Share Like
Simpan

Ibu tentunya sudah tahu bahwa susu sangatlah penting bagi pertumbuhan si Kecil. Terdapat berbagai macam produk susu yang tersedia dan diperuntukan bagi berbagai tahapan usia. Namun pentingkah pemberian susu sesuai usia pertumbuhan?

Dalam masa pertumbuhan si Kecil, nutrisi yang cukup harus ada dalam pola makannya sehari-hari. Kebutuhan nutrisi anak berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Karena itulah, kita perlu menyadari bahwa pemenuhan kebutuhan gizi sangat penting diperhatikan.
ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi. Komposisi nutrisi yang terkandung dalam air susu ibu memang dipersiapkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh bayi baru lahir. ASI eksklusif diberikan sampai bayi berusia 6 bulan.

Semakin bertambahnya usia anak, kebutuhan energi untuk memenuhi kecukupan nutrisinya semakin meningkat. Oleh karena itu, ASI saja tidak mencukupi lagi, sehingga anak perlu diberi asupan selain air susu ibu berupa makanan pendamping ASI. Biasanya diperkenalkan saat usia 6 bulan ke atas.

Anak pada rentang usia 1-3 tahun berada pada tahap usia pertumbuhan di mana untuk pemenuhan kebutuhan gizinya dapat dengan cara mengonsumsi makanan bervariasi dalam jumlah yang cukup. Sayangnya, tak sedikit anak pada rentang usia ini justru hanya mau mengonsumsi makanan tertentu dan dalam jumlah yang terbilang sedikit.

Karena itulah, untuk melengkapi kebutuhan gizi anak di usia ini, susu pertumbuhan memegang peran penting. Tentunya perlu diingat, susu pertumbuhan ini bukan merupakan makanan utama, apalagi menjadi satu-satunya sumber gizi bagi si usia 1-3 tahun.

Susu yang dibutuhkan untuk usia ini adalah susu dengan nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, asam lemak esensial (Asam Linoleat dan Asam Alpha Linolenat), vitamin dan mineral (vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, kalsium, fosfor, zat besi). Selain itu, di usia ini kekebalan tubuh si Kecil menjadi semakin matang, agar pencernaannya tahan terhadap penyakit, maka susu yang dilengkapi dengan prebiotik dan proebiotik sangat bermanfaat untuk diberikan.

Memasuki usia 3-5 tahun, si Kecil mulai mengenal lingkungannya dan menjelajah. Seiring berkembangnya kemampuan komunikasi, si Kecil mulai belajar dan menyerap hal-hal baru. Fungsi memori otaknya meningkat dan merupakan masa yang sangat penting bagi tumbuh kembang otak. Susu pertumbuhan yang mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat (LA) dan asam alfa linolenat (ALA), serta DHA dan ARA sangat penting diberikan pada periode ini.

Usia 5 tahun adalah masa penting ketika si Kecil mulai masuk lingkungan yang lebih luas, yaitu sekolah taman kanak-kanak. Aktivitasnya semakin meningkat sehingga membutuhkan asupan energi yang lebih banyak Pertumbuhan tulang juga menjadi semakin cepat. Kebutuhan energi untuk aktivitas dan pembentukan tulang serta membentuk tubuh akan selalu meningkat sampai usia remaja. Oleh karena itu, susu kaya kalsium dan energi adalah yang paling sesuai untuk usia 5 tahun sampai remaja.

Pemahaman kebutuhan gizi sesuai tahapan usia sangat penting bagi Ibu agar dapat memberikan gizi terbaik bagi Buah Hati. Ibu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan tenaga medis untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kebutuhan gizi bagi si Kecil.