Whatsapp Share Like Simpan

Bagi Ibu yang menyukai sushi, pasti sudah tidak asing dengan ikan salmon. Bukan hanya disukai orang dewasa, ternyata kandungan nutrisi ikan salmon juga baik untuk tumbuh kembang si kecil lho, Bu. Manfaat ikan salmon diketahui punya peranan penting dalam membantu menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai batas. Seperti yang ibu ketahui, ikan merupakan salah satu sumber protein yang mampu diolah oleh tubuh menjadi 9 asam amino esensial atau lebih dikenal dengan istilah 9AAE. Nah, ikan salmon termasuk salah satunya.

Manfaat ikan salmon sebagai sumber makanan kaya akan protein dibutuhkan oleh tubuh guna memproduksi 9 asam amino esensial (9AAE). 9 asam amino esensial (9AAE) ini merupakan bentuk sederhana dari protein yang bisa dicerna oleh tubuh untuk memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dari asupan kaya protein seperti ikan salmon. 

Perlu Ibu ketahui, 9 asam amino esensial (9AAE) ini penting untuk mendukung potensi tumbuh kembang si kecil. Sebuah penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa kekurangan satu jenis 9AAE akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen.Bahkan, kekurangan semua jenis 9AAE juga bisa menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Oleh karena itu, kebutuhan 9AAE pada anak harus tersedia dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa didapatkan dari manfaat ikan salmon untuk membantu memenuhi gizi harian si kecil. Ibu bisa mengolah ikan salmon menjadi menu favorit si kecil agar nutrisi hariannya terpenuhi, serta tambahan asupan dari nutrisi lain supaya lebih seimbang dan optimal. Di bawah ini akan dijelaskan kandungan nutrisi dan manfaat ikan salmon yang penting untuk tumbuh kembang anak.

Kandungan Nutrisi Ikan Salmon

Manfaat ikan salmon dapat menguntungkan si kecil karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

Artikel Sejenis

  • Protein
  • Asam lemak omega 3
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3 
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Vitamin B12
  • Vitamin D
  • Kalium 
  • Selenium
  • Fosfor

Manfaat Ikan Salmon

Sebagai sumber makanan yang kaya akan protein, pastinya manfaat ikan salmon cukup banyak dalam membantu memaksimalkan gizi harian si kecil. Untuk itu, Ibu perlu memberikan ikan salmon sedini mungkin agar nutrisinya bisa tercukupi. Berikut manfaat ikan salmon yang perlu Ibu ketahui:

1. Mengoptimalkan perkembangan otak

Manfaat ikan salmon ini bisa didapatkan karena salmon mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang berperan untuk pembentukan sel otak. Selain itu, omega 3 juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem saraf dan perkembangan retina. Kandungan omega 3 berkaitan dengan kecerdasan dan kinerja kognitif pada masa bayi dan anak-anak. Kandungan protein juga berperan untuk membantu meningkatkan fungsi otak dalam menyerap pesan yang masuk agar lebih optimal. 

2. Meningkatkan massa otot

Seperti yang Ibu ketahui, ikan salmon termasuk sumber protein hewani yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE). 9 asam amino esensial (9AAE) ini dapat meningkatkan perkembangan otot dengan menstimulasi hormon pertumbuhan atau dikenal juga dengan istilah IGF-1. Dengan mengonsumsinya sesuai kebutuhan, maka si kecil pun dapat merasakan manfaat ikan salmon ini di masa mendatang lho, Bu. 

3. Mengontrol berat badan

Protein yang terkandung dalam ikan salmon dapat membantu membuat si kecil merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga ia cenderung tidak mudah merasa lapar di antara waktu makannya. Oleh karena itu, manfaat ikan salmon dapat mengontrol berat badan si kecil sehingga pertumbuhannya akan ideal sesuai dengan usianya. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Selain mengoptimalkan perkembangan otak, kandungan omega 3 dalam ikan salmon juga membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah. Omega 3 bekerja dengan mengurangi peradangan di seluruh tubuh yang dapat menyebabkan pembuluh darah rusak hingga memunculkan penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan penyumbatan pembuluh darah arteri. 

Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) untuk Pertumbuhan Anak

5. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat ikan salmon ini didapatkan dari kandungan protein dan vitamin D yang berperan membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang. Dengan begitu, jika mengonsumsi ikan salmon sesuai kebutuhan akan mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan penyakit sendi. Kandungan ini penting untuk si kecil yang sedang dalam masa tumbuh kembang supaya tulangnya tumbuh sehat dan kuat ya, Bu. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah membentuk antibodi untuk memperkuat sistem imun di dalam tubuh yang bertugas untuk melawan penyakit. Manfaat ini didapat dari senyawa yang bernama selenium. Senyawa ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

7. Mengoptimalkan metabolisme

Selain mengandung asam lemak omega 3, Ikan Salmon juga mengandung vitamin D dan juga selenium. Ketiga kandungan ini akan membantu menstabilkan kadar insulin di dalam tubuh. Dengan begitu, akan berdampak pada penurunan kadar gula dalam darah. Nah, manfaat ikan salmon inilah yang menyebabkan metabolisme di dalam tubuh meningkat.

8. Menjaga kesehatan mata

Selain menjaga kesehatan otak, omega 3 dalam ikan salmon juga berperan penting dalam perkembangan retina. Manfaat ikan salmon ini bisa menjaga kesehatan mata si kecil agar terhindar dari risiko mata lelah dan mata kering. 

Itulah beberapa manfaat ikan salmon yang bisa si kecil dapatkan. Namun, perlu ditekankan lagi bahwa Ibu harus menyeimbangkan kebutuhan nutrisi antara satu sumber makanan dengan makanan lainnya ya. Manfaat ikan salmon tidak akan didapatkan si kecil jika kebutuhannya terlalu sedikit atau terlalu berlebihan. Jika si kecil mengonsumsi ikan salmon berlebihan, justru akan berdampak terhadap kesehatannya lho, Bu. 

Untuk itu, Ibu perlu menyeimbangkan dengan sumber makanan lain, salah satunya susu yang merupakan sumber protein hewani yang membantu menjaga produksi 9 asam amino esensial (9AAE) pada tubuh si kecil. Nah, kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+, nutrisi di dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, untuk mendukung potensi tumbuh kembang optimal si kecil. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya dengan 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, kalsium, magnesium, vitamin D3 untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak agar si kecil lebih pintar, kuat, dan tinggi. Pemberian susu di periode emas pertumbuhannya dapat membantu meningkatkan kebutuhan gizi harian si kecil lho, Bu. Yuk, saatnya minum susu setiap hari!