Whatsapp Share Like
Simpan

Rasanya gemas sekali ya, Bu, saat melihat baju anak yang mungil dan lucu. Ingin rasanya membeli untuk buah hati dan berharap ia terlihat semakin menggemaskan. Namun jangan terburu-buru, Bu. Baju yang terlihat bagus itu belum tentu sesuai dengan anak. Bisa jadi kualitas atau kebutuhannya tidak sesuai dengannya. Makanya, saat akan membeli baju untuk buah hati sebaiknya pertimbangkan dengan baik terlebih dulu. Beberapa tips berikut ini dapat membantu Ibu dalam memilih baju anak. Simak langsung, yuk.

Pilih Bahan yang Lembut

Pakaian yang nyaman adalah yang terbuat dari bahan yang lembut. Untuk itu periksalah dengan teliti bahan dari baju anak yang akan Ibu beli. Pastikan bahannya terasa lembut saat menyentuh kulit. Bahan yang terasa kasar tentunya tidak akan membuat anak merasa nyaman dan biasanya terasa panas di kulit, sehingga ia tidak betah saat memakainya.

Periksa Jahitannya

Tips yang kedua, periksalah kualitas jahitan dari baju anak pilihan Ibu. Terkadang ada barang produksi yang kurang lolos quality control dari pabrik sehingga ada jahitan atau kelengkapan lainnya yang kurang. Jika ada jahitan yang lepas maka pakaian tersebut akan terlihat berlubang dan kurang layak dikenakan oleh anak. Jadi, periksalah setiap jengkal jahitan dari baju yang akan Ibu beli, ya. Jangan sampai ada yang terlewat.

Hindari Pakaian dengan Banyak Aksesoris

Aksesoris memang membuat anak terlihat lucu, tapi kalau terlalu banyak juga jadi kurang bagus dipandang, bukan? Ibu boleh saja memilih baju anak yang memiliki aksesoris, tapi jangan yang berlebihan. Di samping kurang nyaman dilihat, pakaian beraksesoris yang berlebihan juga bisa membuat anak merasa terganggu. Saat mencuci dan menyetrikanya pun bakal sangat merepotkan. Ibu pasti tidak mau hal tersebut terjadi, kan?

Tidak Kebesaran dan Tidak Kekecilan

Para Ibu biasanya memilih untuk membelikan baju anaknya dengan ukuran yang lebih besar dengan alasan supaya awet dipakai. Alasan tersebut tidak salah kok, Bu, asalkan tidak terlalu kebesaran. Pilih saja satu ukuran di atas ukuran yang pas untuk anak. Baju yang kebesaran bisa terasa kedodoran di badan dan terlihat kurang enak dipandang.

Artikel Sejenis

Memilih ukuran baju juga sebaiknya jangan yang kekecilan ya, Bu. Baju yang kekecilan akan terasa sesak di badan anak sehingga bisa memberikan rasa kurang nyaman. Jika tidak bisa mengukur badan anak secara langsung, Ibu bisa menyiasatinya dengan membawa contoh pakaian yang pas di badan anak dari rumah. Dengan begitu Ibu akan mendapatkan ukuran pakaian yang tepat.

Baca juga: Tips Memilih Pakaian yang Benar untuk Si Kecil Usia 0-6 Bulan

Bahan Tidak Panas & Mampu Menyerap Keringat

Iklim tropis di Indonesia membuat cuaca cenderung terasa panas. Mempertimbangkan hal tersebut, Ibu sebaiknya memilih baju anak yang terbuat dari bahan yang tidak panas dan dapat menyerap keringat. Jadi saat cuaca panas anak tidak akan terlalu berkeringat dan kalaupun berkeringat dapat terserap dengan baik sehingga menyebabkan biang keringat pada kulitnya. Biasanya baju yang memenuhi kriteria tersebut adalah yang berbahan katun, Bu.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Kebutuhan anak juga perlu dijadikan bahan pertimbangan saat memilihkannya baju. Misalnya saja anak sedang membutuhkan baju santai untuk di rumah, maka jangan malah tergiur ingin membelikannya baju untuk bepergian. Di usianya ini anak sangat cepat bertambah besar. Jadi Ibu tak perlu membelikannya baju terlalu banyak baju karena jika sudah tidak terpakai akan menumpuk di lemari dan menjadi mubazir.

Mudah Dipakai dan Dilepas

Anak juga harus diajari untuk bisa memakai dan melepas sendiri pakaiannya. Oleh karenanya pilihlah baju anak yang mudah dipakai dan dilepas oleh anak. Pakaian seperti ini juga akan mempercepat dan mempermudah anak saat berpakaian, akan mandi, atau buang air. Pakaian yang terlihat rumit pemakaiannya terkadang memang cenderung memiliki desain menarik, tapi kalau merepotkan sebaiknya dihindari saja, ya.

Pilih Model yang Disukai oleh Anak

Baju untuk anak tentu modelnya pun harus pas dipakai oleh anak. Hindarilah memilih model yang terkesan dewasa dan kurang sesuai dengan usia anak. Pilihlah model baju yang simpel dengan motif atau gambar yang lucu, seperti tokoh kartun atau gambar hewan. Kalau ada tokoh kartun yang ia sukai maka akan lebih pas lagi dan anak tentu senang memakainya.

Sebaiknya Pilih Warna Cerah

Untuk warna baju, warna cerah akan lebih pas dikenakan oleh anak. Warna cerah memberikan kesan ceria dan sangat mencerminkan anak-anak, seperti merah, kuning, orange, atau hijau. Apalagi kalau ada warna tertentu yang ia favoritkan, maka Ibu bisa langsung memilihnya untuk anak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Ibu terapkan saat akan membelikan baju anak untuk menghindari kesalahan dalam memilih baju. Hal terakhir yang juga patut dipertimbangkan tentunya adalah budget yang Ibu miliki. Jangan sampai kalap membeli baju yang lucu tapi harganya melebihi budget. Semoga bermanfaat.

Untuk Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

 

Sumber:

Orami, Motherandbaby