Whatsapp Share Like
Simpan

Sudah sejak lama kencur dikenal sebagai tanaman apotek hidup yang memiliki banyak khasiat, terutama bagi kesehatan. Tak heran bila masyarakat Indonesia sering menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan tanaman satu ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan baku obat tradisional, baik untuk orang dewasa maupun bayi. Selain untuk kesehatan, masih ada manfaat kencur untuk bayi yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi sangat rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Air perasan kencur memiliki asupan zat yang bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuhnya. Campurkan air tersebut ke dalam susu atau makanan bayi sedikit demi sedikit secara rutin agar ia lebih kebal dari serangan virus, bakteri, maupun kuman penyakit.

Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat kencur untuk bayi yang selanjutnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit seperti infeksi saluran pernapasan seperti batuk, flu, hingga pneumonia.

Penyakit lainnya yang bisa dicegah oleh kencur adalah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah akibat mikroorganisme. Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti ruam dan gatal, serta keputihan pada lidah bayi (kandidiasis oral) pun bisa disembuhkan oleh kencur.

Menghangatkan Tubuh

Kencur mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh bayi. Khasiatnya bahkan tidak kalah dengan minyak telon bayi yang dijual di pasaran lho, Bu.

Artikel Sejenis

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai penghangat tubuh, caranya adalah dengan menumbuk kencur hingga halus. Setelah itu peras ampas hasil tumbukan tersebut hingga mengeluarkan cairan berupa ekstrak kencur. Balurkan cairan tersebut ke tubuh bayi untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Jika tubuhnya hangat, maka bayi akan lebih merasa nyaman dan tidak mudah rewel.

Mencegah Masuk Angin

Suhu tubuh bayi yang terus terjaga kehangatannya akan mencegah bayi terserang masuk angin. Saat masuk angin biasanya akan menyebabkan gangguan pencernaan dengan beberapa gejala berupa diare, mual, muntah, perut kembung, nyeri perut, dan sering buang angin. Selain itu, bayi biasanya juga menjadi lemas, rewel, dan malas menyusu atau makan.

Manfaat kencur untuk bayi adalah untuk mencegah gejala-gejala tersebut. Ibu hanya perlu mengoleskan cairan ekstrak kencur pada perutnya, terutama setelah mandi dan sebelum tidur ketika suhu tubuh seringkali turun.

Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk bayi yang sudah memasuki fase MPASI dan cenderung susah makan, kencur dapat menjadi penolong bagi Ibu. Kencur diketahui ampuh dalam meningkatkan nafsu makan. Padukan ekstrak cairan kencur dan ekstrak kunyit pada susu bayi untuk mendapatkan manfaatnya. Rasanya yang kurang enak mungkin akan membuat bayi menolak untuk meminumnya. Sebaiknya berikan sedikit demi sedikit secara rutin ya, Bu. Jangan langsung memaksanya karena malah akan membuat bayi semakin tidak mau meminumnya.

Sebagai Obat Batuk Alami

Musim batuk dan pilek sedang melanda di sekitar Ibu? Jangan terburu-buru memberikan obat kepada bayi, Bu. Lebih baik obati saja dengan kencur yang dikenal ampuh sebagai obat batuk alami. Berikan air perasan kencur yang ditambahkan ekstrak jahe dan sedikit air untuk meredakan apapun jenis batuk yang dialami oleh bayi, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak sekalipun.

Saat batuk, bayi akan kesulitan untuk bernapas dan tidur karena adanya dahak di saluran pernapasannya. Bayi juga biasanya kehilangan nafsu menyusu dan makan sehingga berdampak pada turunnya berat badan.

Mencegah Rasa Lelah

Bayi yang sudah banyak bergerak akan mudah merasa lelah sehingga menyebabkan rewel dan sulit tidur. Manfaat kencur untuk bayi pun dapat mencegah rasa lelah tersebut. Berikan ekstrak kencur ke dalam susu atau makanannya, maka energinya akan kembali pulih dan rasa lelahnya pun hilang. Pemberian ekstrak air kencur juga bisa diberikan dengan cara membalurkan pada tubuh bayi sambil dilakukan pijatan lembut ya, Bu.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit bayi yang masih sangat sensitif sebaiknya rutin diberikan pelembab ya, Bu. Namun pilihlah pelembab yang aman dan tidak mengandung bahan kimia, seperti kencur. Dengan mengoleskan atau mengonsumsi ekstrak kencur secara rutin, maka kulit bayi akan selalu terjaga kesehatannya. Kulitnya akan senantiasa tampak bersih dan terasa halus. Mengonsumsi kencur juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kulit yang sering dialami oleh bayi, mulai dari mengelupas, ruam, berbintik-bintik kecil, hingga alergi.

Meredakan Radang Telinga

Bayi rentan terserang radang telinga akibat infeksi dari luar maupun dalam yang biasanya diakibatkan oleh flu. Disinilah manfaat kencur untuk bayi, yaitu untuk meredakan radang telinga yang bisa diberikan dengan cara mencampurkan ekstrak kencur ke dalam susu ataupun makanannya. Hal ini berkat adanya kandungan tertentu yang memiliki efek analgetik saat dikonsumsi yang manfaatnya adalah untuk menurunkan serangan radang dan meredakan rasa nyeri akibat radang tersebut.

Banyak bukan manfaat kencur untuk bayi, Bu? Selalu sediakan kencur di rumah untuk menjaga kesehatan bayi, ya. Semoga informasi dari saya ini bermanfaat dan buah hati Ibu selalu sehat!

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa bertanya langsung kepada ahlinya di laman Tanya Pakar. Jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Bu.

 

Sumber:

hamil.co.id