Share Like
Simpan

Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk si Kecil. Kita jadi jeli sekali memperhatikan semua hal yang berkaitan dengannya. Ya kan, Bu? Maklum, naluri keibuan otomatis membuat kita ingin melindungi si Kecil dari bahaya sekecil apa pun. Salah satunya ialah dengan menyediakan berbagai perlengkapan yang aman digunakan oleh si Kecil.

Mulai dari tempat makan, botol susu, bahkan mainan sekalipun, Ibu pasti berusaha memberikan kualitas terbaik pada si Kecil. Seperti Ibu, saya pun juga begitu.  Dulu, saya sangat memikirkan hal tersebut, dan selektif sekali saat memilih perlengkapan yang akan si Kecil gunakan. Namun ketika 'terjun' langsung, ternyata beredar banyak sekali merek perlengkapan bayi dengan beragam jenis bahan. Sayangnya, saya pada saat itu belum mengerti simbol-simbol child safety yang terdapat pada produk anak. Akibatnya, saya pun kesulitan untuk memilih produk yang tepat.

Beruntung, suatu hari saya menemukan tulisan di salah satu situs kesehatan anak. Dari situs tersebut, saya pun menemukan arti di balik simbol-simbol  aneh yang selama ini sering saya lihat pada perlengkapan si Kecil. Mau tahu simbol apa saja, Bu? Berikut beberapa contohnya:

 

 

Age Label

Simbol tersebut menandakan bahwa perlengkapan ini tidak sesuai untuk anak berusia di bawah 3 tahun, karena alasan keamanan.

 

CE Mark

Bukan tergolong simbol untuk menandakan perlengkapan tersebut aman untuk si Kecil. Tanda CE merupakan lambang bahwa produk ini telah memenuhi standar produksi yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

 

Fire Safety

Menandakan bahwa perlengkapan tersebut tidak mudah terbakar oleh api skala ringan. Meski begitu, bukan berarti perlengkapan tersebut tahan akan api.

 

Kite Mark

Melambangkan bahwa perlengkapan ini telah lulus uji kelayakan sesuai standar British Standard Institution.

 

Lion Mark

Gambar singa pada perlengkapan menunjukkan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan oleh si Kecil. Kualitas produk terjamin oleh pengaturan hak cipta dan iklan yang tergolong ketat.

Khusus untuk mainan, Indonesia ternyata sudah memilki aturannya sendiri lho, Bu. Setiap mainan yang tergolong aman untuk si Kecil akan mendapatkan pengesahan berupa label SNI (Standar Nasional Indonesia). Berikut beberapa tolak ukur yang bisa Ibu gunakan:

  • Adanya peringatan mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh mainan tersebut. Misal, untuk mainan berukuran kecil sering terdapat informasi yang memperingatkan Ibu akan risiko tertelan oleh si Kecil.
  • Terdapat informasi mengenai batasan usia pengguna mainan.
  • Dalam beberapa produk, Ibu dapat menemukan adanya simbol standardisasi internasional, seperti misalnya EN71, CE, dan ASTM.
  • Pada bagian kemasan, Ibu dapat mengetahui informasi produsen dan distributor mainan secara lengkap, beserta nomor kontak untuk pelayanan pelanggan.

Nah, sekarang Ibu pasti  sudah lebih mengerti cara memilih perlengkapan yang aman untuk si Kecil, bukan? Selain perlengkapan yang aman, saya juga berusaha melindungi si Kecil dengan memberikannya makanan bergizi. Makanya, si Kecil jadi sehat dan penuh semangat. Apalagi, saya juga melengkapi kebutuhannya dengan memberi Frisian Flag Jelajah.

Frisian Flag Jelajah diperkaya dengan kombinasi tinggi Protein, Zat Besi, Iodium, Selenium, Seng, Vitamin A, C, & E serta Inulin. Semuanya bermanfaat untuk tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun. Sebagai ibu, saya senang telah memberikan tambahan nutrisi yang tepat untuk perlindungan bagi si Kecil. Bagaimana dengan Ibu?