Whatsapp Share Like Simpan

Ikan gabus adalah ikan air tawar yang memiliki kandungan tidak kalah dari salmon. Ikan yang memiliki banyak sebutan lain ini bisa ditemukan di sungai, rawa, bahkan sawah. Salah satu kandungan utama di dalam ikan gabus adalah protein albumin. Bahkan, protein albumin pada ikan ini memiliki kadar yang tertinggi dibandingkan ikan lainnya. Begitu juga dengan kadar proteinnya yang lebih ternyata lebih tinggi daripada sumber protein lainnya, seperti telur, daging sapi, dan daging ayam.

Selain protein, ikan gabus juga mengandung lemak, zinc, kalsium, dan asam amino. Dari kandungan tersebut, maka manfaat ikan gabus untuk bayi pun akan sangat beragam, Bu. Tak heran jika orangtua jaman dulu sering memberikan ikan gabus pada anak-anaknya. Bagi Ibu yang belum tahu, inilah beberapa manfaat ikan gabus yang baik untuk bayi:

Meningkatkan Kadar Albumin di Dalam Tubuh

Albumin merupakan protein utama di dalam darah manusia yang dihasilkan oleh organ hati. Fungsi dari albumin adalah untuk menjaga cairan di pembuluh darah agar tidak bocor ke organ tubuh di sekitarnya dan mengontrol tekanan pada pembuluh darah. Ikan gabus yang memiliki kadar protein albumin tinggi akan membantu meningkatkan kadar albumin di dalam tubuh supaya dapat berfungsi dengan optimal.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Protein albumin yang terkandung di dalam ikan gabus juga akan bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka akibat terjatuh atau tergores. Protein tersebut segera bekerja untuk membentuk sel-sel baru yang rusak pada luka, sehingga luka cepat kering dan sembuh. Tentunya ini akan sangat bermanfaat mengingat anak-anak sering terluka ketika sedang mengeksplorasi banyak hal baru di sekitarnya.

Membantu Penyembuhan Bekas Operasi

Selain pada luka kecil, protein albumin juga bekerja dalam membantu penyembuhan luka bekas operasi. Albumin akan menghasilkan sel-sel tubuh baru pada sel yang rusak pada luka operasi sehingga masa penyembuhannya berlangsung lebih cepat tanpa adanya rasa sakit yang berkepanjangan.

Artikel Sejenis

Membangun Massa Otot

Untuk dapat bergerak dengan kuat dan seimbang, bayi akan membutuhkan otot yang kokoh. Manfaat ikan gabus dapat membangun massa otot karena terdapat protein albumin yang dikatakan efektif dalam membantu pembentukan otot pada tubuh. Dengan begitu, bayi akan memiliki otot yang kuat untuk membuatnya bergerak dengan lincah.

Meredakan Pembengkakan pada Tubuh

Kandungan protein albumin yang tersimpan di dalam ikan gabus akan memberikan manfaat lainnya untuk meredakan pembengkakan. Contohnya saja ketika bayi terjatuh atau keseleo dan akhirnya mengalami pembengkakan pada kaki. Protein albumin ini akan membantu mengempiskan pembengkakan tersebut dengan lebih cepat. Albumin bekerja dengan mengontrol tekanan osmotic di dalam darah dan menjaga kadar air di dalam plasma darah untuk mempertahankan volume darah supaya tidak terjadi pembengkakan pada tubuh.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat ikan gabus juga dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi berkat adanya kandungan zinc. Dengan begitu, tubuh bayi akan lebih kuat dalam menangkal mikroorganisme penyebab penyakit dan tubuhnya pun jadi lebih sehat. Mineral ini juga akan berfungsi untuk sintesis DNA, tumbuh kembang, dan pertumbuhan sel. Mengonsumsi ikan gabus pun dapat membuat bayi memiliki tumbuh kembang yang baik dan kesehatan yang selalu terjaga dengan baik.

Menyeimbangkan Cairan di Dalam Tubuh

Protein di tubuh membutuhkan jumlah cairan sebanyak 60% untuk dapat bekerja dengan normal. Kadar albumin yang tinggi di dalam ikan gabus akan bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyeimbangkan jumlah cairan tersebut. Jika jumlah cairan dalam tubuh kurang dari batas normal, maka protein tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga akan menimbulkan masalah pada tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Kadar cairan yang cukup juga membantu tubuh terhidrasi dengan baik supaya tidak mudah merasa lemas.

Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Menyimpan mineral kalsium, manfaat ikan gabus akan bermanfaat untuk gigi dan tulang bayi. Kadar kalsium di dalam ikan gabus adalah sekitar 60 mg di setiap 100 gram, sementara kandungan fosfornya adalah sekitar 70 mg di setiap 100 gram. Berkat kedua nutrisi tersebut, bayi pun akan memiliki gigi dan tulang yang kuat di masa pertumbuhannya saat ini.

Selain itu, kalsium juga berperan dalam fungsi sistem saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Kekurangan kalsium dapat menghambat pertumbuhan dan memicu berbagai penyakit, seperti osteoporosis, rakhitis, dan osteomalacia.

Baca Juga: [FF Choco Recipe] Banana Choco Smoothies

Mungkin dibandingkan dengan ikan salmon, tuna, atau lele, ikan gabus masih belum terlalu populer. Namun siapa sangka kalau kandungan nutrisinya cukup lengkap sehingga manfaat ikan gabus pun sangat beragam bagi anak, termasuk bayi. Ibu juga tidak perlu takut untuk memberikan ikan gabus pada MPASI bayi, karena tidak terbukti ada efek samping saat mengonsumsinya, seperti menyebabkan tubuh memiliki kadar albumin yang berlebih (hiperalbumin). Jadi, jangan ragu untuk memberikannya sebagai sumber protein pada MPASI buah hati ya, Bu.

Jika ibu memiliki pertanyaan lain seputar nutrisi maupun tumbuh kembang si Kecil, silahkan berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.


Sumber:

Brilio

Alodokter

Tribunnews