tahun, si Kecil memang sedang aktif menggunakan imajinasinya untuk menjelajah bentuk dan warna lewat aktivitas bermain seperti menggambar ini, Bu. Oleh karena itu, si Kecil membutuhkan nutrisi yang mendukung daya tahan tubuhnya agar ia bebas berekspresi melalui gambar yang ia buat. Sejak dulu, saya selalu percaya pada Frisian Flag Jelajah Suprima yang diperkaya dengan kombinasi tinggi Protein, Zat Besi, Selenium, Seng, Vitamin A,C, dan E, serta Inulin. Asupan nutrisi seimbang tersebut dapat mendukung kinerja otak si Kecil untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggambar.

Semoga info yang saya bagikan ini bisa bermanfaat, ya! Sembari menemani si Kecil menggambar, yuk apresiasikan juga setiap momen tumbuh kembangnya yang istimewa ini. Salah satunya dengan mengabadikan aktivitas corat-coretnya lewat foto dan video. Kelak, rekaman ini bisa diputar kembali saat ia sudah besar. Selamat menemani si Kecil menggambar, Bu!