Share Like
Simpan

Seiring pertumbuhan si Kecil, tentu kita ingin ia tampil percaya diri di lingkungannya, ya. Begitu juga dengan saya dulu. Waktu pertama kali mengajak si Kecil ke pesta ulang tahun teman sebayanya, ada banyak Ibu berlomba-lomba untuk mendandani anaknya jadi yang paling modis dan menarik.

Ketika saya bertanya pada teman-teman, ternyata tak sedikit yang mengalami hal serupa, bahkan sampai punya anggaran khusus untuk membeli pakaian si Kecil. Mereka juga mengaku senang mengaplikasikan berbagai gaya yang sedang tren di kalangan orang dewasa kepada anak-anak.

Tak ada salahnya memang bereksperimen dengan berbagai gaya pakaian pada si Kecil. Namun, Ibu juga perlu memastikan si Kecil nyaman dengan apapun pakaian yang dikenakan supaya aktivitasnya tidak terganggu. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk teliti memilih bahan serta jenis pakaian sesuai kebutuhannya. Nah, untuk mendukung si Kecil tampil modis dan tetap nyaman dengan pakaian yang ia kenakan, Ibu bisa mempertimbangkan beberapa faktor seperti berikut:

  • Kepribadian Anak

Karakter si Kecil sudah bisa dikenali dari tingkah lakunya sehari-hari. Melalui kebiasaannya, ia akan mulai menunjukkan sifat dominan yang menggambarkan kepribadiannya. Selain itu, Ibu juga sebaiknya bertanya langsung kepada si Kecil pakaian seperti apa yang ingin ia kenakan sehari-hari. Aktif meminta pendapat mereka tentang apa yang mereka sukai juga dapat melatihnya untuk lebih luwes dalam menyuarakan opininya lho, Bu.

  • Acara dan Kegiatan

Ibu bisa membiasakan si Kecil menyesuaikan acara yang dihadiri dan aturan berpakaian yang tepat sejak dini. Sebagai contoh, jika Ibu akan menghadiri pesta, padankan kemeja rapi dan celana panjang untuk laki-laki, atau gaun dan rok untuk perempuan. Sementara, jika keluarga akan pergi berolahraga di akhir pekan, ia bisa mulai dipakaikan kaus dan celana berbahan katun, serta sepatu yang nyaman untuk memperkenalkan rutinitas olahraga. Jika Ibu konsisten menerapkan aturan berpakaian ini, maka si Kecil perlahan akan mengenal prinsip dasar kerapian dan kedisiplinan sejak dini.

  • Warna dan Motif Pakaian

Saat memilih pakaian untuk si Kecil, Ibu juga perlu memerhatikan motif dan warna yang sesuai lho, Bu. Jangan sampai, apa yang kita pilih justru terlihat terlalu ramai. Ajak pula si Kecil untuk memilih sendiri warna dan motif yang ia suka. Hal ini bisa membantunya mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri. Menarik, bukan?

  • Bahan dan Ukuran

Bu, sebisa mungkin hindari pakaian yang terlalu ketat untuk si Kecil supaya ia tak merasa sesak dan sulit bergerak. Ibu bisa menyiasati hal ini dengan mengajaknya setiap akan berbelanja pakaian. Ajak si Kecil untuk mencoba satu per satu sampai menemukan pakaian yang pas dan nyaman baginya. Oh iya, ketika berbelanja, usahakan si Kecil sedang dalam suasana hati yang baik ya, supaya ia tak cepat bosan dan menjadi rewel.

Nah, itulah beberapa tips yang pernah saya coba ketika memilih gaya berpakaian sehari-hari si Kecil. Bagaimana dengan Ibu? Jika ada tips lain, yuk bagikan dengan Ibu lain di sini!