Whatsapp Share Like Simpan

Daging sapi adalah salah satu jenis daging merah yang kaya gizi dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Selain sebagai sumber protein, daging sapi juga mengandung banyak nutrisi lainnya sehingga akan memberikan manfaat bagi anak. Manfaat daging sapi baik bagi kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Inilah sederet kandungan dan manfaatnya yang wajib Ibu ketahui:

Kandungan Daging Sapi

Di dalam daging sapi terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein

Kandungan terbesar di dalam daging sapi adalah protein. Di dalam 100 gram daging sapi mengandung protein hingga 26,1 gram. Protein ini sangat dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan, pembentukan jaringan baru, sumber energi, memperbaiki fungsi otak, memproduksi haemoglobin, dan membentuk antibodi. Jadi, jika ingin mencukupi kebutuhan protein harian anak, daging sapi adalah pilihan yang tepat, Bu.

  • Zat Besi
    • Untuk metabolisme energi.
    • Menunjang perkembangan otak.
    • Menyuplai oksigen ke otak.
    • Mengatur suhu tubuh.
    • Mendukung kinerja otot.
  • Vitamin B Kompleks
    • Vitamin B3. Vitamin ini disebut juga sebagai niasin. Fungsi dari niasin cukup beragam, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung.
    • Vitamin B6. Vitamin ini berfungsi untuk metabolisme energi dan pembentukan sel darah.
    • Vitamin B12. Daging menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin B12 yang berperan penting dalam membentuk sel darah serta membantu kerja sistem saraf dan otak.
  • Vitamin D

Setelah protein, daging sapi juga mengandung zat besi dengan kadar yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan mineral ini, manfaat daging sapi pun dapat membantu membentuk sel-sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi juga akan memberikan beberapa manfaat lainnya, seperti:

Daging sapi merupakan sumber vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk membantu fungsi sistem saraf otak yang akan berpengaruh untuk menjaga konsentrasi dan mempertajam daya ingat. Vitamin B kompleks di dalam daging sapi terdiri dari:

Artikel Sejenis

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, anak akan membutuhkan asupan vitamin D yang bisa diperoleh dari daging sapi. Dengan adanya vitamin ini, manfaat daging sapi juga baik untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi. Mengonsumsi daging sapi dapat membantu pertumbuhan gigi yang lebih cepat dan kuat sehingga ia terhindar dari gigi keropos atau karies gigi.

  • Zinc

Berikutnya ada kandungan zinc, sehingga manfaat daging sapi akan dapat memperkuat sistem kekebalan dan menunjang metabolisme di dalam tubuh anak. Fungsi lainnya yang diberikan oleh zinc adalah mempercepat penyembuhan luka, pertumbuhan sel, sintesis DNA, dan berperan dalam tumbuh kembang anak. Pada anak laki-laki, kekurangan asupan zinc bisa menyebabkan gangguan perkembangan fungsi reproduksi dan pembentukan sperma di masa mendatang.

  • Fosfor

Manfaat daging sapi berikutnya adalah untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Ini berkat adanya kandungan mineral yang bernama fosfor. Mineral ini juga berperan penting dalam pembentukan DNA, mengoptimalkan fungsi saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, menunjang pembentukan sel, dan memperlancar metabolisme.

  • Selenium

Jenis mineral lainnya yang terkandung di dalam daging sapi adalah selenium. Berkat adanya kandungan mineral ini, manfaat daging sapi pun dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membentuk zat antioksidan. Masih ada lagi fungsi lainnya dari selenium, yaitu untuk meningkatkan aliran darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi reproduksi.

  • Omega 3

Asam lemak omega 3 tidak hanya terkandung di dalam telur dan salmon saja, Bu, tapi juga di dalam daging sapi. Nutrisi tersebut memiliki peran utama untuk perkembangan otak, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan menunjang fungsi jantung.

Kandungan Senyawa Khas Dalam Daging Sapi

Selain beberapa gizi di atas, daging sapi juga mengandung senyawa khas, yaitu:

  • Taurin. Taurin adalah asam amino non esensial yang bersifat antioksidan dan bermanfaat untuk fungsi otot dan jantung.
  • Asam linoleat terkonjugasi (CLA). Ini adalah lemak trans yang terdapat di dalam daging yang baik bagi kesehatan.
  • Glutathione. Senyawa ini juga bersifat antioksidan yang kadarnya cukup tinggi di dalam daging sapi. Antioksidan bertugas untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Kreatin. Senyawa ini memiliki kadar cukup tinggi dengan fungsinya sebagai sumber energi bagi otot.

Manfaat Daging Sapi

Manfaat daging sapi untuk anak adalah sebagai berikut:

  • Memperkuat fisik. Protein dalam daging sapi berfungsi untuk menambah massa otot, sementara fosfor untuk menjaga kepadatan gigi dan tulang. Ini akan membuat fisik anak tumbuh dengan kuat.
  • Meningkatkan sistem imunitas. Mengonsumsi daging sapi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya zat besi dan zinc. Sistem imun diperlukan tubuh untuk menangkal mikroorganisme penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Jika imun kuat, maka tubuh pun jadi lebih sehat.
  • Mencegah anemia. Zinc dan zat besi yang terkandung di dalam daging sapi dapat mencegah anak terserang anemia karena mineral tersebut bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sel darah merah untuk tubuh. Anemia bisa menyebabkan anak mudah merasa lemas, pusing, mudah lelah, dan kurang konsentrasi.
  • Menunjang perkembangan otak. Daging sapi sangat baik untuk perkembangan otak berkat adanya kandungan zat besi. Mineral ini bertugas untuk memproduksi lapisan pelindung (mielin) untuk mengelilingi serat saraf pada otak. Mielin yang tidak mencukupi bisa membuat fungsi otak menjadi tidak optimal. Fungsi otak juga turut didukung oleh vitamin B6 dan B12, sehingga akan berpengaruh terhadap daya pikir dan kecerdasan anak.
  • Sebagai sumber energi dan menambah berat badan. Manfaat daging sapi dapat menjadi sumber energi bagi tubuh karena kandungan protein di dalamnya sangat tinggi. Energi juga didapat dari vitamin B2 yang mengubah makanan menjadi energi, mengaktifkan senyawa lainnya, dan memecah asam lemak. Kadar protein di dalam daging sapi juga bisa bermanfaat untuk menambah berat badan anak yang memiliki berat badan di bawah normal.

 

Itu dia kandungan dan manfaat daging sapi untuk anak, Bu. Untuk buah hati, pastikan Ibu mengolah daging sapi hingga empuk, ya, karena teksturnya cenderung keras dan anak-anak sulit untuk mengunyahnya. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi Ibu.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Namun untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.


Sumber:

Orami

Sehatq