Whatsapp Share Like Simpan

Bu, ternyata penting lho untuk mengetahui cara meningkatkan IQ anak sejak dini. Sebab, IQ adalah salah satu faktor penentu kecerdasan anak yang berpengaruh di masa depan. Nah,  ada berbagai cara meningkatkan IQ yang dapat Ibu lakukan untuk merangsang perkembangan otak si Kecil.

IQ atau Intelligence Quotients umumnya digunakan untuk mengukur kemampuan dan potensi intelektual anak dalam berpikir, belajar, dan memecahkan masalah. Oleh karena itu, setiap anak diharapkan memiliki IQ yang baik agar bisa menyelesaikan berbagai hal yang ia hadapi di kemudian hari, salah satunya memiliki kemampuan problem solving saat dihadapkan dengan pilihan atau masalah dalam hidup. 

Untuk memahami cara meningkatkan IQ si Kecil, Ibu pasti tahu bahwa ada kisaran total nilai dari tes yang dilakukan oleh si Kecil. Nah, melansir laman resmi Sehatq.com, ada beberapa kisaran angka yang bisa kita kita ketahui, antara lain:

  • 1-24 : cacat mental yang sangat berat
  • 25-39 : cacat mental berat
  • 40-54 : cacat mental sedang
  • 55-69 : cacat mental ringan
  • 70-84 : cacat mental ambang
  • 85-115 : IQ anak normal atau rata-rata
  • 115-129 : IQ anak berbakat tingkat bawah (mild gifted children)
  • 130-144 : IQ anak berbakat tingkat sedang (moderate gifted children)
  • 145-159 : IQ anak berbakat tingkat tinggi (highly gifted children)
  • Di atas 160 : jenius

Mungkin Ibu bertanya-tanya, kapan sebaiknya si Kecil bisa tes IQ? Waktu terbaik untuk tes IQ pada anak-anak yaitu antara usia 5-8 tahun. Minimal usia 5 tahun sudah bisa ya, Bu, karena anak dianggap sudah mampu secara intelektual untuk menjawab soal-soal tes. 

Pemeriksaan intelektual pada anak usia 5 tahun ke atas pun ideal untuk membantu Ibu mencari sekolah dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil lho.

Artikel Sejenis

Dalam memahami cara meningkatkan IQ, Ibu harus tahu juga faktor yang memengaruhi hal ini, yaitu penerapan pola asuh dan pemberian nutrisi yang tepat. Sebab, kedua hal tersebut berkaitan dengan perkembangan otak si Kecil di masa depan. 

Oleh karena itu, Ibu sebagai orang tua dianjurkan untuk mengetahui cara meningkatkan IQ anak sejak awal agar bisa menerapkannya setelah si Kecil lahir. Kebiasaan ini juga bisa mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan IQ yang bisa Ibu lakukan? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Cara Meningkatkan IQ Anak Usia Dini

Berikut ini beberapa cara meningkatkan IQ si Kecil yang bisa Ibu lakukan sejak dini, antara lain:

  1. Mmbangun interaksi

    Ternyata interaksi antara orang tua dan anak termasuk salah satu kunci utama dalam meningkatkan IQ si Kecil. Kira-kira Ibu terbiasa berinteraksi dengan si Kecil tidak? Sebaiknya mulai sekarang lakukan kebiasaan ini sebagai salah satu cara meningkatkan IQ si Kecil ya, Bu. 

    Caranya cukup mudah lho, Ibu bisa ajak si Kecil mengobrol berbagai hal, mulai dari kegiatannya sehari-hari, apa yang si Kecil suka, dan lain sebagainya. Pastikan Ibu mendorong si Kecil untuk mengekspresikan diri dengan terbuka dan jujur.

  2. Membacakan buku cerita

    Ibu pasti paham bahwa buku merupakan salah satu media yang bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Nah, buku bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan IQ anak dengan mudah. 

    Membacakan buku cerita atau dongeng dapat membentuk ikatan emosional dengan si Kecil lho, Bu. Selain itu, melalui buku cerita, Ibu juga dapat mengajarkan si Kecil tentang berbagai hal, mulai dari nama hewan, warna benda, dan lain sebagainya. 

    Dengan begitu, membaca buku bisa menjadi cara meningkatkan IQ, mendorong si Kecil lebih aktif berbicara, memperkaya kosakata, serta merangsang daya imajinasi dan kreativitas.

  3. Mengapresiasi proses belajar anak

    Namanya anak-anak, ia pasti lebih senang untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain. Nah, di sinilah tugas Ibu sebagai orang tua untuk mendorong ia belajar hal-hal sederhana. 

    Biasanya sebagian anak akan cepat bosan saat diajak untuk belajar, namun Ibu tetap perlu memotivasi dan mengapresiasi proses belajarnya sebagai cara meningkatkan IQ si Kecil. 

    Melansir laman parents.com, orang tua yang selalu mengapresiasi anaknya karena usaha dan kegigihannya dalam memecahkan masalah, cenderung memiliki motivasi lebih baik saat belajar di rumah maupun sekolah. Maka dari itu, Ibu sebaiknya tidak hanya melihat nilai dan hasil belajar si Kecil, tetapi juga mengapresiasi usaha, cara, dan proses belajarnya.

  4. Mengungkapkan kasih sayang

    Salah satu cara meningkatkan IQ anak yaitu dengan mengungkapkan kasih sayang Ibu kepada si Kecil. Ibu pasti memiliki cara sendiri dalam mengungkapkan kasih sayang, kan? Nah, bisa dilakukan dengan mengucapkan “i love you”, memeluk, atau mencium si Kecil. Kebiasaan ini bisa merangsang kemampuan emosional, fisik, dan tingkat intelektual si Kecil lho. Jadi, jangan sungkan untuk mengungkapkan kasih sayang ya, Bu!

  5. Mengasah perkembangan otak dengan permainan

    Permainan juga berperan penting sebagai salah satu cara meningkatkan IQ anak lho, Bu. Namun, pastikan Ibu memilih jenis mainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan si Kecil agar dapat menstimulasi dengan tepat.

    Selain itu, sebaiknya Ibu tak hanya memilih mainan yang lucu dan menarik saja, tetapi juga yang bermanfaat dan edukatif untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

    Supaya cara meningkatkan IQ anak lebih menyenangkan, Ibu bisa memilih beberapa jenis mainan, seperti puzzle, mainan peran (dokter, pemadam kebakaran, polisi, dan sejenisnya), mainan balok, mainan melukis atau mewarnai, dan lain sebagainya.

  6. Olahraga bersama

    Tahukah Ibu bahwa olahraga dianggap sebagai salah satu cara meningkatkan IQ anak? Yup! Selain penting untuk meningkatkan kesehatan fisik, berolahraga juga dinilai ampuh untuk mengasah kecerdasan si Kecil lho.

    Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the USA menjelaskan bahwa kebiasaan olahraga yang dilakukan bersama oleh orang tua dan anak bisa membantu meningkatkan perkembangan otak, daya ingat dan konsentrasi, serta kecerdasan anak usia dini

  7. Memenuhi waktu istirahat dan tidur yang cukup

    Cara meningkatkan IQ anak yang lainnya yaitu memenuhi waktu istirahat dan tidur secara tepat. Melansir laman parents.com, anak-anak dengan waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 8-9 jam per hari memiliki tingkat IQ yang baik. Bahkan, anak yang kekurangan waktu tidur bisa berisiko mengalami penurunan tingkat IQ.

    Selain sebagai cara meningkatkan IQ, tidur yang cukup juga berpengaruh terhadap hormon pertumbuhan anak. Hormon pertumbuhan akan bekerja lebih optimal saat anak tidur, sehingga Ibu perlu mencukupi waktu tidur anak secara tepat, tentunya dengan didukung oleh asupan nutrisi yang berkualitas seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

  8. Perhatikan ketertarikan anak dalam satu hal

    Sebagai salah satu cara meningkatkan IQ anak, Ibu juga harus memerhatikan ketertarikan si Kecil terhadap suatu hal. Kira-kira si Kecil suka apa nih, Bu? Apakah ia suka melukis? Berhitung? Bermain musik? Atau lainnya. Jika lebih peka, Ibu bisa lho mengasah ketertarikan si Kecil sebagai salah satu cara meningkatkan IQ dengan lebih menyenangkan.

  9. Memberikan nutrisi yang tepat

    Eits, cara meningkatkan IQ anak juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang si Kecil konsumsi, salah satu nutrisi yang penting adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Selain termasuk ke dalam cara meningkatkan IQ, asupan 9AAE juga harus dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan berprotein tinggi, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya.

    Tahukah Ibu, asupan 9AAE harus dipenuhi secara lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan, daya tahan tubuh, dan tingkat kecerdasan. Tentunya Ibu tidak ingin hal ini dialami si Kecil, bukan?

Maka dari itu, Ibu bisa mendapatkan asupan 9AAE secara lengkap dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Susu bubuk pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. 

Seperti yang Ibu ketahui, kondisi sosial dan emosional si Kecil ternyata dapat mempengaruhi kesuksesannya saat dewasa nanti. Untuk mengetahui kondisi sosial dan emosional si Kecil saat ini, Ibu bisa memanfaatkan fitur Emo Meter yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz