Share Like
Simpan

Hai Bu, masih ingat ide si Kecil menyelimuti Ayah dengan taplak meja supaya tidak kedinginan dalam video ini? Ya, melihat Momen Wow si Kecil seperti itu tentu bisa membuat setiap orang tua tersenyum bangga. Saya pun merasa demikian Bu, ketika kreativitas anak muncul saat berhadapan dengan situasi tertentu. Uniknya, setiap anak mungkin menunjukkan Momen Wow yang berbeda.

Hal ini saya sadari ketika menyimak berbagai jawaban si Kecil kesayangan Ibu melalui Kompetisi Momen Wow 2017. Situasi yang sama bisa memunculkan berbagai Ide Wow dan reaksi berbeda dari si Kecil. Simak yuk, Bu, ide dan solusi kreatif yang muncul dari si Kecil ketika berhadapan dengan situasi tertentu.

Situasi #1: Menjaga Kacamata Nenek/Kakek Agar Tidak Hilang

Seiring bertambahnya usia, ketajaman ingatan Nenek dan Kakek ikut menurun. Oleh sebab itu, sangat mungkin mereka lupa menaruh barang-barangnya, termasuk kacamatanya. Melihat situasi ini, si Kecil pun dirangsang mengeuarkan #ideanakwow untuk menyelesaikan masalah. Beberapa solusi si Kecil yang saya simak di Kompetisi Momen Wow 2017 adalah sebagai berikut.

  • Dipakai Terus

Kacamata merupakan barang penting bagi Kakek dan Nenek, si Kecil menyarankan mereka untuk terus memakainya. Bahkan, dengan menggemaskan, si Kecil memeragakan cara memakai kacamata agar tidak mudah hilang.

  • Lilitkan Tali

Si Kecil mungkin saja khawatir kacamata Kakek dan Nenek hilang meski terus dipakai. Oleh karena itu, dengan kreativitas si Kecil yang tak terduga, ia mencari tali untuk melilit ujung kacamata agar bisa dikalungkan.

  • Simpan di Kotak Khusus

“Daripada hilang, lebih baik kacamatanya disimpan di kotak khusus,” kata si Kecil. Waktu saya bertanya dari mana ia mendapat ide tersebut, ternyata ia melihat kotak penyimpanan aksesorinya. Menurut si Kecil, jika Kakek dan Nenek punya kotak aksesori seperti dirinya, kacamata tersebut akan mudah dicari saat tidak digunakan.

Situasi #2: Menyambut Ayah Pulang Kantor Agar Capeknya Hilang

Setelah bekerja seharian, Ayah pulang dalam keadaan capek. Padahal, si Kecil mungkin saja ingin mengajak Ayah bermain. Nah, supaya lelah Ayah mereka berkurang, para Anak Wow di Kompetisi Momen Wow 2017 melakukan hal berikut.

  • Menyambut di Depan Rumah

Bu, bagaimana rasanya saat kedatangan kita di rumah disambut gembira oleh si Kecil? Pasti senang, ya. Belajar dari reaksi Ibu, si Kecil juga melakukan hal serupa saat Ayah tiba di rumah. Rasa lelah Ayah setidaknya berkurang ketika melihat senyum ceria si Kecil.

  • Mengambilkan Air Minum

Jika Ibu punya kebiasaan memberikan air minum kepada Ayah saat pulang, si Kecil bisa saja melakukan hal tersebut tanpa dipinta. Ide kreatif anak ini mungkin dicontoh dari Ibu, namun ia melakukannya atas inisiatif sendiri, lho.

  • Memberikan Pijatan

Ayah merasa capek? Kalau dipijit, capeknya akan hilang. Kira-kira seperti itulah pikiran sederhana si Kecil saat membantu mengurangi rasa capek Ayah. Setidaknya, si Kecil mencoba membantu sesuai kemampuannya.

Situasi #3 Menenangkan Adik yang Menangis saat Ibu Kerepotan

Apa si Kecil sudah memiliki adik? Ketika Ibu sedang repot memasak lalu Adik bayi menangis, si Kecil mungkin saja muncul dengan ide kreatif untuk menenangkan Adik kesayangannya. Bagaimana caranya? Simak beberapa jawaban dari Anak Wow berikut ini yuk, Bu!

  • Ajak Bermain Ci Luk Ba

Tahukah Ibu, bayi suka sekali bermain ci luk ba. Oleh karena itu, si Kecil bisa mengajak Adik bermain permainan ini. Tanpa alat apa pun, permainan sederhana ini bisa dilakukan mereka berdua saat Ibu memasak.

  • Buat Adik Tertawa

Dengan keterbatasannya sebagai anak-anak, si Kecil mencoba berbagai cara agar Adik berhenti menangis. Salah satunya adalah dengan membuatnya tertawa. Si Kecil kesayangan Ibu dapat memeragakan berbagai ekspresi lucu agar Adik tertawa.

  • Pinjamkan Mainan Kakak

Meski konsep berbagi merupakan hal baru bagi si Kecil, ia mencoba berbagi mainannya lho, Bu. Kreativitas si Kecil yang satu ini patut diacungi jempol. Tak sekadar mengalihkan perhatian Adik, si Kecil juga berlatih berbagi yang baik untuk kehidupan sosialnya kelak.

Situasi #4: Buat Ibu Segar Kembali Setelah Membereskan Rumah

Membereskan rumah setelah kehadiran si Kecil termasuk kegiatan yang menguras tenaga dan menjadi tantangan tersendiri. Melihat Ibu yang lelah setelah bersih-bersih rumah, si Kecil tentu ingin membantu Ibu agar segar kembali. Caranya bisa saja salah satu di antara hal berikut ini, Bu.

  • Mengelap Keringat Ibu

Melihat Ibu penuh peluh, si Kecil mungkin saja tidak tega. Menyimak Ide Wow di Kompetisi Momen Wow 2017, si Kecil akan mencari kain atau tisu untuk mengelap keringat Ibu. Wah, manis sekali ya, Bu.

  • Menghibur Ibu

Bagaimana bila si Kecil tiba-tiba menunjukkan ekspresi lucu saat Ibu kecapekan? Hal ini pastinya mengundang tawa sehingga lelah yang Ibu rasakan jadi sedikit berkurang, ya. Itulah salah satu cara sederhana namun manis yang dilakukan si Kecil.

  • Memberikan Ciuman

Apakah Ibu pernah memberikan ciuman sayang ketika si Kecil selesai melakukan sesuatu? Jika iya, si Kecil bisa melakukan hal yang sama kepada Ibu. Ya, dia akan memberikan ciuman dan pelukan sayang karena ia menganggap Ibu telah berhasil membereskan rumah.

Bagaimana Bu, banyak sekali bukan, kemungkinan Ide Wow si Kecil saat dihadapkan pada situasi tertentu? Jadi, tak perlu khawatir ketika reaksinya berbeda dengan anak lain, ya. Semoga kreativitas anak terus meningkat dan ia tumbuh menjadi Anak Wow ya, Bu!