Share Like
Simpan

Bermain merupakan stimulasi yang sangat berpengaruh terhadap kecerdasan si Kecil. Salah satu jenis mainan yang dapat ibu berikan pada si Kecil adalah otopet. Dengan bermain otopet, anak mendapat kesempatan untuk menggerakkan tubuhnya dengan bebas, yang bermanfaat untuk melatih otot-ototnya dan juga keterampilan fisiknya.. Si Kecil bisa mengatur sendiri arah dan kecepatan otopet, sehingga membuatnya mampu mengeluarkan ekspresi dari dalam dirinya, yang selanjutnya sangat bermanfaat bagi perkembangan jiwa dan kecerdasannya.

Saat bermain otopet, anak-anak juga bisa bermain aktif secara berkelompok, yang secara tidak langsung akan mengajarkan tentang kerja sama dan kepemimpinan. Keuntungan lain yang diperoleh anak, dengan bermain otopet dapat meningkatkan kemampuan anak melalui beberapa perkembangan berikut, yakni:

- Perkembangan fisik
Selama bermain otopet, aktivitas fisik akan menyebabkan perkembangan kemampuan motorik halus dan kasar meningkat, memperbaiki dan mengembangkan kekuatan otot-otot tubuh, serta membantu perkembangan keseimbangan si Kecil. Dengan meningkatnya kemampuan fisik si Kecil akan berpengaruh juga kepada perkembangan rasa percaya dirinya.

- Perkembangan sosial dan emosional
Si Kecil mudah beradaptasi dan senang bermain bersama anak-anak lain. Dengan bermain otopet, anak belajar berkomunikasi dan ‘memecahkan masalah’. Biasanya anak-anak kurang sabar untuk berlama-lama dan ingin cepat-cepat mencapai tujuan. Selama bermain, si Kecil akan membandingkan dirinya dengan teman sebayanya dan belajar untuk kooperatif, yang membutuhkan kontrol-diri dan pengaturan emosionalnya.

- Perkembangan kognitif
Saat bermain otopet, si Kecil bebas mengembangkan kemampuan dan keinginannya, yang akan meningkatkan imajinasinya.

Perkembangan kognitif yang berkaitan dengan kemampuan motorik kasarnya adalah saat ia mengayuh otopet. Saat itu si Kecil seolah-olah sedang mendayung, yang menstimulasi kemampuannya untuk membayangkan hal itu. Kegiatan ini merupakan suatu pengenalan awal yang baik untuk mengembangkan kreasi si Kecil tanpa membandingkan dirinya pada teman-teman sebaya.

Selain manfaat tersebut, kegembiraan anak saat berkendara dengan otopet bisa menjadi sarana kegembiraan keluarga di sore hari. Ibu tentu bisa menemaninya berkeliling kompleks. Kegiataan tersebut bukan hanya akan menyenangkan dan menyehatkan, namun juga akan mempererat hubungan ibu dengan si Kecil.

Tentunya akan semakin menyenangkan bila si Kecil bisa mendapatkan otopet gratis, hanya dengan mengikuti program hadiah dari Komunitas Ibu dan Balita. Karena itu, segera tukarkan dengan poin ibu di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, klik di sini untuk lihat jadwal.