Whatsapp Share Like Simpan

Melihat si Kecil memiliki rambut yang lebat dan sehat pasti jadi dambaan orang tua. Tak sedikit pula Ibu yang mencari cara menebalkan rambut bayi agar si Kecil terlihat lebih menggemaskan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi sebaiknya Ibu perlu telaten dan hati-hati karena ada juga lho cara menebalkan rambut yang membahayakan si Kecil.

Sebab, kulit kepala dan rambut bayi masih sangat sensitif sehingga tidak semua bahan-bahan cocok dan aman dioleskan di kepalanya. Bahkan, ada pula bahan yang bisa menyebabkan bayi alergi, sehingga Ibu perlu berhati-hati. 

Lantas, bagaimana cara menebalkan rambut bayi secara aman dan alami? Nah, di artikel ini akan dijelaskan lebih rinci langkah-langkah yang bisa Ibu lakukan di rumah. Dengan catatan, pastikan Ibu mengetahui kondisi kesehatan kulit dan rambut si Kecil terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan tertentu. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Menebalkan Rambut Bayi yang Alami dan Aman?

Berikut ini beberapa cara menebalkan rambut bayi secara alami yang aman, antara lain: 

  • Memenuhi asupan nutrisi yang bayi butuhkan

    Cara menebalkan rambut bayi yang paling aman yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi yang si Kecil butuhkan. Bagi bayi yang berusia 0-6 bulan, nutrisi yang paling penting dan utama adalah ASI eksklusif. Itulah sebabnya, Ibu harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi, khususnya protein hewani, agar ASI yang dihasilkan pun dapat mengandung berbagai nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil.

    Artikel Sejenis

    Saat si Kecil sudah berusia 6 bulan ke atas, maka Ibu perlu memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang mengandung nutrisi seimbang, seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Protein menjadi salah satu zat gizi makro yang berperan penting untuk membangun dan memperkuat rambut, tentunya dengan dukungan nutrisi lain.

    Pada usia tersebut, si Kecil juga tetap dianjurkan untuk mengonsumsi ASI. Oleh karenanya, Ibu perlu meningkatkan kualitas ASI dengan rutin mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. 

    Susu khusus ibu hamil dan menyusui ini pun diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. 

    Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Diperkaya juga dengan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil.

  • Jaga kebersihan kulit kepala bayi dengan tepat

    Menjaga kebersihan kulit kepala si Kecil menjadi poin yang tak kalah penting sebagai cara menebalkan rambut secara alami dan aman. Ibu sebaiknya membersihkan kulit kepala si Kecil menggunakan sampo khusus bayi yang bebas zat kimia berbahaya. Lakukan kebiasaan ini secara rutin agar si Kecil memiliki rambut yang sehat. 

    Jika di bagian kulit kepala si Kecil terdapat kerak, Ibu bisa membersihkannya dengan cara memijat kulit kepala menggunakan sampo saat mandi. Pastikan memijat kulit kepalanya secara lembut dan perlahan, dengan gerakan berputar selama 2 menit.

  • Gunakan minyak kemiri

    Penggunaan minyak kemiri sebagai salah satu cara menebalkan rambut bayi sudah dilakukan secara turun temurun sejak zaman dahulu. Mengapa minyak kemiri bisa menjadi salah satu cara menebalkan rambut secara alami? Sebab, manfaat ini diperoleh dari kandungan asam esensial, serta senyawa linoleat dan linolenat yang terdapat dalam kemiri. 

    Senyawa linoleat dan linolenat dipercaya bagus untuk menjaga kesehatan jaringan kulit kepala dan rambut. Kandungan nutrisi dalam minyak kemiri juga tergolong lebih mudah diserap oleh kulit kepala. 

    Cara menebalkan rambut dengan minyak kemiri sebenarnya cukup mudah, Ibu dapat mengoleskannya di kulit kepala si Kecil sambil melakukan pijatan lembut untuk melancarkan sirkulasi darah di kulit kepalanya. Selain itu, pijatan di kepala juga dipercaya dapat mendukung pertumbuhan rambut bayi yang lebih sehat. 

    Meski minyak kemiri termasuk salah satu cara menebalkan rambut bayi yang mudah, tetapi Ibu harus memilih produk minyak kemiri yang aman, yaitu yang sudah memenuhi standar BPOM serta bebas dari kandungan berbahaya. Pilihlah produk yang organik dan berkualitas. 

    Namun, supaya lebih aman, Ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak kemiri sebagai salah satu cara menebalkan rambut si Kecil. 

  • Gunakan lidah buaya asli

    Ibu pasti sudah tidak asing dengan manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit, bukan? Ternyata lidah buaya juga bisa menjadi salah satu cara menebalkan rambut bayi secara alami lho. Tumbuhan yang disebut aloe vera ini memiliki sejumlah manfaat bagi kulit kepala dan rambut, di antaranya membantu produksi keratin, merangsang pertumbuhan rambut, memperbaiki rambut yang rusak, dan lain sebagainya. 

    Jika Ibu berniat melakukan cara menebalkan rambut si Kecil menggunakan lidah buaya, pastikan gunakan lidah buaya yang alami, bukan produk yang sudah melalui proses produksi seperti produk kecantikan. Hal ini karena dikhawatirkan lidah buaya yang sudah berbentuk kemasan mengandung bahan kimia yang membuat kulit kepala dan rambut si Kecil sensitif.

    Menggunakan lidah buaya alami sebenarnya cukup mudah, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencuci lidah buaya, lalu buang bagian kulitnya. Ambil bagian daging atau gel dari lidah buaya tersebut, lalu haluskan dengan mencampurnya menggunakan air hingga teksturnya kental. Ibu bisa mengoleskan lidah buaya sebagai sampo saat memandikan si Kecil. 

  • Gunakan minyak esensial khusus bayi

    Satu lagi cara menebalkan rambut bayi yang bisa Ibu lakukan sendiri, yaitu dengan menggunakan minyak esensial khusus bayi. Menurut Mayo Clinic, ada beberapa jenis minyak esensial yang bisa dipilih, di antaranya minyak lavender, minyak rosemary, minyak tanaman thyme, dan lain sebagainya.

    Minyak esensial memang bisa menjadi salah satu cara menebalkan rambut bayi, tetapi Ibu perlu memerhatikan kandungan di dalamnya sebelum mengoleskan ke kulit kepala si Kecil. Selain itu, pilihlah minyak esensial yang memang diformulasi khusus bayi, sehingga lebih aman. 

    Satu hal yang pasti, cara menebalkan rambut bayi tidak bisa instan dan dilakukan dengan mudah seperti pada orang dewasa. Sebab, kulit kepala dan rambut bayi masih sangat sensitif, sehingga tidak semua bahan cocok. Bahkan, ada pula bayi yang memiliki alergi pada bahan tertentu. Oleh karena itu, Ibu harus lebih cermat sebelum menggunakan bahan-bahan untuk menebalkan rambut si Kecil.

Selain itu, cara menebalkan rambut bayi juga harus didukung dengan beberapa hal penting lainnya, seperti mencuci rambut si Kecil secara teratur, menggunakan handuk yang lembut, menghindari rambut si Kecil dari paparan lingkungan terlalu sering, serta menggunakan sisir yang tepat. 

Supaya cara menebalkan rambut ini lebih aman, sebaiknya Ibu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya dokter akan memberitahu langkah seperti apa yang aman dilakukan oleh Ibu di rumah. 

Selain menjaga kesehatan rambut si Kecil, Ibu juga bisa lho memantau tumbuh kembangnya dengan memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima yang dapat menemani Ibu dari masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil. Dengan begitu, Ibu bisa memantau tumbuh kembang si Kecil lebih baik, karena sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Cobain fiturnya di sini ya, Bu! 

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz