Share Like
Simpan

Mengamati si Kecil tumbuh dan berkembang adalah hal yang paling membahagiakan bagi Ibu. Meskipun pertumbuhannya tidak sepesat saat berusia 6 bulan pertama, namun si Kecil tetap tumbuh dan berkembang sesuai kisaran usianya.

Sebesar dan setinggi apakah si Kecil saat ia berusia 10 – 12 bulan? Saat ini si Kecil akan mengalami pertumbuhan:
• Berat badan bertambah ± 12 gram setiap hari
• Panjang badan bertambah 1,2 cm/bulan
• Lingkar kepala bertambah 0,5 cm/bulan

Saat si Kecil berusia 10 bulan, maka kakinya pun semakin kuat. Tanpa dibantu dan dengan kekuatannya sendiri, ia bisa bangun dari posisi duduk. Ia juga akan belajar berdiri dengan berpegangan pada benda di sekitarnya atau pada Ibu. Ia juga dapat menunjuk benda yang ia inginkan dan mengambil benda dengan atau menjumput benda kecil dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuknya.

Kecerdasannya pun semakin berkembang, dan si Kecil mulai mengerti perintah sederhana. Ia juga telah dapat melambaikan tangan sebagai tanda selamat tinggal.

Di usia 11 bulan, si Kecil telah dapat berdiri tanpa bantuan, dan kaki–kaki kecilnya tertatih-tatih mulai melangkah maju dan berpegangan pada benda. Si Kecil juga dapat diajarkan tepuk tangan ketika menyanyi. Ibu juga dapat memberikan penghargaan berupa tepuk tangan, misalnya bila makannya habis. Ia juga mulai dapat membantu dengan membereskan mainannya dan memasukkannya ke dalam kotak. Si Kecil juga mulai paham arti kata jangan.

Tanpa Ibu sadari, saat si Kecil memasuki usia bulan ke-12 mendekati hari ulang tahunnya, kemampuannya pun sudah semakin bertambah. Kini si Kecil dapat berjalan dengan satu tangan dan dibantu oleh Ibu. Bahkan ia dapat berjalan beberapa langkah sendiri. Saat si Kecil sedang berjalan, terkadang ia akan melepaskan topinya dan menjatuhkannya. Ia juga dapat membantu melepaskan kaos kakinya sehabis bepergian.

Si Kecil mulai dapat mengucapkan beberapa kata lain selain ‘mama’ dan ‘papa’. Perkembangan emosinya mulai tampak jelas dan dapat mengekspresikannya. Saat Ibu minta dipeluk, si Kecil akan memberikan pelukan. Di lain waktu ketika ia sedang asyik bermain atau tidak mau makan, si Kecil akan menggelengkan kepala tanda tidak mau.

Menyaksikan si Kecil tumbuh dan berkembang adalah pengalaman yang menarik. Ibu, perlu mengamati setiap perkembangan si Kecil, walau tidak sama dengan teman sebayanya karena setiap anak adalah unik, namun pada tahapan usia tertentu ia harus dapat melakukan beberapa kemampuan sesuai tahapan usianya. Agar tumbuh kembangnya optimal, maka selain stimulasi, Ibu pun tentu dapat memberikan asupan gizi yang berkualitas tinggi secara seimbang.