Share Like
Simpan

Di samping bermanfaat untuk menjaga kesehatan balita, rutin berolahraga juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Oleh sebab itu, penting untuk membuat ia menyukai aktivitas yang satu ini. Salah satu caranya adalah dengan mengutamakan kenyamanan si Kecil saat berolahraga dengan memilihkan baju yang tepat untuknya. Berdasarkan beberapa artikel yang saya temukan dalam forum konsultasi masalah anak, berikut panduan memilih baju olahraga untuk anak. Simak yuk, Bu:

1. Pilih Bahan yang Mudah Menyerap Keringat
Bergerak aktif selama berolahraga tentu membuat tubuh si Kecil berkeringat. Oleh sebab itu, demi kenyamanannya, Ibu perlu memilihkan busana olahraga dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun, Bu. Tujuannya adalah supaya keringat yang keluar dari tubuh bisa segera terserap oleh baju, sehingga si Kecil tetap merasa sejuk meski tubuhnya berkeringat.

Selain katun, Ibu juga bisa memilih bahan spandek, dry-fit, atau climacool sebagai alternatif untuk baju olahraga si Kecil. Tapi, mengingat daya serap bahan ini tidak sebaik katun, busana olahraga dari bahan ini sebaiknya hanya digunakan saat si Kecil melakukan olahraga ringan, seperti senam, jalan santai, atau berenang.

2. Pilih Ukuran yang Pas
Usahakan pakaian yang Ibu pilih untuk si Kecil tidak kekecilan, tapi tidak juga kelonggaran. Pakaian yang terlalu sempit bisa membuat anak tak nyaman dan sulit bergerak bebas. Sementara, pakaian yang terlalu longgar bisa mengganggu gerakan si Kecil saat berolahraga, bahkan berisiko membuatnya celaka. Misalnya, jika celana yang ia kenakan terlalu longgar dan terlalu panjang hingga melebihi mata kaki, si Kecil bisa terjungkal saat berlari karena kakinya tersangkut celananya sendiri. Celana yang terlalu longgar dan panjang juga perlu dihindari ketika si Kecil akan bersepeda. Sebab, celana itu mungkin bisa tersangkut pada jari-jari sepeda dan membuatnya terjatuh dari sepeda, Bu.

3. Sesuaikan dengan Musim
Musim jadi hal berikutnya yang juga perlu Ibu perhatikan saat memilihkan baju olahraga untuk si Kecil. Bila cuaca sedang panas, pilihkan si Kecil baju olahraga yang terbuat dari katun. Sebab, serat kainnya yang berpori memungkinkan sirkulasi udara di sekitar tubuh si Kecil lebih lancar, sehingga kulitnya tak kepanasan. Sebaliknya, jika cuaca sedang dingin, sebaiknya kenakan pakaian yang lebih hangat namun tetap menyerap keringat. Selain itu, pakaikan juga jaket untuk memberikan kehangatan lebih pada tubuh si Kecil. Selain dapat menjaga tubuh si Kecil tetap hangat, jaket juga lebih praktis karena mudah dilepas dan dipasang kembali, Bu. Dengan begini, ia bisa melepaskan dan memasang jaket itu sesuai kebutuhannya.

Untuk memancing semangat si Kecil untuk bergerak sebelum olahraga dimulai, berikan si Kecil segelas susu Frisian Flag Karya yang kaya nutrisi. Dengan rasa yang nikmat, Frisian Flag Karya membantu Ibu mencukupi kebutuhan Kalsium, Vitamin A, Vitamin D3, dan nutrisi penting lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan cara yang menyenangkan. Nah, selamat berolahraga bersama buah hati tercinta, Bu!