Whatsapp Share Like Simpan

Sebelum si Kecil berusia 6 bulan, biasanya Ibu udah mulai membaca hal-hal yang harus disiapkan untuk MPASI pertama, mulai dari peralatan, cara memasak, do’s & don'ts, inspirasi menu harian, dan lain sebagainya. Pasti Ibu udah nggak sabar melihat si Kecil makan MPASI pertamanya, kan? 

Meskipun kelihatannya gampang, tapi menyiapkan MPASI pertama si Kecil nggak semudah itu lho, apalagi kalau si Kecil nggak mau makan MPASI yang udah Ibu buat. Duuuh… Rasanya pasti bingung banget, harus bikin MPASI yang gimana lagi supaya si Kecil mau makan? 

Eits, tapi tenang ya Bu, karena ada penjelasan lengkap mengenai panduan dan tips menyiapkan MPASI pertama agar memudahkan Ibu. Mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini! 

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk MPASI Pertama?

Sebelum mengolah menu MPASI pertama si Kecil, sebaiknya Ibu memerhatikan beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain: 

  • Lihat kesiapan si Kecil

    Seperti yang udah Ibu ketahui, MPASI pertama bisa diberikan saat si Kecil berusia 6 bulan, ya. Pada usia ini, saluran pencernaan si Kecil udah cukup berkembang hingga bisa mencerna MPASI dengan baik.

    Artikel Sejenis

    Kalau Ibu ingin memberikan MPASI sebelum si Kecil berusia 6 bulan, dikhawatirkan bisa berbahaya karena pencernaan si Kecil belum siap menerimanya. Selain usia, kesiapan si Kecil untuk mengonsumsi MPASI bisa Ibu lihat dari beberapa tanda berikut:

    • Suka memasukkan tangan atau mainan ke dalam mulut
    • Udah bisa duduk dan menahan kepalanya dalam posisi tegak, meskipun masih membutuhkan sandaran untuk menahan tubuhnya
    • Tertarik saat melihat Ibu makan
    • Si Kecil membuka mulut saat Ibu mencoba mendekatkan makanan atau sendok ke mulutnya
    • Bisa meraih makanan dan memasukkannya ke dalam mulut
  • Ketahui makanan pertama yang tepat

    Meskipun si Kecil terlihat sudah bisa mengonsumsi makanan padat, bukan berarti Ibu bebas memberikannya berbagai jenis makanan. Sebaiknya Ibu memberikan MPASI pertama yang teksturnya sangat halus dan lembut, agar pencernaan si Kecil bisa mencerna dengan baik.

    Secara bertahap, Ibu bisa mengubah tekstur makanan yang semula lebih lembut dan cair menjadi semakin padat, tentunya harus disesuaikan dengan usia si Kecil, ya. Untuk MPASI pertama, Ibu disarankan untuk memberikan si Kecil bubur khusus bayi atau puree. 

  • Siapkan peralatan untuk menyiapkan MPASI

    Satu hal yang tak kalah penting yaitu menyiapkan peralatan makan untuk si Kecil. Dalam hal ini, bukan berarti Ibu harus ‘kalap’ membeli semua peralatan yang menarik, sebaiknya beli yang memang dibutuhkan, di antaranya:

    • Alat untuk menyiapkan MPASI, seperti slow cooker, blender, saringan, dan lainnya
    • Frozen food box 
    • Sendok makan bayi
    • Kain liur atau celemek
    • Cangkir plastik atau botol minum
    • Mangkuk plastik

Tips Menyiapkan MPASI Pertama yang Mudah

Gimana, Bu? Sudah menyiapkan hal-hal di atas? Nah, sekarang saatnya Ibu mengetahui tips untuk menyiapkan MPASI pertama supaya lebih mudah, antara lain: 

  • Buat jadwal MPASI harian

    Saat memasuki fase MPASI pertama, mungkin sebagian Ibu akan bersemangat menyiapkan peralatan dan bahan-bahannya. Tapi, seiring berjalannya waktu, terkadang Ibu mulai bingung mau membuat menu MPASI apa lagi nih. 

    Supaya Ibu nggak bingung, lebih baik buat jadwal harian untuk mengolah MPASI pertama. Selain memudahkan Ibu, jadwal harian juga jadi mempercepat proses pengolahannya. Coba bayangkan kalau setiap hari Ibu bingung, pasti waktunya dihabiskan untuk melihat inspirasi menu-menu di internet, kan? 

  • Siapkan bahan-bahan MPASI lebih awal

    Setelah membuat jadwal harian, tips selanjutnya yaitu menyiapkan bahan-bahan MPASI pertama lebih awal. Sama seperti sebelumnya ya, Bu, tujuan dari tips ini yaitu memudahkan Ibu saat mengolah menu MPASI untuk si Kecil. 

    Misalnya, Ibu sudah menyiapkan bahan-bahan masakan di malam hari untuk diolah menjadi menu MPASI besok paginya. Pastikan bahan-bahan tersebut bisa tahan semalaman, atau lebih baik masukkan ke dalam lemari pendingin. 

  • Siapkan kaldu MPASI homemade 

    Tips yang tak kalah penting yaitu membuat kaldu ayam homemade. Ibu pasti ingin menu MPASI pertama si Kecil kaya akan nutrisi dan terjamin kualitasnya, kan? Daripada menambahkan kaldu instan, lebih baik Ibu membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang segar dan alami. 

    Setelah kaldu MPASI pertama sudah dibuat, sebaiknya tuangkan kaldu tersebut ke dalam cetakan berbentuk es batu dan masukkan ke dalam freezer, tujuannya agar kaldu bisa digunakan untuk beberapa hari ke depan. 

  • Nggak memaksa si Kecil untuk menghabiskan MPASI

    Pemberian MPASI sebaiknya dilakukan dengan cara responsif ya, Bu, artinya Ibu disarankan untuk memberikan MPASI pertama saat si Kecil mulai lapar dan berhenti memberikannya saat ia mulai kenyang atau menolak untuk makan. Supaya lebih mudah, Ibu bisa mengikuti jadwal harian agar makannya lebih teratur. 

    Saat memberikan MPASI pertama, Ibu harus ekstra sabar karena pengenalan makanan biasanya membutuhkan waktu yang nggak singkat lho. Selain itu, menyuapi si Kecil pun harus secara perlahan dan nggak terburu-buru, agar si Kecil nggak tersedak ya, Bu. 

Hal lain yang harus Ibu perhatikan yaitu memberikan berbagai variasi pilihan rasa dan jenis makanan sehat agar si Kecil bisa mengenal lebih banyak rasa dan melatihnya untuk tidak menjadi ‘pemilih makanan’ atau picky eater. Pastikan juga MPASI pertama yang diberikan kepada si Kecil selalu bersih, segar, tidak terlalu panas, dan mengandung nutrisi yang prima.

Ibu juga perlu memahami bahwa MPASI pertama ini sifatnya sebagai pendamping, bukan untuk menggantikan asupan ASI sebagai sumber nutrisi utama bagi bayi. Ibu tetap harus menyusui si Kecil hingga usianya 2 tahun. 

Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan nggak bikin Ibu merasa enek atau mual.

Ibu pasti ingin melihat tumbuh kembang si Kecil lebih prima, kan? Nah, sebaiknya Ibu bergabung dalam Akademi Keluarga Prima supaya bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, bahkan sejak masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil.

Di Akademi Keluarga Prima, Ibu bisa mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan, karena di dalamnya terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan dengan mudah, salah satunya fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang berguna untuk memantau tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Yuk, coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz