Share Like
Simpan

Bu, seiring menjaga dan merawat si Kecil, saya belajar banyak hal soal proses tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah ketika ia melewati fase tumbuh gigi. Dari artikel online yang saya baca, menurut American Academy of Pediatrics, umumnya bayi tumbuh gigi ketika berusia 4-7 bulan. Anak saya pun mulai tumbuh gigi ketika memasuki usia 6 bulan, Bu. Ketika melewati fase ini, seringkali saya kesulitan membedakan apakah si Kecil rewel karena sakit atau tumbuh gigi. Itu sebabnya, saya coba mencari tahu cara membedakannya dengan membaca berbagai artikel tumbuh kembang anak. Berikut informasi yang berhasil saya dapatkan. Yuk, simak sama-sama, Bu!

Gejala si Kecil Rewel karena Tumbuh Gigi

Bu, ketika si Kecil sedang tumbuh gigi, umumnya ia menjadi lebih rewel karena merasa gatal dan sakit pada gusinya. Coba perhatikan, jika si Kecil mengalami gejala-gejala di bawah ini, mungkin ia sedang melewati fase tumbuh gigi, Bu.

  • Mengeluarkan air liur berlebih, dikarenakan produksi air liur si Kecil akan meningkat ketika tumbuh gigi.
  • Ruam di sekitar area mulut, karena sering terkena air liur.
  • Gusi bengkak, karena gigi akan muncul ke atas permukaan gusi.
  • Suka menggigit benda-benda di sekitarnya, karena pembengkakan pada gusi seringkali membuat si Kecil merasa tidak nyaman.
  • Demam tinggi atau di atas 38,5°C bisa jadi tanda si Kecil terserang virus.
  • Ruam pada tubuh, mungkin si Kecil terserang campak, roseola, atau sakit lainnya. 
  • Mengalami gejala sakit, seperti muntah-mutah, diare, batuk, dan lainnya.

Nah, untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama tumbuh gigi, dulu saya sering memberikan si Kecil mainan yang bisa digigit-gigit atau teether. Teether  umumnya mudah digenggam dan aman dimasukkan ke mulut si Kecil. Sebelum dimainkan, teether bisa dibersihkan dan didinginkan terlebih dulu ke dalam lemari pendingin selama beberapa jam. Mainan ini bisa membantu meredakan rasa gatal dan tidak nyaman pada gusinya, Bu.

Gejala si Kecil Rewel karena Sakit

Apakah si Kecil terus menangis dan sulit ditenangkan? Mungkin kesehatan anak sedang terganggu, Bu. Yuk, kenali gejalanya di bawah ini: 

  • Demam tinggi atau di atas 38,5°C bisa jadi tanda si Kecil terserang virus.
  • Ruam pada tubuh, mungkin si Kecil terserang campak, roseola, atau sakit lainnya. 
  • Mengalami gejala sakit, seperti muntah-mutah, diare, batuk, dan lainnya.

Jika si Kecil mengalami gejala-gejala di atas, kemungkinan besar ia sedang sakit dan perlu segera diperiksakan ke dokter, Bu.

Nah, itulah beberapa informasi yang saya dapat dari berbagai sumber. Melalui pengalaman ini, menurut saya, membedakan gejala bayi tumbuh gigi dan sakit karena hal lain memang gampang-gampang susah. Namun, jika si Kecil terkena demam atau menangis tanpa henti, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung kepada dokter, ya. Semoga si Kecil sehat selalu!