Share Like
Simpan

Kebersihan perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Kebiasaan mencuci tangan maupun kaki setelah bermain di halaman, misalnya, dapat menjadi pelindung si Kecil terhadap cacing yang kerap mengganggu kesehatan. Kenali gejala kecacingan pada anak agar Ibu dapat mengatasinya segera.

Saat si Kecil bermain di tanah tanpa sepatu atau alas kaki, atau makan makanan yang tidak terjaga kebersihannya, dapat menjadi penyebab infeksi cacing atau kecacingan pada si Kecil. Jadi, infeksi kecacingan ini disebarkan melalui rute fekal-oral, yang ditransfer melalui telur cacing dari anus ke mulut, atau secara langsung melalui tangan serta makanan. Telur cacing menjadi infeksius dalam hitungan beberapa jam setelah masuk ke dalam kulit sekitar anus atau juga tidak sengaja ‘menelan’ telur cacing yang menempel pada jari-jari tangan, tersembunyi di bawah kuku jari tangan.

Biasanya kecacingan ini tidak menunjukkan gejala sama sekali, atau hanya berupa gejala ringan dan biasanya terlewatkan oleh Ibu. Si Kecil dengan kecacingan biasanya mengeluhkan perutnya terasa sakit, berat badannya menurun dan mungkin menjadi rewel. Gejala lain yang mungkin timbul, antara lain: napsu makan menurun akibat rasa tidak nyaman pada perut, anemia, mual, terasa gatal sekitar anus (terutama di malam hari), sulit tidur akibat rasa gatal, dan kadang disertai batuk atau diare (namun jarang).

Bila Ibu mencurigai si Kecil mengalami infeksi cacing, coba periksa lubang anus pada malam hari setelah si Kecil tidur. Sinari anusnya dan lihat kemungkinan adanya cacing yang berada di sekiar anusnya dan kadang ibu dapat melihat cacing ada dalam feses si Kecil.

Dokter akan membantu mengatasi infeksi ini dengan memberikan obat, Infeksi ini dapat berulang, sehingga Ibu perlu menerapkan kebersihan dengan baik, diantaranya terapkanlah kebiasaan hidup bersih dan sehat sebagai berikut:

  • Mencuci tangan dengan baik sebelum makan dan sesudah bermain di luar atau sehabis melakukan kegiatan
  • Menjaga kuku jari tetap pendek dan bersih
  • Jaga si Kecil tidak menggigiti kuku jarinya
  • Cegah si Kecil menggaruk bagian anusnya
  • Mencuci kaki sebelum tidur atau setelah melakukan kegiatan di luar rumah terutama saat tidak memakai alas kaki
  • Mengganti popok si Kecil atau pakaian dalam secara teratur
  • Membersihkan lingkungan rumah dengan desinfektan
  • Saat si Kecil ingin bermain di luar, kenakan sepatu atau alas kaki lainnya
  • Cuci sayuran dan buah dengan air bersih
  • Masak makanan dengan baik

 

Kecacingan pada anak sebaiknya tidak dianggap sepele. Bila dibiarkan, infeksi kecacingan ini dapat menjadi berat karena cacing yang tumbuh dalam tubuh si Kecil dapat mengonsumsi atau makan berbagai zat gizi lain yang dikonsumsi oleh si Kecil, sehingga dapat memicu kekurangan gizi pada anak.

Ingat, menjaga kebersihan dalam keluarga menjadi ‘perisai’ utama dalam melindungi si Kecil dari infeksi cacing.