Share Like
Simpan

Tahukah Ibu, berat badan ideal bayi menjadi salah satu ukuran kesehatan si Kecil. Oleh sebab itu, Ibu tentu khawatir ya, jika berat badan si Kecil tak kunjung bertambah sering pertambahan usianya. Daripada terus bertanya-tanya, yuk, simak info seputar berat badan si Kecil kesayangan yang saya dapatkan saat konsultasi dengan dokter berikut ini.

Proses Pertumbuhan Bayi ASI Eksklusif

Saat konsultasi, dokter menginfokan bahwa bayi yang diberikan ASI Esklusif bisa tumbuh dengan cepat pada 2-3 bulan pertama. Namun, di bulan berikutnya, kenaikan berat badan si Kecil cenderung melambat. Sebaliknya, si Kecil yang diberi asupan susu formula pertumbuhannya lebih lambat di bulan pertama, namun meningkat di bulan berikutnya. Hal ini lah yang membuat berat badan bayi ASI Eksklusif seolah sulit bertambah.. 

Standar Kenaikan Berat Badan pada Bayi ASI Eksklusif

Lalu, bagaimana standar kenaikan berat badan bagi si Kecil? Berikut penjelasan dokter yang saya dapatkan.

  • Beberapa hari setelah lahir, bayi mengalami penurunan berat badan. Namun, secara perlahan akan kembali ke angka awal (saat bayi baru lahir) dalam waktu 10 hari.
  • Di usia 3-6 bulan, berat badan akan mengalami penurunan, tetapi setiap minggu selanjutnya, si Kecil akan mengalami kenaikan berat badan antara 105-147 gram.
  • Pada usia 6-12 bulan, kenaikan berat badan semakin kecil, yakni sekitar 70-91 gram per minggu.

Posisi Menyusui agar Pemberian ASI Optimal

Selain rajin pumping atau memompa ASI, Ibu juga dapat memastikan hal berikut ini saat memberikan ASI. Jadi, asupan yang ia terima lebih optimal, sehingga berat badan si Kecil ideal di masa ASI Ekslusif.

  • Pastikan Posisi Tubuh Ibu Sudah Benar

Supaya Ibu tidak cepat lelah, pastikan duduk secara rileks. Hal ini dilakukan agar Ibu tidak kram atau pegal. Selain itu, posisi ini membantu si Kecil menyusui lebih lama dan jumlah ASI semakin banyak.

  • Posisikan Tubuh si Kecil dengan Benar

Topang tubuh si Kecil dengan kedua tangan. Arahkan bagian puting payudara ke area pipi dan dagu agar ia terangsang membuka mulut. Usahakan sebagian areola (kulit berwarna gelap di sekitar puting) bawah ikut dihisap ya, Bu. Saat bagian ini mendapat tekanan, jumlah ASI bisa semakin banyak. Selain itu, untuk menambah kuantitas ASI, Ibu bisa mengonsumsi makanan sehat serta susu Ibu hamil dan menyusui, seperti Frisian Flag Mama. Susu bercita rasa cokelat ini membantu Ibu memenuhi kebutuhan Protei­­­­­n, Serat Pangan, Zat Besi, serta Kalsium di masa menyusui, Selain itu, susu ini diperkaya Asam Folat yang baik untuk menutrisi otak si Kecil.

Nah, itulah info seputar kenaikan berat badan ideal bayi ASI Eksklusif yang saya dapatkan dari dokter. Semoga bisa membantu Ibu menjawab pertanyaan ketika berat badan si Kecil tidak bertambah, ya!