Share Like
Simpan

Saya senang sekali ketika hari libur sudah hampir tiba. Ya, demi perkembangan balita, saya paling senang mengajak si Kecil berwisata ke tempat-tempat yang menyenangkan, baik di dalam kota ataupun luar kota Supaya liburan lebih terasa bermakna, memilih tempat wisata yang edukatif bisa menjadi pilihan. Nah, kali ini, saya akan memberikan beberapa referensi tempat wisata edukatif di Malang dan Surabaya yang bisa Ibu kunjungi saat berlibur.

  1. Kusuma Agrowisata

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Wisata Batu, Malang. Di sini, Ibu bisa mengajak si Kecil merasakan sensasi memetik apel dan merasakan kelezatan apel yang masih segar. Para pemandu juga akan menemani saat berkeliling perkebunan dan menjelaskan tentang tata cara budidaya tanaman buah di kawasan tersebut. Lebih dari itu, tempat yang menyuguhkan hawa sejuk dan menyegarkan ini juga menyediakan wisata outbond, wisata air, dan asyiknya mengendarai ATV (All Terrain Vehicle) sebuah kendaraan bermotor yang terlihat seperti traktor mini dan dapat digunakan untuk berkeliling di area sekitar perkebunan.

  1. Jatim Park 2

Tempat wisata ini memiliki dua zona hiburan, yaitu Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Nah, di Batu Secret Zoo, Ibu dapat mengenalkan berbagai hewan kepada si Kecil, seperti burung, harimau, kuda nil, dan lain-lain. Lalu, di Museum Satwa, ia dapat menyaksikan hewan-hewan yang sudah diawetkan, lalu ditempatkan di lokasi yang menyerupai habitatnya, misalnya serangga, reptilia, dan lain-lain.

     3. Eco Green Park

Berkunjung ke sini, Ibu dan si Kecil akan diajari tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan lewat berbagai wahana seru seperti pengolahan sampah (komposter) dan juga taman biogas, yaitu belajar mengolah kotoran menjadi benda yang lebih bermanfaat seperti pupuk. Tidak hanya perkembangan balita usia 4 tahun yang berkembang lewat ilmu yang didapat, tapi Ibu dan si Kecil juga dapat mengelilingi tempat ini menggunakan sepeda. Lewat bersepeda, ia juga bisa sekaligus berolahraga dengan cara yang menyenangkan. Pada akhirnya, kegiatan ini juga bermanfaat bagi kesehatan balita.

    4. Museum Angkut

Objek wisata satu ini juga kaya akan nilai edukasi yang bisa menjadi bekal bermanfaat untuk mengiringi tahap perkembangan balita. Ya, tempat ini memiliki 10 zona yang mengajak Ibu dan si Kecil bertualang melihat sejarah perkembangan transportasi darat di dunia. Seru sekali!

    5. Kebun binatang Surabaya

Siapa sih, anak yang tidak menyukai kebun binatang dan mengenal berbagai hewan di dalamnya? Kebun binatang ini merupakan tempat wisata yang sangat populer di Surabaya. Dulunya, kebun binatang ini adalah yang terlengkap di Asia Tenggara lho, Bu!

    6. Monumen Kapal Selam

Monumen ini merupakan museum yang menampilkan kapal selam sebenarnya. Dahulu, kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat, karena saya dan si Kecil dapat merasakan pengalaman melihat dan masuk ke kapal selam yang sesungguhnya.

     7. Tugu Pahlawan

Dari berbagai situs perkembangan balita yang saya telusuri, penting bagi Ibu untuk mengenalkan sejarah negara sendiri pada si Kecil . Nah, tugu ini adalah tempat wisata yang pas untuk itu. Tugu yang berbentuk seperti paku terbalik ini dibuat untuk memperingati dan menghormati para prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi perjuangan para pahlawan.

     8. Rumah Batik

Selain sejarah, penting juga untuk memperkenalkan seni budaya khas negara sendiri kepada si Kecil. Salah satu lokasi wisata yang cocok untuk itu adalah Rumah Batik. Berlokasi di  Jalan Tambak Dukuh, tempat ini mempunyai lebih dari 2000 koleksi batik dengan corak dan motif berbeda-beda yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Mempelajari seni juga dipercaya bisa membantu perkembangan balita menjadi lebih baik lho, Bu.

Selamat jalan-jalan bersama si Kecil!