Whatsapp Share Like
Simpan

Melihat buah hati lahir dengan badan tinggi tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Tahukah, Ibu? Pertumbuhan tulang si Kecil sudah mulai berkembang dengan sempurna ketika memasuki masa kehamilan trimester kedua. Itu sebabnya, sewaktu hamil dulu, saya sering sekali mendapat nasihat agar rajin minum susu. Nah, ternyata tidak hanya minum susu, Bu. Ada beberapa cara efektif lainnya yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan panjang tubuh bayi baru lahir sejak ia masih di dalam perut. Berikut ini saya bagikan sejumlah informasinya.

1. Hindari Stres

Kehamilan merupakan momen membahagiakan bagi setiap Ibu. Ada kesenangan  tersendiri saat mempersiapkan berbagai keperluan si Kecil hingga menanti kelahirannya. Namun, di tengah momen berbahagia ini, banyak Ibu hamil yang malah mengalami stres. Ini biasanya dipicu oleh perubahan-perubahan yang terjadi selama hamil. Misalnya, kondisi fisik mudah lelah, tubuh sering kram, tidur jadi kurang nyaman, dan mood yang cepat naik-turun. Meski begitu, usahakan Ibu tidak terlalu stres dalam menghadapi perubahan tersebut, ya.

Menurut sejumlah artikel online yang saya baca, stres pada masa kehamilan dapat memengaruhi proses pertumbuhan tinggi janin lho, Bu. Hal ini dikarenakan ketika mengalami stres, aliran darah ke rahim akan menurun secara signifikan sehingga pertumbuhan bayi dalam kandungan juga akan ikut terganggu.

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

“Apakah boleh Ibu hamil berjemur di bawah sinar matahari?” Mungkin pertanyaan ini sempat terlintas di pikiran Ibu. Saya pun sempat mempertanyakan hal yang sama. Setelah saya cari tahu, ternyata berjemur di bawah sinar matahari justru baik bagi pertumbuhan janin, Bu. Menurut jurnal penelitian Avon Longitudinal Study of Parents and Children asal Inggris, paparan sinar matahari yang diterima oleh Ibu hamil dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi janin hingga 0,5 cm. Hal ini dikarenakan sinar matahari mengandung Vitamin D yang baik untuk Ibu hamil.  Namun, pastikan Ibu berjemur saat pagi hari ketika matahari belum terlalu terik dan tidak lebih dari 15 menit, ya. 

3. Perbanyak Asupan Vitamin A

Selama masa kehamilan, asupan nutrisi juga perlu selalu diperhatikan. Kenapa? Saat kebutuhan nutrisi Ibu tercukupi, tumbuh kembang janin pun dapat berjalan dengan baik. Nah, Ibu bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang si Kecil dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Berdasarkan hasil konsultasi saya dengan para ahli di Forum Ibu & Balita, Vitamin A sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang pada janin. Itu sebabnya, sewaktu hamil dulu, saya sering mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A seperti pepaya, wortel, dan bayam.

Sekarang Ibu jadi lebih mengerti cara untuk mengoptimalkan panjang tubuh bayi baru lahir sejak ia masih dalam kandungan, bukan? Semoga informasi ini membantu ya, Bu!