Whatsapp Share Like
Simpan

Bermain merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak-anak. Permainan anak pun kini sudah sangat beragam, termasuk diantaranya aplikasi game yang ada pada gadget. Meski dikatakan bermain game di gadget kurang baik untuk anak, tapi sebenarnya terdapat beberapa manfaat didalamnya lho, Bu. Apa sih manfaatnya? Lalu, apa sajakah rekomendasi game anak edukatif yang bisa Ibu berikan kepada anak? Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Manfaat Bermain Game

Bermain game anak ternyata bermanfaat untuk membantu perkembangan kognitif anak. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Meningkatkan keterampilan. Game diciptakan untuk mendorong keterampilan pemainnya agar bisa menang dan lanjut ke level selanjutnya. Pemain harus bisa berpikir bagaimana caranya memenangkan permainan dan berhati-hati dalam menetapkan strategi supaya tidak melanggar aturan permainan yang ditetapkan.
  2. Meningkatkan ingatan. Game anak juga membutuhkan ingatan secara visual dan audio. Pemain harus mendengarkan atau melihat perintah yang diberikan supaya dapat memainkan permainan tersebut. Dengan bermain game, maka dapat meningkatkan ingatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Meningkatkan konsentrasi. Bermain game dapat membantu meningkatkan konsentrasi. anak pasti akan sangat berkonsentrasi saat memainkan game supaya ia bisa menang dan naik ke level selanjutnya.
  4. Meningkatkan koordinasi. Saat bermain game, anak akan mengkoordinasikan gerakan fisik, otak, dan gerakan yang ada di layar. Hal tersebut banyak merangsang mental anak.
  5. Meningkatkan keterampilan multitasking. Beberapa game mengharuskan pemainnya untuk bermain secara multitasking, seperti game aksi. Pemain harus melihat beragam fitur di layar sambil menggerakkan tangan untuk menjalankan permainan secara bersamaan.
  6. Meningkatkan kecepatan otak. Ketika bermain, otak anak akan menerima banyak rangsangan berupa visual dan audial. Hal ini akan merangsang otaknya untuk bekerja dengan lebih cepat.
  7. Sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan. Game anak edukatif diciptakan sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Tampilan visual yang bergerak, berwarna-warni, dan lucu akan lebih menarik minat anak untuk belajar.

Rekomendasi Game Anak Edukatif

Banyaknya jenis game anak yang tersedia tentunya akan memberikan pilihan kepada anak. Namun sebaiknya anak bermain game yang mengandung unsur edukasi saja supaya ia dapat bermain sambil belajar. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi game anak edukatif untuk dimainkan buah hati:

  • Cut The Rope

    Membutuhkan strategi yang cerdik, game Cut The Rope dapat membantu meningkatkan daya asah otak, memori, serta konsentrasi anak. Anak harus memotong setiap tali dengan strategi yang tepat supaya karakter didalamnya dapat melewati setiap hambatan.

  • Music Instruments: Kids

    Musik sudah terbukti membawa efek positif untuk tumbuh kembang anak, karena musik mampu membantu saraf menghubungkan dan meningkatkan keterampilan anak. Game Music Instruments: Kids dapat membuat anak berkreasi membuat musik melalui berbagai instrumen, seperti piano, drum, pan flute, xylophone, dan perkusi.

    Artikel Sejenis

  • Balloon Pop Kids Learning Game

    Ini adalah jenis game anak yang sederhana dan tidak mempunyai tingkat kesulitan, sehingga cocok untuk dimainkan anak usia 2 hingga 6 tahun. Anak hanya perlu memecahkan aneka warna balon yang tersedia dan berpadu bersama not balok musik. Berbagai jenis alat musik, seperti piano, gitar, terompet, marakas, perkusi, dan bongo akan membuat permainan jadi seru bagi anak.

  • Hide and Seek for Kids-Hidenseek For Family

    Terinspirasi oleh  permainan tradisional petak umpet, Hide and Seek for Kids dapat mengedukasi anak berusia 2 tahun ke atas. Anak-anak harus menemukan berbagai hewan dan objek yang tersembunyi. Hal ini akan mengembangkan perhatian, mengasah daya ingat, serta membangun daya imajinasi anak.

  • Toddler Coloring Book Free

    Anak Ibu suka mewarnai? Pilih Toddler Coloring Book Free saja. Game anak ini memiliki delapan jenis latar belakang gambar yang dapat diwarnai dan disesuaikan sesuai dengan kreativitas anak.

  • Funny Animal Dance

    Berdasarkan penelitian, kegiatan menari berdampak positif terhadap anak sebab dapat mengembangkan kemampuan dari segi kognitif, fisik, sosial, dan emosional. Melalui game Funny Animal Dance, anak dapat belajar menari yang seru bersama karakter hewan lucu.

  • ABCS for Kids - Cartoon Pack

    Bosan mengajari anak huruf alfabet dengan cara biasa, Ibu bisa mengunduh game anak ini. ABCS for Kids - Cartoon Pack memberikan metode pengenalan huruf alfabet dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Anak diminta untuk bisa mengenali setiap objek yang ada dan kemudian dapat melafalkannya.

  • Drawing for Kids and Toddlers! Painting Apps

    Anak-anak sangat suka dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Melalui kegiatan tersebut, anak dapat menuangkan kreativitas dan imajinasinya serta melatih motorik halus. Game anak ini akan membuat kegiatan menggambar dan mewarnai anak menjadi lebih seru berkat adanya beragam efek dan fitur didalamnya. Hasil gambaran anak pun dapat disimpan sehingga Ibu dapat melihatnya kembali.

  • Kids Animals Jigsaw Puzzles

    Puzzle merupakan permainan edukatif yang sangat tepat diberikan untuk anak-anak. Jika biasanya potongan puzzle rawan hilang, maka sebagai gantinya berikan game Kids Animals Jigsaw Puzzles kepada anak. Game puzzle ini memiliki 18 teka-teki yang harus dimainkan satu persatu. Jika berhasil merangkai potongan-potongan puzzle menjadi gambar yang tepat, maka anak akan mendapatkan hadiah lucu.

Nah, itulah manfaat bermain game dan beberapa rekomendasi game anak edukatif yang bisa Ibu berikan kepada buah hati tercinta. Namun ingat ya, Bu, batasi penggunaan gadget terhadap anak. Tetap biarkan ia bermain dengan permainan lainnya dan temani selama ia bermain supaya tumbuh kembang anak lebih maksimal. Selamat bermain bersama anak, Bu!

Ingin berkonsultasi seputar anak? Kunjungi saja laman Tanya Pakar. Di sana Ibu akan dibantu oleh para ahli yang berpengalaman. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu untuk menggunakan fitur tersebut.

 

Sumber:

tirto.id/