Share Like
Simpan

Tak hanya menyenangkan, mewarnai bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil lho, Bu. Selain untuk mengenalkan jenis-jenis warna sedini mungkin, mewarnai dapat mengasah kemampuan motorik halus si Kecil melalui kegiatan memilih, memegang dan menggunakan crayon atau pensil warna. Inilah yang nantinya menjadi dasar pengembangan diri si Kecil untuk belajar menulis kelak.

Masih ada lagi lho, Bu. Mewarnai juga bisa melatih kreativitas si Kecil. Ibu bisa lihat bahwa untuk gambar yang sama, si Kecil bisa memberikan variasi warna yang berbeda-beda. Warna merupakan media si Kecil dalam mengekspresikan perasaannya.

Karena mewarnai memerlukan tingkat konsentrasi tinggi, maka aktivitas ini pun dapat melatih konsentrasi si Kecil. Ia akan terlatih untuk menyelesaikan bidang yang akan ia warnai. Bila si Kecil kurang sabar, ia akan cenderung mengeluh sebelum seluruh bidang selesai diwarnai. Di sini Ibu perlu berperan untuk mendorongnya menyelesaikan bidang yang sedang diwarnai. Berikan dukungan untuk mewarnai semua bidang, atau fokuskan perhatiannya dengan mencoba banyak warna dalam satu bidang. Ketika ia sudah bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan kegiatan mewarnainya, maka di masa depan si Kecil dapat menyelesaikan pelajaran atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Nah, tunggu apalagi? Ayo segera mewarnai bersama si Kecil dengan mendownload gambar Baba yang lucu di sini. Selamat mewarnai!