Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu tentunya sudah tahu, ya, akan kandungan dari buah-buahan. Bagi bayi, buah-buahan sangatlah penting dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembangnya. Di masa MPASI bayi 9 bulan, buah bisa dijadikan camilan yang sehat dan enak. Buah juga bisa menjadi alternatif saat ia mogok makan. Kira-kira apa saja buah untuk bayi 9 bulan tersebut? Cek daftarnya berikut ini ya, Bu:

Pepaya

Tak jarang bayi akan mengalami sembelit saat masa MPASI karena adanya perubahan asupan yang masuk ke perutnya. Daripada memberikan obat, lebih baik obati saja secara alami dengan buah pepaya, Bu. Buah berwarna jingga ini sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan berkat serat yang tinggi di dalamnya. Meski begitu, ada juga bayi yang malah mengalami sembelit setelah mengonsumsi pepaya. Ibu perlu mengamati dulu reaksi bayi. Bila mengalami sembelit, maka hentikan dulu pemberiannya.

Pepaya juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti A, B1, B2, C, dan E serta enzim papain. Teksturnya yang empuk memudahkan bayi untuk memakannya secara langsung. Berikan buah pepaya dalam potongan kecil-kecil dan biarkan ia memakannya sendiri, Bu.

Pisang

Buah hati sedang mogok makan? Berikan pisang saja, Bu. Si kuning dengan rasa manis ini merupakan buah yang paling banyak dianjurkan untuk MPASI bayi, sebab mengandung banyak nutrisi. Diantaranya ada potasium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Buah untuk bayi 9 bulan ini baik untuk dikonsumsi bayi karena dapat membantu perkembangan fungsi otot dan mengoptimalkan detak jantungnya. Pisang juga kaya karbohidrat, sehingga dapat dijadikan makanan pengganti saat ia sedang susah makan. Selain dapat memasok energi, pisang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, lho.

Artikel Sejenis

Pir

Selanjutnya ada buah pir yang memiliki kandungan yang tak kalah dari buah lainnya. Di antara kandungan pir adalah vitamin C, kalsium, kalium, dan fosfor. Pir memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga sangat pas dinikmati di siang hari saat cuaca panas. Untuk MPASI bayi, penyajiannya bisa dengan cara dikupas, lalu potong-potong menjadi kecil. Teksturnya yang empuk akan sangat mudah dimakan oleh bayi.

Alpukat

Buah untuk bayi 9 bulan berikutnya ada alpukat. Memiliki tekstur yang lembut menjadikan buah ini sangat pas untuk menu MPASI bayi 9 bulan. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak baik dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak bayi. Keseimbangan asupan lemak mempengaruhi kecerdasan bayi di masa depan. Apalagi sebanyak 70% otak manusia terdiri dari lemak. Oleh karenanya, alpukat dapat membantu memenuhi asupan lemak yang dibutuhkan bayi.

Apel

Mirip dengan pir, apel juga memiliki tekstur yang empuk, renyah, dan rasanya manis. Belum lagi nutrisi yang dikandungnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, fosfor, dan potasium, membuat buah ini sangat baik untuk jadi menu MPASI bayi. Tak hanya itu, apel juga direkomendasikan untuk mengatasi sembelit pada bayi. Ibu bisa menjadikannya puree atau dipotong begitu saja agar bisa digenggam dan digigit oleh bayi.

Jeruk

Bila bayi Ibu sedang kurang sehat, berikan saja buah jeruk, Bu. Jeruk sangat kaya vitamin C yang mampu meningkatkan imunitas tubuh bayi sekaligus mempercepat proses penyembuhan saat ia terluka. Masih ada lagi, buah ini ternyata juga mengandung banyak mineral yang berfungsi membentuk kolagen di tulang, otot, dan jaringan tubuh lainnya.

Untuk penyajiannya bisa dengan cara diperas untuk diambil airnya atau dikupas dan diberikan satu per satu kepada bayi. Namun ingat, buang dulu bijinya dan bersihkan serat-serat yang menempel ya, Bu.

Mangga

Mangga juga bisa menjadi pilihan buah untuk bayi 9 bulan, lho. Buah berwarna kuning dengan tekstur yang empuk ini mengandung vitamin C, beta karoten, dan kalium. Beta karoten dipakai oleh tubuh untuk memproduksi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan tulang bayi. Sedangkan kalium membantu jantung, otot, dan saraf dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu kalium juga bermanfaat dalam menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan mengatur tekanan darah.

Semangka

Untuk menjaga kesehatan kulit bayi, buah semangka adalah pilihan terbaik, karena ada kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit agar selalu sehat dan bercahaya. Tak hanya itu saja, semangka juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Kiwi

Terakhir, ada buah kiwi yang mungil tapi memiliki banyak kandungan yang baik untuk bayi. Kiwi kaya akan vitamin C, kalium, asam folat, dan serat. Dengan mengonsumsi buah ini, bayi Ibu akan mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih baik, kecerdasan otak yang meningkat, dan pencernaan yang lancar. Dikarenakan rasanya sedikit asam, jadi Ibu bisa mengolahnya menjadi jus dan tambahkan sedikit gula, ya.

Sangat banyak bukan nutrisi dan manfaat buah untuk bayi 9 bulan? Untuk itu jangan pernah absen untuk memberikan buah hati menu MPASI buah-buahan, ya. Jika rutin mengonsumsi buah, maka tumbuh kembangnya bisa lebih optimal.

Ibu bisa berkonsultasi tentang nutrisi, tumbuh kembang, atau topik lainnya seputar anak di laman Tanya Pakar. Di sini pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh pakarnya. Untuk bisa mengaksesnya, registrasi terlebih dulu, ya.

Sumber:
Theasianparent.com