Whatsapp Share Like Simpan

Duh, pusing rasanya mengajari anak belajar berhitung. Apakah Ibu juga merasakan kesulitan yang sama?

Belajar berhitung anak TK memang tidak mudah. Diperlukan cara mengajari yang tepat supaya anak bisa memahami dengan baik tentang konsepnya. Jika Ibu sudah menerapkan berbagai cara, tapi anak masih belum mampu berhitung, coba gunakan aplikasi saja, Bu.

Kini ada beberapa aplikasi yang dapat mempermudah anak untuk belajar berhitung yang bisa dengan mudah diunduh pada gadget. Berikut adalah beberapa aplikasi rekomendasi untuk membantu belajar berhitung anak TK:

Kids Math

Aplikasi untuk belajar berhitung anak TK yang pertama ada Kids Math. Untuk membuatnya menarik bagi anak-anak, metode pembelajaran matematika di aplikasi ini dikemas menjadi permainan yang membutuhkan kecepatan. Anak akan diberi waktu selama 30 detik untuk menyelesaikan 10 soal matematika, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih sulit.

Dikarenakan sudah cukup rumit, maka Kids Math direkomendasikan bagi anak yang sudah besar, yaitu usia 6 tahun. Tertarik untuk memberikannya pada buah hati, Bu? Aplikasi ini bisa langsung diunduh secara gratis di gadget dengan sistem operasi Android, ya.

Artikel Sejenis

Math Training for Kids

Belajar berhitung anak TK masih sangat sederhana dan baru berupa konsep dasar. Aplikasi Math Training for Kids akan membantu Ibu untuk mengajarkan anak tentang penambahan dan pengurangan. Aplikasi ini masih bisa digunakan hingga anak berusia SD karena juga terdapat konsep perkalian dan pembagian di dalamnya.

Math Training for Kids sudah bisa digunakan untuk anak mulai usia 4 tahun ke atas. Memiliki tampilan yang cerah, berwarna-warni, dan disertai dengan gambar yang lucu, aplikasi matematika ini akan membuat anak tertarik untuk mencobanya. Ibu bisa langsung mengunduhnya secara gratis dengan mengunjungi Google Play Store.

Money Learning - Count The Coins

Tidak seperti beberapa aplikasi belajar berhitung anak TK sebelumnya, aplikasi Money Learning - Count The Coins akan mengajarkan perhitungan uang yang mudah bagi anak-anak. Untuk memainkannya, anak akan diarahkan untuk menghitung uang dengan cara mengklik, lalu menarik uang koin dan kertas ke dalam sebuah kotak. Jika anak menjawabnya dengan benar, maka ia akan mendapatkan bintang.

Saat satu level sudah dilewati dengan benar, maka anak anak menuju level selanjutnya yang memiliki tantangan semakin sulit. Ada juga fitur untuk melatih anak mengelompokkan koin serta memilih mata uang negara sesuai keinginan. Aplikasi berhitung uang ini mempunyai sekitar 200 level yang sudah bisa diberikan pada anak TK untuk memperkenalkannya pada hal dasar seputar uang. Unduh aplikasi Money Learning - Count The Coins secara gratis hanya di Play Store ya, Bu.

 

Baca juga: Tips Mengajarkan Uang pada Balita

Belajar Angka untuk Anak-anak

Aplikasi Belajar Angka untuk Anak-anak akan memperkenalkan anak tentang angka dan cara berhitung melalui permainan yang seru. Di dalamnya terdapat berbagai fitur yang memiliki banyak manfaat bagi anak, mulai dari mengenal angka, belajar berhitung, mengembangkan keterampilan matematika, mengasah berpikir logis, hingga meningkatkan daya ingat. Jika ingin mengajak buah hati bermain permainan matematika di aplikasi belajar berhitung anak TK ini, Ibu bisa mengunduhnya di Play Store.

Endless Numbers

Bagi Ibu yang buah hatinya masih berusia dini, aplikasi Endless Numbers adalah solusi tepat untuk mengajarkannya konsep berhitung. Aplikasi belajar berhitung anak TK ini memperkenalkan anak tentang angka, jumlah, penjumlahan sederhana, pola numerik, dan urutan. Semua fitur tersebut dikemas secara menarik dalam aneka bentuk monster yang lucu dan menggemaskan.

Hal lainnya yang membuat aplikasi Endless Numbers semakin pas untuk diberikan pada anak-anak adalah adanya animasi singkat pada setiap angka yang memiliki makna supaya mudah dipahami oleh anak. Dapatkan aplikasi ini secara gratis di gadget Android Ibu hanya di Google Play Store.

Pertambahan dan Pengurangan

Di Play Store juga terdapat aplikasi bernama Pertambahan dan Pengurangan yang menawarkan metode belajar matematika yang pas untuk anak TK. Aplikasi ini didesain khusus bagi anak usia dini yang ingin mempelajari metode berhitung yang mudah dan menyenangkan.

Di dalam aplikasi Pertambahan dan Pengurangan terdapat tiga level. Di setiap level, anak bisa memainkan berbagai macam permainan secara bertahap di setiap levelnya. Semakin tinggi level, maka semakin tinggi pula tingkat kesulitannya. Untuk bisa menuju level berikutnya, tentu anak harus menjawab dengan benar.

Preschool Math Games for Kids

Dengan tampilan animasi yang disertai aneka hewan menggemaskan, aplikasi Preschool Math Games for Kids pasti akan langsung menarik minat anak untuk mengoperasikannya. Aplikasi berhitung ini akan memberikan pengalaman membaca angka dan berhitung yang interaktif dan menyenangkan bagi buah hati Ibu.

Sudah mulai bisa digunakan sejak anak berusia 2 tahun sampai 8 tahun, aplikasi ini memiliki metode pengajaran empat konsep dasar matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bukan hanya itu saja, Preschool Math juga dilengkapi dengan soal latihan matematika, pola mengurutkan, dan lainnya. Untuk mendapatkannya, langsung unduh secara gratis di Google Play Store ya, Bu.

Belajar Berhitung

Buah hati gemar menonton kartun di TV, Bu? Kalau begitu, Belajar Berhitung merupakan aplikasi belajar berhitung anak TK yang tepat. Aplikasi berhitung ini sudah bisa diberikan pada anak usia 2 hingga 9 tahun. Memiliki tampilan animasi kartun seperti Boboiboy, Masha, dan Upin Ipin, anak pasti akan sangat senang untuk belajar matematika sambil bermain permainan yang seru dan bisa mengasah daya ingatnya. Ibu bisa langsung mengunduh aplikasi ini di gadget Android Ibu.

 

Nah, Ibu sudah tidak perlu pusing mengajari anak cara berhitung. Dengan aplikasi belajar berhitung anak TK di atas, anak bisa dengan mudah belajar matematika dengan cara yang sesuai dengan usianya. Namun ingat untuk selalu mengawasi dan membatasi penggunaannya untuk anak ya, Bu. Langsung unduh aplikasi di atas dan bermain bersama buah hati, yuk.

Bagi Ibu yang masih punya pertanyaan seputar anak, jangan ragu untuk melakukan berkonsultasi pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!


Sumber:

Theasianparent

Galleryaplikasi