Sebagai salah satu buah tropis yang memiliki rasa asam manis segar, salak banyak digemari, terutama di Indonesia. Sama seperti buah tropis lainnya, salak juga punya banyak vitamin yang tersimpan di dalamnya. Selain memenuhi nutrisi melalui konsumsi buah, pastikan Ibu juga minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE),  yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Salak merupakan salah satu buah tropis yang nampak jarang dikonsumsi sebagai penambah nutrisi Ibu hamil. Meski begitu, beberapa Ibu mungkin mengidam buah yang satu ini. Nah, bolehkah ibu hamil makan salak? Yuk, bu, kita kupas satu per satu tentang buah satu ini. Tapi sebelum itu, pastikan Ibu minum susu khusus Ibu hamil Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE),  yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Nutrisi Buah Salak dan Manfaatnya

Memiliki kulit bersisik berwarna hitam, rasa dari buah salak ternyata tidak semengerikan tampilan luarnya. Buah yang biasanya ditemukan di dataran rendah ini memang memiliki rasa yang tak kalah enak dibanding buah lainnya. Rasanya yang asam manis segar membuat buah salak sering dijadikan asinan, manisan, atau dimakan langsung. 

Namun, beberapa informasi yang beredar buah salak tidak dianjurkan untuk dimakan dalam jumlah banyak karena bisa mengakibatkan konstipasi pencernaan. Beberapa dari Ibu-Ibu juga pasti merasa ragu dan berpikir, bolehkah Ibu hamil makan salak? Sebelum membahas boleh atau tidaknya, Ibu perlu tahu juga apa saja manfaat dan nutrisi yang terkandung dari buah salak. 

Selain rasanya yang nikmat, buah salak ternyata punya banyak manfaat, Bu. Nutrisi yang terkandung dalam buah salak cukup lengkap, lho. Mulai dari serat, protein, gula, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin C & A, serta berbagai antioksidan yang bagus untuk tubuh. 

Artikel Sejenis

Selain itu, buah salak ternyata juga bagus untuk program penurunan berat badan, karena pada 100gr buah salak hanya mengandung 82 kalori yang terdiri dari karbohidrat, 4% lemak, dan 1% protein. 

Jadi, secara tidak langsung, dengan mengonsumsi buah salak bisa memberi banyak manfaat pada Ibu, seperi membantu melancarkan pencernaan, mengantur gula darah, dan membantu proses penurunan berat badan.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Sebelum menjawab, bolehkah Ibu hamil makan salak, ada beberapa manfaat penting dari mengonsumsi buah salak yang Ibu perlu tahu. 

  1. Meningkatkan Memori

    Kandungan mineral, beta karoten, kalium, dan pektin, salah satu jenis serat yang akan larut atau berubah menjadi gel saat dicampur dengan cairan, yang terkandung pada salak ternyata dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kognisi, dan meningkatkan daya ingat. Bahkan, buah salak juga kerap dijuluki buah memori, lho!

  2. Meningkatkan metabolisme

    Melansir Organics Facts, beberapa penelitian menemukan bahwa salak ternyata bisa membantu meningkatkan dan merangsang metabolisme yang akan memberikan dorongan kuat untuk memaksimalkan energi seseorang. Ya, ini semua berkat kandungan karbohidrat di dalamnya yang bisa menjaga stamina supaya tetap stabil dan tidak lesu sepanjang hari.

  3. Menjaga kesehatan mata

    Jika biasanya buah dengan beta karoten memiliki warna kulit oranye, tidak dengan buah salak. Buah satu ini diam-diam juga memiliki antioksidan dan beta karoten yang memiliki manfaat besar untuk mata. Salah satunya, salak bisa dijadikan makanan dalam program diet untuk mengurangi risiko katarak progresif dan degenerasi makula, suatu penyakit mata yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

  4. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Mengandung kadar vitamin C yang penting untuk tubuh, mengonsumsi buah salak ternyata juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Tak ketinggalan, salak juga memiliki antioksidan seperti karotenoid dan likopen yang dapat menangkal radikal bebas yang berpotensi untuk merusak sel DNA pada tubuh.

  5. Mengontrol diabetes

    Mengandung serat yang tinggi, salak ternyata menjadi buah yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, saat mengonsumsi buah salak, perut akan terasa cepat kenyang dan mengontrol keinginan untuk ngemil secara terus menerus. Selain itu, berkat kandungan serat pada salak, buah ini bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik pada usus dan membuat tekstur tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Lalu, Bolehkah Ibu Hamil Makan Salak?

Di masa kehamilan awal, beberapa Ibu memang cenderung menginginkan makanan atau buah yang segar untuk mengurangi rasa mual. Dan salak menjadi salah satu makanan yang kerap dicari Ibu hamil. Jadi, jika selama ini berpikir “bolehkah Ibu hamil makan salak?”, tentu saja jawabannya boleh. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsusmi buah salak dapat membantu Ibu dalam meredakan mual.

Sederet kandungan nutrisi dan manfaat pada buah salak justru bagus untuk dikonsumsi Ibu hamil karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan tumbuh kembang janin, dan menjaga stamina Ibu agar tetap prima selama kehamilan. Beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah jumlah konsumsi dan cara memakannya.

Ada beberapa tips yang Ibu bisa perhatikan saat mengonsumsi salak di masa kehamilan, di antaranya adalah:

  • Salak memiliki duri yang tajam pada kulitnya dan berisiko melukai tangan. Sebaiknya mintalah bantuan kepada orang lain untuk mengupasnya.
  • Selalu cuci buah salak sebelum dimakan
  • Pilih buah salak yang sudah matang dan masih segar. Hindari mengonsumsi salak yang sudah disimpan terlalu lama, karena dikhawatirkan buah tersebut sudah menguning dan busuk.
  • Paling penting, jangan buang lapisan tipis pada salak. Lapisan inilah yang memiliki peranan penting untuk mengurangi risiko terjadinya sembelit.

Selama masa kehamilan, Ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi maksimal 3 buah salak dalam sehari. Namun, tak hanya buah salak saja, Ibu hamil juga boleh diselingi untuk mengonsumsi buah lainnya untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Buah yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Nah, selain buah salak yang kaya akan nutrisi dan manfaat, masih ada banyak buah lain yang bisa dikonsumsi Ibu hamil. Melansir dari Medical News Today, masih ada beberapa pilihan buah yang memiliki manfaat esensial untuk Ibu hamil dan tumbuh kembang janin selama masa kehamilan, di antaranya adalah:

  • Jeruk

    Buah kaya akan vitamin C ini mampu menjaga hidrasi dan keseimbangan cairan pada Ibu hamil. Ada juga kandungan asam folat yang mampu memperkuat perkembangan otak pada janin.

  • Mangga

    Selain jeruk, ada mangga juga yang kaya akan vitamin C dan A untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada janin dan menekan risiko komplikasi pasca kelahiran.

  • Pear

    Buah pear mengandung serat yang mampu memenuhi kebutuhan serat harian untuk memperlancar pencernaan. Ada kandungan kalium juga yang bisa membantu kesehatan jantung pada Ibu dan janin.

  • Alpukat

    Buah terakhir adalah alpukat yang kaya akan vitamin C, E, B, dan K, serta kalium dan lemak sehat untuk meningkatkan energi pada Ibu, meningkatkan perkembangan otak bayi, dan membantu meredakan kram kaki di trimester ketiga kehamilan.

  • Apricot

    Dalam 1 buah apricot mengandung beragam vitamin, seperti A, C, dan E, serta kalsium, beta karoten, dan zat besi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin, mencegah anemia, dan memperkuat pertumbuhan tulang.

Selain mengonsumsi buah salak atau buah lainnya, jangan lupa untuk menjaga kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi air mineral dengan cukup, minimal 10 gelas per hari. Selain itu, mengonsumsi vitamin tambahan yang kaya akan nutrisi juga turut direkomendasikan. Salah satunya susu Frisian Flag PRIMAMUM 

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin,  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta  9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng  untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Ibu sudah tahu belum, kapan si Kecil akan lahir? Jika belum, yuk cari tahu hari perkiraan lahir si Kecil dengan menggunakan Kalkulator Kehamilan yang ada pada Akademi Keluarga Prima. Tak hanya tahu kapan si Kecil akan lahir, fitur ini juga membantu Ibu dalam mengetahui sudah sejauh mana perkembangan janin di dalam kandungan. Yuk, coba sekarang di halaman sini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.