Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar produksi ASI, salah satunya dengan mengonsumsi jenis buah yang bagus untuk Ibu menyusui. Selain itu, pastikan Ibu selalu mengonsumsi asupan bernutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Program ASI yang dijalankan Ibu dan si Kecil tentu butuh banyak adaptasi dan penyesuaian yang banyak. Kelancaran proses menyusuinya tentu diharapkan bisa berjalan lancar agar tidak ada hambatan dan pemenuhan nutrisi kepada si Kecil bisa dilakukan maksimal.

Wajar apabila dalam proses menyusui ada beberapa kondisi yang mungkin bisa terjadi karena ASI tidak lancar. Apalagi jika hal ini terjadi pada kelahiran buah hati pertama. Ibu masih menyesuaikan bagaimana harus terus meningkatkan produksi dan kualitas ASI, sekaligus bagaimana posisi-posisi yang tepat saat si Kecil menyusui. 

Selain itu si Kecil juga masih mempelajari bagaimana cara perlekatan yang baik dan bagaimana mengisap ASI dengan tepat. Tetap berusaha dengan afirmasi yang positif dan mencoba semangat, serta makan banyak asupan yang bisa menstimulasi produksi air susu kembali lancar. 

Maka dari itu, Ibu bisa membantu melancarkan produksi ASI dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk Ibu menyusui. Lantas, apa saja buah yang bagus untuk Ibu menyusui? Mari simak bersama daftar lengkapnya di bawah ini ya, Bu.

Artikel Sejenis

Baca juga: 10 Nutrisi Ibu Menyusui yang Penting Dikonsumsi

8 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu menyusui

Pada dasarnya, Ibu yang menyusui harus menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Pola makan ini termasuk dengan mengonsumsi dua sajian buah atau lebih setiap harinya. 

Buah yang bagus untuk Ibu menyusui harus bisa jadi sumber energi, vitamin, mineral dan serat yang baik, karena hal ini akan beriringan dengan meningkatkan produksi ASI. Berikut beberapa jenis buah yang bagus untuk Ibu menyusui:

  1. Jeruk

    Jeruk buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Mungkin Ibu pernah dengar mitos jika makan jeruk atau jenis buah sitrus dengan rasa yang asam katanya dapat membahayakan bayi. Pada kenyataannya, pendapat ini masih belum terbukti kebenarannya ya, Bu.

    Jeruk justru menjadi salah satu buah yang bagus untuk Ibu menyusui. Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk Ibu, buah jeruk bisa memberi energi tambahan untuk Ibu menyusui. Dengan begitu, produksi ASI akan terbantu.

    Kandungan vitamin C juga bisa Ibu dapatkan dari susu Frisian Flag Primamum khusus ibu menyusui. Dalam setiap sajiannya mampu memenuhi 25% kebutuhan vitamin C harian Ibu menyusui.

  2. Alpukat

    Alpukat buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Buah berdaging kehijauan ini memiliki banyak manfaat buat Ibu menyusui dan bayinya. Hal ini karena alpukat mengandung lemak sehat yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi untuk Ibu menyusui. 

    Alpukat sebagai buah yang bagus untuk Ibu menyusui juga memiliki berbagai nutrisi seperti kalium, folat, vitamin B, vitamin C, vitamin E hingga vitamin K. Bahkan di dalam buah alpukat terdapat sekitar 975 miligram potasium. Oleh karena itu, alpukat termasuk salah satu makanan untuk ibu menyusui yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

    Sumber asam amino di dalam buah alpukat sebagai buah pelancar ASI mampu menyusun protein, sehingga membantu pertumbuhan sel dalam tubuh Ibu dan si Kecil selama proses memberikan ASI.

    Ibu juga bisa memenuhi kebutuhan asam amino, salah satunya asam amino esensial yang merupakan protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dari susu Frisian Flag Primamum. Setiap sajiannya mengandung 9 gram protein atau sekitar 12% dari kebutuhan protein ibu menyusui.

  3. Kurma

    Kurma buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Penelitian menyebutkan bahwa kurma dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena kurma dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin, yaitu hormon pendorong produksi ASI. 

    Tidak heran apabila Kurma termasuk dalam jenis buah yang bagus untuk Ibu menyusui. Kurma yang bercita rasa manis ini juga punya kandungan nutrisi zat besi yang dapat membantu meningkatkan suplai ASI.

    Selain dari kurma, kandungan zat besi juga bisa Ibu penuhi dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum yang mampu memenuhi 25% kebutuhan zat gizi harian ibu menyusui.

    Baca juga: 6 Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Menyusui yang Prima

  4. Pepaya

    Pepaya buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Buah pepaya merupakan buah yang bagus untuk Ibu menyusui yang selanjutnya. Pepaya punya kandungan kalium yang cukup tinggi, yaitu sebesar 50 persen dibandingkan jeruk. 

    Perlu Ibu ketahui bahwa kalium yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui karena dapat membantu melancarkan ASI dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin. Kalium juga bisa Ibu dapatkan dengan dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum yang mampu memenuhi 10% kebutuhan kalium ibu menyusui.

    Jika buah pepaya dapat dikonsumsi secara rutin selama proses menyusui, maka nutrisi di dalamnya akan masuk ke dalam ASI dan akan memberikan manfaat untuk si Kecil. Selain mengandung antioksidan, buah pepaya juga dapat membantu memperlancar BAB sekaligus sembelit

  5. Melon Jingga

    Melon jingga buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Melon jingga atau yang disebut sebagai cantaloupe merupakan salah satu buah yang bagus untuk Ibu menyusui, karena mengandung vitamin C untuk tubuh. Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat meminimalisir ibu menyusui mengalami dehidrasi. 

    Selain itu, melon jingga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh termasuk selama proses pemulihan setelah melahirkan. Bahkan buah ini juga mampu memberikan energi yang dibutuhkan selama menyusui.

  6. Pisang

    Pisang buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Pisang yang dikonsumsi selama masa kehamilan dapat mempertahankan kadar kalium yang tinggi selama proses menyusui, sehingga pisang masuk dalam jenis buah yang bagus untuk Ibu menyusui.

    Selain itu, konsumsi buah pisang secara rutin dapat menggantikan kalori yang hilang saat menyusui. Menurut Baby Center, jumlah kalium yang disarankan selama proses memberikan ASI yaitu sebesar 5.100 miligram. 

    Nah, buah pisang mengandung sekitar 450 miligram kalium. Bila dikonsumsi dengan rutin, maka ini dapat membantu Ibu untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. 

  7. Blueberry

    Blueberry buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Sebagai buah yang bagus untuk Ibu menyusui, blueberry punya sifat antioksidan tinggi, yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Menurut Journal of Health Population and Nutrition, asupan buah blueberry selama proses menyusui bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah blueberry, produksi ASI menjadi lebih melimpah dan lancar selama proses menyusui. 

  8. Stroberi

    Stroberi buah yang bagus untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Stroberi direkomendasikan sebagai buah yang bagus untuk Ibu menyusui karena memenuhi 120 miligram vitamin C setiap harinya. Selain itu, kandungan air yang tinggi dari stroberi mampu membantu hidrasi selama proses memberikan ASI secara eksklusif. Terhidrasi sangat diperlukan agar tubuh Ibu dan si Kecil tetap sehat. 

Nah, Bu itulah beberapa jenis buah yang bagus untuk Ibu menyusui. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.