Whatsapp Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar si Kecil hari ini? Semoga sehat selalu, ya. Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki liburan Tahun Baru. Apakah Ibu berencana untuk mengajak si Kecil liburan? Banyak orang yang menyarankan saya untuk menunda membawa si Kecil liburan. Katanya, daya ingat anak batita masih lemah dan ia tidak akan ingat pernah diajak jalan-jalan saat masih kecil. Ia hanya akan mengingatnya melalui foto yang diambil. Benarkah demikian? Simak ulasan berikut ini yuk, Bu.

Apakah si Kecil Sudah Mampu Mengingat Sejak Usia Dini?

Siapa sangka, si Kecil ternyata sudah memiliki daya ingat yang cukup baik sejak usia dini, lho. Dari artikel online yang saya baca, menurut profesor psikologi dari Temple University, memori si Kecil sudah mulai terbentuk saat ia menginjak usia dua tahun. Pada usia tersebut, si Kecil memiliki kemampuan untuk mengingat seusuatu yang ia lihat atau dengar secara berulang.

Hal Apa yang Membuat si Kecil Mengingat Kenangan Tersebut?   

Tahukah, Ibu? Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi memori si Kecil. Menurut Carole Peterson dari Canada‚Äôs Memorial University of Newfoundland, si Kecil akan lebih mudah mengingat hal yang menyentuh persaannya hingga ia besar nanti. Misalnya, kenangan ketika merayakan liburan bersama Ayah dan Ibu, hari pertama masuk sekolah, dan sebagainya.

Artikel Sejenis

Hal Apa yang Membuat si Kecil Lupa dengan Momen Liburannya?

Bu, tak perlu bersedih ketika si Kecil lupa dengan momen liburan bersama keluarganya, ya. Ibu perlu mengerti bahwa meski si Kecil sudah dapat mengingat sejak berusia dua tahun, namun daya ingatnya baru akan terbentuk sempurna saat ia berusia tujuh tahun, Bu. Kondisi ini dikenal dengan nama childhood amnesia. Meski begitu, jangan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk Ibu mengurungkan niat liburan bersama anak, ya. Meski tidak dapat mengingat waktu liburan bersama keluarga, bukan berarti si Kecil tidak bersenang-senang, lho. Yuk, ciptakan momen liburan berkesan yang dapat si Kecil kenang hingga ia dewasa nanti. Nah, untuk mendukung daya ingat anak, Ibu disarankan untuk memberikan si Kecil makanan yang kaya akan Omega-3 seperti ikan, telur, kacang-kacangan, serta susu pertumbuhan seperti Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Semoga informasi ini membantu ya, Bu!