Whatsapp Share Like Simpan

Pada bayi, Ibu akan sering menemui lapisan putih pada permukaan lidah yang disebabkan oleh sisa dari ASI atau susu. Lidah putih ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi lho, Bu, sehingga ia rentan rewel hingga tidak nafsu untuk menyusu. Untuk menghindari hal tersebut, Ibu perlu rutin membersihkan lidah bayi secara berkala. Apakah Ibu sudah tahu cara membersihkan lidah bayi yang benar? Jika belum, informasi berikut ini akan membantu Ibu untuk mengetahuinya. Langsung simak ya, Bu.

Manfaat Membersihkan Lidah Bayi

Lidah bayi perlu dibersihkan secara rutin supaya memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Mengurangi sisa ASI atau susu di dalam mulut.
  • Memperkecil risiko penumpukan bakteri di dalam mulut.
  • Mengurangi bau tak sedap pada mulut bayi.

Jika mulut bayi tidak pernah dibersihkan, maka dapat meningkatkan risiko penyakit atau infeksi pada gusi dan gigi yang diakibatkan penumpukan kuman dari sisa-sisa ASI atau susu. Bayi yang terbiasa dibersihkan mulutnya sejak dini cenderung lebih mudah diajari untuk menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulutnya saat ia sudah tumbuh lebih besar.

Langkah Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Membersihkan lidah bayi bukanlah pekerjaan yang mudah mengingat ia terkadang akan rewel saat lidahnya dibersihkan, sehingga membuat Ibu merasa kesulitan. Meski begitu, Ibu tetap harus berusaha membersihkannya secara perlahan. Berikut adalah cara membersihkan lidah bayi yang benar:

  1. Bersihkan tangan terlebih dulu dengan air mengalir dan sabun sebelum mulai membersihkan lidah bayi.
  2. Siapkan semangkuk air matang dengan suhu hangat.
  3. Siapkan kain kasa untuk dililitkan pada jari telunjuk, kemudian basahi dengan air matang yang sudah disiapkan.
  4. Letakkan bayi pada pangkuan dengan posisi seperti hendak menyusui.
  5. Jika bayi enggan membuka mulutnya, sentuhkan jari Ibu di bibirnya. Cara ini biasanya bisa membuat bayi membuka mulut, karena ia mengira akan disusui. Namun jika ia tetap mengatupkan mulut, tetap bersabar dan mencoba terus hingga ia mau membuka mulut.
  6. Setelah mulutnya terbuka, secara perlahan masukkan jari yang telah dililit kasa tadi ke dalam mulutnya.
  7. Seka lidah bayi dengan gerakan memutar lembut.
  8. Selain lidah, pastikan juga untuk menyeka gusi dan bagian dalam pipi bayi agar semua kuman di dalam mulutnya terangkat dan mulutnya benar-benar dalam keadaan bersih.
  9. Bersihkan mulut bayi secara berkala agar kebersihan mulutnya senantiasa terjaga dengan baik.

Baca juga: Lidah Putih pada Bayi: Penyebab, Faktor dan Cara Mengatasi

Artikel Sejenis

Apa Penyebab Lidah Putih pada Bayi?

Jadi, apa sih penyebab lapisan putih pada bayi tersebut? Apakah dari sisa susu atau karena akibat penyakit? Jawabannya adalah bisa keduanya, Bu. Lapisan putih yang sering Ibu temui pada lidah bayi bisa disebabkan oleh adanya sisa susu, tapi juga bisa karena adanya infeksi jamur pada mulutnya. Untuk membedakannya, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Lidah putih oleh sisa susu:
    • Hanya ditemukan pada lidah bayi.
    • Tidak permanen dan mudah dibersihkan.
    • Bisa terjadi karena mulut bayi baru bisa menghasilkan sedikit air ludah, sehingga sisa susu mengendap di permukaan lidahnya.
    • Sering terjadi pada bayi yang memiliki tongue tie. Kondisi ini menyebabkan gerakan lidah bayi terbatas di mana antara langit-langit mulut dan lidah tidak terjadi gesekan, sehingga bisa membuat sisa susu menumpuk pada permukaan lidah.
  • Lidah putih akibat infeksi jamur:
    • Lapisan putih bisa terdapat pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam.
    • Susah dihilangkan walaupun sudah mengikuti cara membersihkan lidah bayi yang benar.
    • Bisa disebabkan oleh pemakaian abiotik pada Ibu ataupun bayi untuk mengobati infeksi lainnya. Antibiotik yang dikonsumsi tersebut bisa jadi membunuh bakteri baik yang ada di dalam mulut, sehingga menyebabkan munculnya jamur dengan jumlah banyak di mulut bayi.
    • Jamur juga bisa disebabkan oleh sistem imun bayi yang masih belum sempurna, sehingga membuat jamur mudah tumbuh.

Mengatasi Lapisan Putih pada Lidah Akibat Jamur

Jika Ibu mendapati lapisan putih pada lidah bayi disebabkan oleh jamur, tak perlu terlalu khawatir, Bu, karena umumnya tidak berbahaya dan gampang diobati. Untuk menghilangkan jamur tersebut, dokter akan meresepkan obat antijamur dalam bentuk tetes untuk dioleskan pada lapisan putih yang terdapat di dalam mulut bayi.

Agar bekerja dengan optimal, berikan obat tersebut 30 menit sebelum bayi menyusu. Ibu juga harus selalu menjaga kebersihan puting payudara, dot dan botol, serta peralatan makan bayi supaya tidak terserang jamur yang dapat berpindah ke mulut bayi.

 

Kebersihan mulut buah hati harus dijaga dengan baik sejak dini. Cara membersihkan lidah bayi dengan benar pun harus Ibu ketahui supaya bisa selalu menjaga kebersihan mulut bayi. Bukan sebuah pekerjaan yang mudah, tapi Ibu tetap harus selalu mencoba dan bersabar, terlebih saat giginya sudah mulai tumbuh nanti. Selamat mencoba tips di atas ya, Bu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar bayi, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu. Selamat mencoba.

Sumber:

Sehatq

Alodokter