Share Like
Simpan

Hai Bu, bagaimana kabar si Kecil? Di usianya saat ini rambutnya pasti semakin lebat, ya? Agar rambut si Kecil senantiasa sehat dan terawat, pastikan Ibu selalu mencuci rambutnya pada saat mandi, dengan produk perawatan bayi khusus yang tidak memiliki kandungan berbahaya.

Melakukan perawatan bayi pun tidak boleh dilakukan sembarangan, Bu. Ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan, seperti:

1. Ajak berbicara

Agar si Kecil bisa menikmati proses perawatan bayi yang Ibu lakukan dan tidak rewel saat dicuci rambutnya, pastikan ia merasa nyaman dan rileks. Nah, untuk memberikan suasana yang menyenangkan pada anak tercinta, ajaklah ia berbicara dengan nada suara yang lembut dan hangat sambil membasuh rambutnya secara perlahan.

2. Perhatikan cara menggendong

Cara terbaik untuk mencuci rambut si Kecil yang baru lahir adalah dengan menggendongnya dan bukan meletakkannya di bathing tub atau bak mandi. Hal ini akan membuatnya lebih nyaman sehingga ia tidak banyak bergerak dan Ibupun bisa mencuci rambutnya dengan lebih mudah. Saat menggendong, pastikan Ibu memegangnya dengan erat namun tetap lembut sehingga si Kecil tidak merasa kesakitan.

3. Gunakan busa lembut

Saat mengeramasi si Kecil, gunakan busa yang lembut dan telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan rambutnya. Ibu tetap perlu melakukan perawatan bayi ini meski si Kecil masih belum memiliki rambut, sebab kulit kepalanya juga perlu dibersihkan untuk menghindari penumpukan kotoran dan minyak.

4. Perhatikan produk perawatan bayi

Pada minggu-minggu pertama kelahiran si Kecil, kulitnya akan mudah sekali kering sehingga Ibu harus memerhatikan produk perawatan bayi yang digunakan. Jika merasa ragu, tak ada salahnya mencuci rambut si Kecil hanya dengan air selama beberapa minggu pertama dan baru menggunakan sampo saat ia sudah memasuki usia 1 bulan. Agar tetap aman, jangan lupa pilih poduk perawatan bayi yang terpercaya ya, Bu!

5. Hindari keramas setiap hari

Tidak seperti orang dewasa yang rambutnya mudah kotor dan harus dicuci hampir setiap hari, bayi hanya perlu melakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu. Jika si Kecil telah berusia 1 bulan dan mulai menggunakan sampo, berikanlah 1 tetes saja setiap kali keramas dan jangan lupa membilasnya sampai bersih hingga tak ada buih yang tersisa. Berhati-hatilah dalam mencuci rambut anak tercinta agar buih sampo tak sampai masuk ke mata atau lubang telinganya.

6. Hindari penggunaan baby oil

Banyak orang memberikan baby oil pada kulit kepala si Kecil untuk mempercepat pertumbuhan rambut, namun hal ini sama sekali tidak terbukti. Penggunaan baby oil dalam perawatan bayi justru akan membuat pori-pori kulit kepalanya tertutup sehingga lebih baik Ibu menghentikan pemakaian produk ini.

Saat melakukan perawatan bayi semacam ini, jangan lupa selalu memerhatikan keamanan si Kecil agar ia tak sampai terjatuh atau terluka saat dikeramasi. Selain itu, perhatikan juga produk yang digunakan supaya rambut dan kulit kepalanya tetap sehat dan terhindar dari iritasi.