Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat kacang almond yang mengandung serat, asam lemak esensial, dan mineral tentu sangat beragam. Manfaat kacang almond juga disukai oleh semua kalangan usia, tak terkecuali anak-anak, karena memiliki rasa gurih, lezat, serta tekstur yang renyah. Manfaat kacang almond yang populer dalam beberapa waktu terakhir ini semakin jelas karena mengandung banyak nutrisi dan rendah karbohidrat.

Kacang almond sendiri merupakan salah satu jenis kacang pohon. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat kacang almond. Kacang almond bisa dinikmati dengan dijadikan taburan kue kering atau diolah menjadi susu almond. Namun, pengolahan dengan cara dipanggang sangat disarankan jika Ibu ingin mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat bersama si Kecil.

Manfaat kacang almond memang beragam karena memiliki beberapa elemen besar yang penting untuk masa pertumbuhan anak dan baik untuk kesehatan otak si Kecil. Kini, Ibu tak perlu penasaran lagi mengenai manfaat kacang almond, baik untuk bayi, maupun untuk anak-anak usia balita. Jika tidak memiliki alergi kacang, kacang almond bisa menjadi pilihan camilan sehat yang direkomendasikan.

Kandungan Kacang Almond

Manfaat kacang almond kini perlu dilirik kembali untuk dijadikan camilan sehat. Di dalam 100 gram kacang almond panggang, mengandung sejumlah nutrisi seperti: 

  • 20 gram protein
  • 16 gram karbohidrat
  • 11 gram serat
  • 258 mg magnesium
  • 456 mg fosfor
  • 684 mg kalium
  • 19 mg vitamin E 

Manfaat kacang almond juga bisa dirasakan karena kaya akan lemak sehat dan antioksidan serta memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya. Selebihnya, almond juga mengandung vitamin E dan vitamin B kompleks seperti riboflavin, niasin, dan tiamin. Selain itu, almond mengandung asam fitat yang dapat mengikat mineral tertentu sehingga tidak terserap oleh tubuh, seperti besi, zinc, dan kalsium. Namun, asam fitat juga termasuk antioksidan yang bermanfaat.

Artikel Sejenis

Penting untuk Ibu ketahui bahwa tubuh tidak menyerap 10-15% kalori dari kacang almond. Ini karena ada salah satu jenis kandungan lemak yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Meski begitu, kacang almond tetap kaya kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, maupun mineral.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Dari kandungan-kandungan nutrisi tersebut, inilah beberapa manfaat kacang almond yang perlu Ibu ketahui:

1. Meningkatkan memori

Manfaat kacang almond yang bisa dirasakan adalah dapat meningkatkan kemampuan memori. Hal ini sangat baik untuk anak-anak. Sebab, kacang almond sendiri memiliki banyak protein tanpa lemak yang sangat bagus untuk otak anak. Mengonsumsi kacang almond dapat membantu dalam peningkatan fungsi kognitif dari otak serta meningkatkan kapasitas memori. Kacang almond kaya akan vitamin B6 dan E. Kedua vitamin pada almond itu sangat penting bagi tubuh si Kecil. Selain manfaat tadi, manfaat kacang almond juga untuk meningkatkan kesehatan fungsi otak pada anak-anak.

2. Sebagai antioksidan

Zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Mineral zinc yang bagus untuk pertumbuhan ternyata ada di dalam kandungan kacang almond. Manfaat kacang almond yang memiliki kandungan zinc bekerja sebagai antioksidan kuat yang akan melawan radikal bebas yang dapat mengakibatkan rusaknya sel dalam tubuh. Antioksidan itu sendiri berfungsi membuang radikal bebas dan bakteri yang disebabkan oleh polusi.

3. Meningkatkan kecerdasan otak

Omega 3 merupakan bahan super yang kaya dengan manfaat. Nah, manfaat kacang almond dapat dirasakan juga karena mengandung Omega 3. Ajak anak Ibu untuk merasakan manfaat kacang almond karena mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan otak si Kecil. Mengonsumsi 4 sampai 6 butir kacang almond setiap hari dapat mengoptimalkan kerja otak anak, lho.

Selain kacang almond, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung 8 kombinasi nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak Omega 3, asam lemak Omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

4. Memberikan tenaga ekstra

Kacang almond termasuk kategori makanan padat zat gizi. Manfaat kacang almond sangat baik karena memiliki kandungan mangan, tembaga, dan riboflavin. Ketiga kandungan tersebut bermanfaat untuk menambah energi dalam tubuh dan juga meningkatkan metabolisme pada anak. Oleh karena itu, berikan anak kacang almond sebagai salah satu camilan sehatnya yang akan memberikan tenaga ekstra kepada anak untuk menjalani aktivitas sehari-hari di masa pertumbuhannya.

5. Mencegah sembelit

Salah satu cara mengatasi konstipasi anak adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung serat. Nah, manfaat kacang almond bisa Ibu dapatkan dengan memberikan kepada anak sebagai camilan sehat guna meningkatkan jumlah serat dalam tubuhnya. Serat yang terkandung dari kacang almond dapat merangsang pergerakan usus secara teratur. 

6. Memperkuat tulang dan gigi

FirstCry Parenting menyebutkan bahwa manfaat kacang almond untuk anak-anak yang tidak kalah penting adalah kemampuannya untuk memperkuat tulang dan gigi. Terutama pada bayi. Satu ons kacang almond memberikan sekitar 75 mg kalsium, sebagaimana terdapat dalam manfaat 9 Asam Amino Esensial (9AAE), yaitu bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh dan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dipenuhi setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Kandungan ini baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Kandungan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi pada almond diketahui dapat memperkuat tulang dan gigi bayi selama masa pertumbuhannya.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kacang almond untuk anak-anak adalah untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh anak. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan sifat basa pada almond yang dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan pada kacang almond membantu melindungi Si Kecil dari stres oksidatif yang dapat merusak molekul dalam sel tubuh dan berkontribusi terhadap peradangan, penuaan, dan penyakit seperti kanker. Antioksidan paling kuat dalam kacang almond sebagian besar terkonsentrasi di lapisan cokelat pada kulitnya.

8. Melindungi sel-sel tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat kacang almond yang memiliki kandungan sumber vitamin E sangat baik karena merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E di dalam almond juga berfungsi menjaga dan meningkatkan kesehatan mata serta kulit bayi. Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik di dunia, dengan hanya 1 ons yang menyediakan 37% RDI.

Nah, itu dia penjelasan mengenai manfaat kacang almond yang sangat beragam. Manfaat kacang almond memang sangat banyak, tetapi di balik itu, manfaat kacang almond memang sangat banyak tetapi mengingat kandungan asam amino esensial dalam kacang almond tidak lengkap maka sebaiknya Ibu memberikan anak-anak makanan yang mengandung protein hewani yang lengkap akan kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Berdasarkan penelitian J.Nutr yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan hingga -50%. 

Oleh karena hormon pertumbuhan berkaitan dengan tingkat kecerdasan, tinggi badan, dan daya tahan tubuh si Kecil yang kuat, penting bagi Ibu untuk mencukupi asupan 9AAE secara lengkap, salah satunya dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ diperkaya 9AAE yang lengkap dan mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz