Share Like
Simpan

Hai, Bu. Si Kecil mulai memasuki usia sekolah, ya? Yuk, mulai mengajarinya berhitung lewat cara yang sederhana dan menyenangkan supaya perkembangan balita bisa lebih optimal!

Berikut beberapa cara yang bisa Ibu coba. Cara-cara ini saya dapatkan di sebuah forum konsultasi anak online. Saya pun mempraktikkannya saat pertama kali mengajari si Kecil berhitung setahun yang lalu. Simak yuk, Bu:

1. Gunakan Nyanyian

Bernyanyi adalah cara menyenangkan pertama yang bisa Ibu pilih untuk mengajari si Kecil berhitung. Sebab, melalui cara ini, Ibu bisa membuat proses belajar berhitung jauh dari kesan membosankan. Selain itu, aktivitas yang menceriakan dan memicu semangat ini juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. 

Cobalah memasukkan konsep berhitung maupun mengenal angka pada lagu yang Ibu nyanyikan bersama si Kecil saat bermain. Oh iya, supaya lebih menyenangkan, lakukan juga gerakan-gerakan tertentu saat menyebutkan angka tertentu. Saat menyebut angka lima misalnya, Ibu bisa bernyanyi sembari memajukan perut, karena angka itu terlihat seperti Ibu hamil dengan perut yang sudah membesar. Jadi, si Kecil lebih mudah mengingat bentuk dari tiap angka, Bu. Asyik, kan?

Ibu pun dapat membentuk angka melalui jari-jemari, misalnya saat menyebut angka tiga dengan telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Cara lain yang bisa Ibu terapkan adalah memanfaatkan kartu belajar/ flash card untuk menunjukkan bentuk angka pada si Kecil secara langsung.

2. Kelompokkan Mainan

Mengumpulkan sembari mengelompokkan mainan yang berantakan jadi cara menyenangkan berikutnya yang bisa Ibu coba saat mengajari si Kecil berhitung. Caranya, ajak si Kecil mengumpulkan semua mainan dan bonekanya, kemudian bantu ia mengelompokkan tiap mainan berdasarkan jenisnya (boneka dengan boneka, puzzle dengan puzzle, dst). Bila sudah, bantu si Kecil menghitung berapa banyak mainan yang ia punya untuk setiap jenis tersebut. Selain belajar berhitung, si Kecil juga dapat mengetahui jumlah mainan yang dia miliki.

Tak hanya membuat si Kecil makin mahir berhitung, hal ini juga membantu Ibu merapikan kembali rumah yang berantakan karena mainan si Kecil yang bertebaran di mana-mana.

3. Belajar Menelepon

Saat ibu memegang handphone atau telepon di rumah, anak Ibu biasanya akan penasaran dan tertarik untuk mencoba kan? Ibu juga bisa memanfaatkan situasi ini untuk mengajarinya berhitung, Bu. Caranya, tuliskan nomor handphone Ibu dan Ayah pada secarik kertas. Selanjutnya, berikan telepon mainan pada si Kecil dan mintalah ia untuk menekan tombol angka di telepon sesuai yang tertera di kertas. Selain itu, ajak si Kecil untuk melafalkan tiap angka yang ia tekan.

Selain mempermudah proses belajar mengenal angka sehingga baik untuk mendukung tahap perkembangan balita yang tengah si Kecil lalui, cara ini juga membuat si Kecil belajar hal baru, yaitu cara menggunakan telepon. Nantinya, kemampuan ini akan cukup membantu, terlebih saat ia berada di situasi darurat.

4. Ajak Memasak

Ketimbang pusing dan kerepotan karena si Kecil terus mengganggu Ibu saat memasak di dapur, sekalian saja ajak ia terlibat dalam proses memasak, Bu. Mengajak si Kecil memasak juga merupakan cara menyenangkan untuk belajar berhitung, lho.

Ibu dapat meminta bantuan si Kecil untuk mengambilkan bahan makanan sesuai jumlah yang diminta. Misalnya, dua butir tomat, tiga butir telur, lima potong wortel, dan sebagainya. Ibu pun bisa meminta bantuan si Kecil memasukkan bumbu. Misalnya, dua sendok teh garam dan satu sendok teh gula. Lewat hal-hal kecil yang ia lakukan selama membantu Ibu di dapur, fase perkembangan balita yang ia lalui pun semakin optimal karena gerak motorik halus, indra perasa, dan indra penciumannya juga akan semakin terlatih.

Nah, itu dia beberapa aktivitas menyenangkan yang saya lakukan bersama si Kecil untuk mengajarinya berhitung. Selain mudah dan efektif untuk memperkenalkan si Kecil pada angka, cara-cara tadi juga tak membuat Ibu harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan. Ibu cukup memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Selamat mencoba, Bu!