Share Like
Simpan

Memastikan si Kecil tumbuh sebagai anak yang pintar merupakan dambaan setiap orang tua. Berbagai cara pun dilakukan Ibu dan Ayah untuk mendukung perkembangannya berjalan optimal. Salah satu metode yang dipercaya dapat merangsang kecerdasan si Kecil adalah memperdengarkannya musik klasik.

Sama seperti saya, Bu. Sewaktu hamil dulu, saya sering sekali mendapat nasihat agar memutar musik klasik untuk diperdengarkan kepada si Kecil. Ternyata, tak hanya musik klasik saja, Bu,. jenis-jenis musik yang lain juga memiliki manfaat tersendiri bagi tumbuh kembangnya. Selain membantu perkembangan otak, musik secara umum juga dapat mengubah suasana hati dan menenangkan si Kecil. Hm, kira-kira apa saja ya musik yang baik untuknya? Berikut saya punya ulasannya.

  • Musik Jazz

Irama musik jazz yang menenangkan ternyata sangat pas untuk membantu ia relaks dan beristirahat dengan baik. Oleh karena itu, saat ini banyak aransemen baby jazz yang khusus diciptakan untuk pengantar tidur si Kecil. Beragam instrumen musik yang digunakan dalam genre ini seperti piano, trompet, dan gitar juga bermanfaat untuk merangsang kepekaannya, Bu.

  • Musik Etnik

Musik ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda di setiap daerah. Iramanya yang cepat, dapat membuat si Kecil bersemangat dan ceria. Sambil mendengarkan musik ini, Ibu bisa menggoyang-goyangkan tangan dan kaki si Kecil yang sekaligus berguna untuk melatih gerak motoriknya. Sebagai inspirasi, Ibu bisa mengunduh musik tradisional Indonesia ataupun musik dari berbagai daerah seperti Brazil, Afrika, dan India.

  • Musik Favorit Ibu

Tentu akan menyenangkan jika musik favorit Ibu juga disukai oleh si Kecil. Sejak dini, putarkanlah lagu-lagu Ibu sepanjang masa. Saran saya, pilihlah lagu-lagu dengan ritme sederhana dengan lirik yang positif. Pertimbangkan pula suasana hati si Kecil ketika memilih musik yang akan diputar ya, Bu.

  • Nyanyian Ibu

Si Kecil bisa jadi fans nomor satu untuk aneka nyanyian Ibu. Tak perlu malu-malu, Ibu bisa bebas mengekspresikan diri di hadapannya tanpa takut dikritik. Faktanya, menyanyikan lagu untuk si Kecil bisa membantunya mengenal bahasa serta merangsangnya untuk bersuara dan mengeluarkan kata-kata. Baik, bukan?

Ternyata, aktivitas sederhana seperti mendengarkan musik saja bias memberikan banyak manfaat, ya. Tak hanya baik untuk menstimulasi perkembangan otak si Kecil, Ibu juga bisa mempererat hubungan dengannya. Yuk, mendegarkan musik bersama si Kecil!