Whatsapp Share Like Simpan

Mengajarkan belajar membaca anak TK merupakan salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Keterampilan ini sangat penting untuk dikuasai anak karena akan berpengaruh pada proses belajarnya. Belajar membaca anak TK pasti akan didapatkan di sekolah. Namun anak juga harus belajar membaca di rumah di bawah bimbingan Ibu supaya ia bisa cepat menguasainya.

Mungkin untuk sebagian Ibu, membiasakan belajar membaca anak TK seperti tantangan yang harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Tapi, tenang saja ya, Bu, artikel ini akan membantu Ibu mengatasi masalah terkait menghadirkan minat anak untuk belajar membaca tersebut. 

Tips Belajar Membaca Anak TK Lebih Menyenangkan

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan untuk mengajarkan membaca anak TK dengan lebih menyenangkan, antara lain:

  • Carilah waktu belajar yang tepat

    Supaya proses belajar membaca anak TK lebih efektif, maka mengajari anak haruslah dilakukan di waktu yang tepat. Carilah waktu-waktu dimana mood belajar membaca sedang baik, anak tidak sedang mengantuk, lapar, atau lelah. Jika mood anak sedang kurang baik, maka si kecil pun akan cenderung kurang bisa berkonsentrasi dan merasa malas untuk belajar. Alhasil, Ibu pun jadi tidak bisa mengajarinya secara optimal yang nantinya berdampak pada proses pembelajaraan di TK.

  • Ciptakan suasana yang Ceria

    Setelah menemukan waktu belajar membaca anak TK yang tepat, penting bagi Ibu untuk menciptakan suasana belajar yang ceria dan menyenangkan. Bagaimana caranya? Bisa dengan belajar di tempat yang segar, seperti di teras belakang sambil dikelilingi oleh hijaunya pepohonan dan semilir angin.

    Artikel Sejenis

    Ibu juga tidak perlu terlalu tegang dan galak saat mengajarkan belajar membaca anak TK. Meski si Kecil menjadi cepat bisa, tapi cara tersebut akan membuatnya merasa takut dan tertekan sehingga dapat menjadi beban di benaknya. Ia akan menganggap belajar bersama Ibu adalah saat yang tidak menyenangkan. Lebih baik ajari anak sambil sesekali mengajaknya bercanda, tertawa, dan sering memuji saat ia berhasil memahami yang Ibu ajarkan.

  • Memperkenalkan huruf alfabet

    Langkah awal belajar membaca anak TK tentunya harus mengenal huruf terlebih dulu. Oleh karena itu Ibu harus memperkenalkan semua huruf alfabet kepada anak mulai dari bentuk dan cara pelafalannya yang benar. Memperkenalkan huruf alfabet jadi cara yang baik untuk menstimulasi keinginan anak belajar membaca. 

    Pasalnya, huruf alfabet memiliki jumlah yang cukup banyak, maka mengajarinya harus secara bertahap. Misalnya dalam hari lima huruf saja, yang penting anak benar-benar menguasainya. Selain membaca, mintalah anak juga menuliskan huruf-huruf tersebut supaya ia bisa lebih cepat menghafalkannya.

  • Menghafalkan suku kata

    Setelah berhasil menghafal semua huruf, maka tahapan selanjutnya belajar membaca anak TK adalah menghafalkan suku kata. Ajari ia suku kata mulai dari konsonan B sampai Z serta vokal a, i, u, e, o. Contohnya seperti ba, bi, bu, be, bo, ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya. Dalam tahapan menghafal suku kata ini akan memudahkan anak untuk membaca tiap kata secara utuh.

    Baca juga: Usia Tepat bagi Anak Belajar Mengenal Huruf dan Angka

  • Mengajarkan cara membaca suku kata yang bervariasi

    Lanjutkan dengan tahapan membaca suku kata yang bervariasi, seperti ba-ca, ma-ma, da-ri, ba-ju, dan lainnya. Hindarilah memberikan suku kata yang memiliki akhiran konsonan mati. Lebih baik latih anak dengan suku kata yang variatif dan sederhana hingga ia lancar terlebih dulu. 

    Tahapan belajar membaca anak TK ini akan memerlukan banyak kesabaran karena jika Ibu terlalu memaksakan anak bisa saja merasa bosan. Jadi sebaiknya ajarkan sedikit demi sedikit, lalu naikkan jumlah variasinya saat ia sudah mulai lancar membaca.

  • Memperkenalkan suku kata dengan konsonan mati

    Langkah mengajarkan belajar membaca anak TK selanjutnya yaitu dengan memperkenalkan cara membaca suku kata dengan konsonan mati, misalnya yang mengandung “ny” dan “ng”. Pada awalnya anak mungkin akan mengalami kesulitan saat membacanya, tapi bila dilatih terus ia pasti akan menunjukkan perkembangan. Di tahapan ini anak akan membutuhkan bimbingan yang tekun dari Ibu di rumah, sebab bisa jadi ia kurang mampu memahaminya saat di sekolah.

  • Membaca kata utuh 

    Selanjutnya, Ibu juga perlu mengajarkan belajar membaca anak TK dengan membaca kata utuh. Anak awalnya akan mengeja beberapa huruf sampai bisa menjadi kata utuh. Langkah ini adalah cara alami yang anak lakukan supaya dapat membaca kata secara benar. 

    Ibu pun perlu melakukan pengawasan supaya anak tidak mengalami kesalahan dalam membaca. Latih ia membaca kata secara utuh hingga benar-benar lancar, lalu lanjutkan dengan mengajari ia membaca kalimat pendek.

  • Selingi dengan permainan

    Belajar membaca anak TK mungkin akan membosankan dan jenuh. Oleh karena itu, Ibu perlu menyiasati hal ini dengan memberikan si Kecil selingan permainan. Gunakanlah alat bantu seperti puzzle atau flash card huruf yang disusun berderet hingga membentuk kata. Hal ini akan memberikan variasi cara belajar agar suasananya menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton.

    Baca Juga: 4 Cara Belajar untuk si Kecil yang Menderita Disleksia

  • Jangan terlalu memaksa

    Melatih belajar membaca anak TK memang memerlukan kesabaran dan ketekunan, Bu. Untuk itu jangan terlalu memaksa saat anak sudah merasa kesulitan dan terlihat lelah. Ajari secara perlahan-lahan tapi rutin untuk mencegahnya merasa terpaksa dalam belajar. Melatih ia membaca juga tidak harus di rumah.

    Saat bepergian misalnya, cobalah menunjuk sebuah kata yang Ibu temui di jalan untuk ia baca. Dengan begitu, setelahnya ia pun akan berusaha untuk membaca kata-kata yang ia lihat kapanpun dan dimanapun.

Itulah tips melatih belajar membaca anak TK yang menyenangkan, Bu. Semoga tips di atas dapat membantu Ibu yang kini sedang mengajari anak, ya. Tetap semangat dan semoga buah hati cepat lancar membaca.

Manfaat Belajar Membaca untuk Anak TK

Berikut ini manfaat belajar membaca anak TK yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil: 

  1. Mengembangkan kreativitas

    Mengajarkan belajar membaca anak TK ternyata bisa mengembangkan kreativitas si Kecil sejak dini lho, Bu. Sebagaimana yang Ibu ketahui, bahwa anak-anak memiliki inspirasi dan imajinasi yang kuat. 

    Namun, ada kalanya imajinasi tersebut tidak dapat dikembangkan dan dituangkan secara baik dan sesuai. Dengan mengenalkan aktivitas belajar membaca sedari dini, Anak akan lebih mudah dan terlatih dalam mengembangkan imajinasi serta kreativitasnya. 

  2. Memahami konteks dengan baik

    Mengenalkan aktivitas belajar membaca anak TK juga bisa melatih si kecil untuk memahami konteks baik dari lisan maupun tulisan. Pemahaman konteks ini secara tidak langsung akan membuat anak menganalisa sebuah situasi di dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga anak bisa lebih siap untuk membuat keputusan baik, terlebih lagi di taman kanak-kanak yang mengharuskan si kecil bersosialisasi dengan anak yang lain.

  3. Meningkatkan konsentrasi

    Manfaat belajar membaca anak TK yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan konsentrasi si Kecil. Dalam masa tumbuh kembang, tingkat konsentrasi yang tinggi dan baik sangat dibutuhkan oleh buah hati. 

    Dengan rajin membaca, perkembangan otak si Kecil akan terus meningkat dan konsentrasinya semakin baik. Oleh karena itu, Ibu perlu mengajarkan cara belajar membaca anak TK seperti yang dijelaskan di atas. 

Pastikan juga kebutuhan nutrisi DHA untuk si Kecil terpenuhi, ya Bu. DHA adalah asam lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3 yang merupakan nutrisi utama untuk membantu fungsi otak.

Nah, DHA berperan penting untuk mengoptimalkan kecerdasan otak dan kesehatan retina mata si Kecil. Penuhi kebutuhan harian DHA dengan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena memiliki DHA 4x lebih tinggi!

Selain DHA 4x lebih tinggi, Frisian Flag PRIMAGRO 3+ satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk memaksimalkan perkembangan otak serta kecerdasan.

Selain itu susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap.

9 Asam Amino Esensial (9AAE) adalah komponen protein esensial yang berperan penting dalam fungsi dasar tubuh, yaitu untuk perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang si Kecil. Mengapa 9AAE harus dipenuhi secara lengkap? Karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, Bu. Jadi, nutrisi ini harus didapatkan dari makanan berprotein tinggi dan harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. 

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology Information yang menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat hormon pertumbuhan sebanyak -50%. 9AAE yang lengkap bisa Ibu dapatkan dengan mudah dari Frisian Flag PRIMAGRO 3+.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Untuk tambahan info, Ibu bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz