Share Like
Simpan

Ibu dan si Kecil dapat melakukan berbagai permainan sederhana bersama yang membantu perkembangan si Kecil. Saat si Kecil menginjak usia 12 bulan dan mulai belajar berjalan selangkah demi selangkah, bantulah menyempurnakan langkahnya dengan memberikan mainan yang dapat ditarik dan didorong. Ibu dapat menggunakan benda-benda yang mudah digerakkan seperti kursi plastik ukuran anak-anak atau boks beroda berisi mainan. Tariklah dengan perlahan boks atau kursi plastik yang dipegang si Kecil, sehingga ia bergerak maju ke arah Ibu. Dengan gerakan ini, si Kecil akan mulai mendorong boks atau kursi sambil melangkah maju saat Ibu menariknya dan membangun kepercayaan diri si Kecil serta kesiapannya untuk mulai berjalan tanpa dibantu.

Bila si Kecil telah mahir berjalan maju tanpa berpegangan, ajarilah ia untuk melangkah mundur. Berikanlah mainan yang dapat ditarik seperti mobil-mobilan dengan tali untuk ditarik agar si Kecil berlatih melangkah mundur untuk memperhatikan mainan di belakangnya.

Kemampuan perkembangan berjalan si Kecil dapat dilatih untuk tahap yang lebih menantang kemahirannya, yaitu berjalan naik turun tangga. Anak usia 12-15 bulan yang telah mahir merangkak naik dan melangkah turun tangga, umumnya telah siap untuk mulai belajar menaiki tangga sambil berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jagalah si Kecil saat ia melakukan hal ini untuk pertama kalinya hingga ia benar-benar mahir.

Ajari anak untuk berjalan sambil berjinjit. Berikan contoh pada si Kecil bagaimana jalan dengan berjinjit dan mintalah padanya untuk berjalan mengikuti Ibu berkeliling ruangan sambil berjinjit. Ibu dapat sambil menyanyi dan berjalan dan berjinjit mengikuti irama. Si Kecil akan menyukai dan menikmati saat bermain bersama Ibu dan perkembangan berjalannya pun kian mahir!