Rasanya baru kemarin Ibu melihat hasil garis dua di alat tes kehamilan, sekarang Ibu sudah memasuki usia hamil 8 bulan, trimester akhir kehamilan Ibu. Waktu memang cepat berlalu ya, Bu! Agar Ibu dan janin terus sehat hingga hari kelahirannya. Pastikan Ibu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE),  yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Jadi bagaimana, Bu, setelah tujuh bulan hamil, mungkin Ibu merasa sudah mulai terbiasa dengan situasi kehamilan ini, tapi kondisi hamil 8 bulan ternyata cukup berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Tak hanya janin Ibu yang sedang berkembang, tapi tubuh Ibu sedang mempersiapkan diri menuju waktu persalinan yang semakin dekat. 

Lalu apa saja hal-hal yang terjadi pada Ibu dan janin di usia hamil 8 bulan ini? Apa saja yang perlu Ibu perhatikan dan persiapkan? Berikut ini adalah jawaban untuk berbagai pertanyaan Ibu seputar hamil 8 bulan.

Perkembangan Janin Saat Hamil 8 Bulan

Saat hamil 8 bulan tak hanya perut Ibu yang semakin membesar, tapi janin dalam perut Ibu juga semakin berkembang dan bertumbuh. Berat janin pada usia hamil 8 bulan biasanya telah mencapai sekitar 1,8kg dan panjang berkisar 45-50cm, artinya, ruang di dalam rahim Ibu akan semakin sempit dan Ibu akan semakin sering merasakan pergerakan janin di waktu-waktu karena pada usia hamil 8 bulan ini janin juga jadi semakin aktif. 

Sama seperti halnya Ibu yang sedang mempersiapkan diri untuk bersalin, janin kecil Ibu juga sedang mempersiapkan dirinya dengan banyak latihan. Dalam beberapa minggu terakhir ini, janin Ibu sedang berlatih menelan, bernapas dengan menghirup cairan ketuban, menghisap, dan menendang.

Artikel Sejenis

Pada usia hamil 8 bulan ini, hampir seluruh organ janin Ibu telah berkembang sempurna, kecuali paru-paru. Jadi, jika Ibu harus melahirkan ketika hamil 8 bulan, sangat besar kemungkinan bayi Ibu akan tetap bertahan. 

Pada usia hamil 8 bulan ini juga kulit bayi sudah tidak lagi transparan, jadi ketika melakukan cek USG, Ibu sudah bisa melihat wajah bayi Ibu dengan lebih jelas.

Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Hamil 8 Bulan

Memasuki hamil 8 bulan, tubuh Ibu sudah mulai mempersiapkan diri untuk proses persalinan nanti dengan merenggangkan otot-otot dalam tubuh Ibu. Jika Ibu merasakan area rahim dan perut Ibu seperti mengencang atau mengeras secara periodik, maka Ibu sedang mengalami kontraksi palsu atau dikenal dengan nama kontraksi Braxton. Hal ini umum terjadi di pertengah kehamilan dan akan meningkat frekuensi juga kekuatannya saat Ibu hamil 8 bulan dan selanjutnya.

Kontraksi palsu ini bisa dibilang semacam “pemanasan” yang dilakukan tubuh, sebagai sedikit gambaran buat Ibu sebelum menghadapi kontraksi yang sesungguhnya nanti. Biasanya kontraksi Braxton berlangsung selama 15-30 menit, dan terkadang hingga 2 menit. Lalu bagaimana Ibu membedakannya dengan kontraksi hendak melahirkan yang sesungguhnya? 

Biasanya kontraksi palsu pada hamil 8 bulan ini akan berhenti jika Ibu mengubah posisi, jadi cobalah untuk bangkit berdiri jika Ibu sedang berbaring, atau berjalan ketika Ibu sedang duduk. Jika yang Ibu alami adalah kontraksi sungguhan, rasanya akan semakin kuat dan muncul lebih sering. Jika hal itu terjadi, sebaiknya Ibu segera mengunjungi bidan atau dokter kandungan yang menangani Ibu

Harus Periksa Apa Saja Saat Hamil 8 Bulan?

Saat hamil 8 bulan sudah tentu Ibu akan melakukan pemeriksaan rutin bulanan, seperti yang selama ini telah Ibu lakukan. Namun jika mengalami hal-hal berikut ini ketika hamil 8 bulan, Ibu harus segera memeriksakan diri Ibu ke dokter kandungan atau bidan yang menangani Ibu.

  1. Pendarahan pada area vagina, terutama jika jumlahnya banyak
  2. Ibu mengalami pecah air ketubah, atau air ketuban merembes
  3. Rasa sakit pada area perut dan rahim yang tidak biasa
  4. Kontraksi palsu terasa semakin kuat dan nyeri
  5. Ibu mengalami gejala preeklamsia (sakit kepala, gangguan penglihatan, tangan dan wajah membengkak)
  6. Aktivitas janin berkurang atau tidak ada sama sekali
  7. Muntah-muntah dan diare parah

Segera kunjungi dokter bila Ibu mengalami salah satu dari hal-hal di atas atau Ibu merasakan kondisi yang tidak biasa pada saat hamil 8 bulan.

Bagaimana Perubahan Tubuh?

Selain perut yang tentunya semakin membesar, tubuh Ibu terus mengalami perubahan saat hamil 8 bulan yang menimbulkan berbagai tanda yang akan Ibu lihat maupun rasakan. Berikut adalah beberapa hal yang akan tubuh Ibu alami ketika hamil 8 bulan.

  1. Konstipasi

    Rahim Ibu yang semakin membesar akan menekan saluran pencernaan yang kemudian mengakibatkan Ibu mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Cobalah lakukan olahraga ringan, makan makanan berserat, dan minum air putih untuk membantu memperlancar buang air besar.

  2. Kaki Kram

    Dilansir dari situs whattoexpect.com kondisi ini dikarenakan tubuh Ibu kekurangan kalsium dan magnesium. Ibu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak dua nutrisi ini untuk mencukupi kebutuhan Ibu selama hamil 8 bulan.

  3. ASI Merembes

    Payudara Ibu akan semakin membesar pada usia hamil 8 bulan, dan beberapa Ibu mungkin sudah mulai memroduksi ASI. Meski tidak semua Ibu akan mengalaminya, tapi jika Ibu melihat seperti ada rembesan cairan bernama kekuningan di payudara Ibu, ini merupakan hal yang umum terjadi di trimester ketiga. Cairan tersebut dikenal dengan istilah kolostrum yang mengandung banyak protein dan antibodi. Jika rembesannya mulai terasa tidak nyaman, Ibu bisa menggunakan nursing pad.

  4. Kulit dan Perut Terasa Gatal

    Kulit pada area perut Ibu akan terasa gatal, karena dengan semakin membesarnya perut Ibu, kulit di area tersebut juga akan ikut tertarik dan mengering sehingga membuatnya terasa gatal. Jika terasa tidak nyaman, Ibu bisa menggunakan lotion atau minyak zaitun buat bantu melembapkan kulit di area yang gatal dan mengurangi rasa gatalnya.

Persiapan Sebelum Melahirkan

Apa saja hal yang perlu Ibu persiapkan untuk melahirkan pada usia hamil 8 bulan? Simak daftar berikut ini!

  1. Jangan stres dan cobalah bersantai dengan melakukan hal-hal yang Ibu sukai sebelum kehadiran adik bayi.
  2. Kenali tanda-tanda hendak melahirkan untuk mengantisipasi persalinan yang lebih awal
  3. Siapkan tas rumah sakit untuk Ibu dan bayi. Pada usia hamil 8 bulan, Ibu harus mulai bersiap-siap menghadapi proses persalinan yang tak terduga.
  4. Siapkan banyak camilan sehat karena saat hamil 8 bulan selera makan Ibu sangat meningkat namun Ibu tidak bisa makan dalam porsi besar karena cepat merasa begah.
  5. Lakukan senam kegel kapan saja di mana saja, agar otot kegel Ibu semakin terlatih untuk proses persalinan nanti.

Apa Saja Larangan untuk Ibu Hamil 8 Bulan?

Sejak mengetahui bahwa diri Ibu hamil, tentu Ibu jadi lebih peka dan ekstra hati-hati dalam menjaga asupan yang Ibu makan maupun kegiatan yang Ibu lakukan, meski demikian kondisi kehamilan normal tak lantas menjadi halangan bagi Ibu dalam beraktivitas. Namun demikian dengan semakin besarnya usia kehamilan Ibu, dan semakin dekatnya Ibu dengan persalinan, berikut ini adalah beberapa larangan yang perlu Ibu hindari saat hamil 8 bulan.

  1. Menggunakan Cat Basah

    Kami paham, saat ini Ibu yang sedang semangat-semangatnya ingin mulai mendekor kamar bayi dan mengecat ulang ruangan agar lebih segar. Tapi sebaiknya serahkan saja tugas itu sepenuhnya kepada suami atau tukang yang bisa Ibu percaya. 

    Belum ada riset yang bisa mengungkapkan seberapa besar tingkat paparan racun dalam cat yang bisa berakibat fatal pada Ibu hamil, jadi sebaiknya Ibu benar-benar menghindarinya dan menunggu cat sudah benar-benar kering sebelum memasuki ruangan daripada mengambil risiko.

  2. Memakai Stiletto atau Sepatu Hak Tinggi

    Meski banyak bintang hollywood yang terlihat menggunakan sepatu berhak tinggi dan tipis saat hamil besar, tapi sebenarnya ini bukan hal yang baik untuk ditiru ya, Bu. 

    Dengan semakin membesarnya perut Ibu, pusat keseimbangan Ibu tentu akan berubah. Dikhawatirkan mengenakan sepatu hak yang terlalu tinggi bisa membuat Ibu kesulitan menyeimbangkan badan dan mudah terjatuh. Belum lagi kaki Ibu yang mulai membengkak, bisa membuat Ibu semakin tidak nyaman ketika berjalan dengan hak tinggi. Jika memang harus pakai sepatu berhak, gunakan sepatu dengan hak maksimal 3cm.

  3. Berendam Air Panas atau Sauna

    Saat hamil 8 bulan tubuh Ibu akan semakin sering terasa tidak nyaman dan pegal, berendam air panas tentu akan terasa nyaman ya, Bu? Sayangnya hal ini tidak direkomendasikan untuk Ibu hamil karena kenaikan suhu tubuh bisa berdampak pada janin. Namun demikian Ibu tetap bisa berendam air hangat, kok! Tapi pastikan suhu air tidak lebih dari 40 derajat celcius, atau suam-suam kuku.

  4. Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

    Ketika hamil 8 bulan, berada dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama bisa menimbulkan masalah seperti kaki yang membengkak atau masalah pembuluh darah. Jika kehamilan Ibu tidak bermasalah, usahakan Ibu sering melakukan gerakan kecil yang tidak melelahkan. Misalnya saat Ibu sudah duduk terlalu lama, Ibi bisa jalan kaki sedikit, atau duduk dengan posisi kaki yang diangkat.

Itulah hal-hal yang perlu Ibu perhatikan pada usia hamil 8 bulan. Namun utamanya Ibu tetap harus memerhatikan asupan nutrisi Ibu, karena pertambahan ukuran bayi menjelang kelahiran terjadi sangat cepat dan drastis. 

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin,  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta  9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng  untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Jika Ibu masih memiliki banyak pertanyaan seputar perkembangan janin atau hal apa saja yang perlu Ibu perhatikan seiring dengan pertambahan usia kehamilan, Ibu bisa menggunakan Kamus Kehamilan yang ada pada Akademi Keluarga Prima. Yuk, coba sekarang di halaman ini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.