Share Like
Simpan

Bagaimana tumbuh kembang si Kecil, Bu? Selain menjaga kesehatan balita tersayang, Ibu juga perlu memenuhi kebutuhan kulit untuk menjaganya tetap bugar. Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang juga merupakan bagian tubuh yang harus dijaga. Pada dasarnya, kulit manusia memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pelindung atau pelapis tubuh, membantu menjaga suhu tubuh, dan memungkinkan tubuh untuk memiliki indera peraba.

Umumnya, kondisi kulit yang kurang sehat bisa dengan mudah dikenali dari luar, meliputi kulit kasar, kusam, dan kering. Untuk menjaga kesehatan balita dan juga kulitnya, dibutuhkan makanan tertentu yang mengandung banyak nutrisi penting. Nah, apa saja sih, makanan yang bisa membuat kulit si Kecil tetap sehat dan terlihat segar? Yuk, simak informasinya berikut ini:

  1. Ikan Salmon, Sarden, Tuna, Biji Kenari, dan Minyak Biji Bunga Matahari

    Makanan-makanan di atas memiliki kandungan asam lemak esensial Omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan Omega 3 dalam makanan-makanan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan balita terutama melindungi membran sel kulit. Membran yang terjaga kuat akan memungkinkan sel-sel yang ada di dalamnya mempertahankan kelembapan dan menghindarkan kulit dari iritasi.

  2. Daging, Hati Ayam, Telur, dan Sayuran Hijau

    Empat makanan di atas memiliki kandungan zat besi cukup tinggi yang diperlukan untuk kesehatan balita termasuk juga kulitnya. Zat besi ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi serat elastin dan pembentukan kolagen pada kulit. Maka dari itu, mulai saat ini perbanyak asupan bahan makanan tersebut untuk si Kecil ya, Bu!

  3. Wortel, Ubi Jalar, dan Brokoli

    Makanan tersebut merupakan sumber dari vitamin A (karetenoid) yang penting untuk kesehatan balita termasuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel kulit. Kecukupan vitamin A ini dapat meningkatkan proses regenerasi kulit. Jika sampai kekurangan vitamin yang juga baik untuk kesehatan mata ini, maka kulit si Kecil akan mudah kering dan mengelupas.

  4. Tomat, Mangga, Jeruk, Pepaya, dan Jambu Biji

    Beberapa jenis buah-buahan tersebut diperkaya oleh vitamin C yang baik untuk kesehatan balita dan kulitnya. Vitamin C ini adalah antioksidan yang sangat efektif dan mampu menetralisir serta menyeimbangkan molekul-molekul yang bisa merusak kulit. Dengan kata lain, antioksidan ini merupakan benteng untuk melindungi sel-sel dalam kulit si Kecil tersayang.

  5. Air Putih

    Kulit membutuhkan asupan air yang cukup agar kelembapannya tetap terjaga. Dengan memberikan si Kecil air putih yang cukup, Ibu telah menjaga kesehatan balita dengan baik termasuk juga kelembutan dan kelembapan kulitnya. Selain itu, air juga berfungsi sebagai pengangkut nutrisi dalam tubuh serta membantu proses pengeluaran keringat.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan balita dan kulitnya. Selain itu, Ibu juga perlu membatasi aktivitas si Kecil di luar ruangan terutama saat matahari tengah menyengat untuk menjaga kesehatan kulitnya. Jika kesehatan kulitnya terjaga, tentu si Kecil akan lebih sehat dan ceria, bukan?