Whatsapp Share Like Simpan

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran mudah diperoleh di mana saja. Manfaat wortel juga sangat beragam bagi kesehatan. Selain itu, sayuran berwarna jingga ini juga sangat mudah diolah menjadi aneka jenis makanan, termasuk untuk MPASI bayi. Belum lagi manfaat yang dimilikinya. Selama ini wortel dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian dari University of Newcastle, Australia, ternyata masih ada banyak manfaat wortel lainnya lho, Bu. Berikut adalah segudang manfaatnya:

Menjaga Kesehatan Kulit

Beta-karoten adalah salah satu manfaat wortel yang terkandung di dalam wortel. Manfaat wortel ini tak hanya sangat baik untuk kesehatan mata, tapi juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak karena metabolisme. Itu artinya, manfaat wortel ini memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit bayi agar senantiasa lembut, lembab, dan halus. Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam wortel juga turut membantu melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Menguatkan Rambut dan Kuku

Vitamin A yang merupakan bagian dari manfaat wortel diketahui juga bermanfaat untuk kutikula, yang artinya dapat menguatkan rambut dan kuku supaya tidak mudah rapuh. Dengan rutin mengonsumsi wortel, rambut bayi menjadi lebih kuat dan tebal. Kukunya pun akan terjaga kesehatannya dengan ciri-ciri terlihat bercahaya, berwarna pink, tidak kering, serta tidak retak-retak berkat manfaat wortel yang dikonsumsi.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat wortel selanjutnya adalah dapat membantu menyehatkan pencernaan bayi, Bu. Ini berkat adanya kandungan serat makanan yang tinggi di dalamnya, sehingga pencernaan akan senantiasa sehat. Serat juga berfungsi untuk mengontrol pergerakan usus halus dan merangsang sekresi cairan lambung. Dengan begitu, mendapatkan manfaat wortel berkat mengonsumsi sayuran ini dapat mencegah konstipasi ataupun masalah perut lainnya. Dikarenakan bayi rentan mengalami konstipasi, maka memberikan wortel sebagai MPASI adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Memperkuat Daya Ingat

Tak hanya untuk kesehatan, wortel juga memiliki manfaat untuk kemampuan kognitif bayi. Manfaat wortel satu ini berperan untuk memproduksi senyawa luteolin yang terkandung di dalamnya mampu mencegah terjadinya peradangan otak serta memperkuat daya ingat agar tidak hilang saat bayi mulai bertambah usia.

Artikel Sejenis

Mengeluarkan Racun

Kandungan serat di dalam manfaat wortel berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Serat tersebut akan mempercepat pembuangan kotoran dari usus besar dan menjaganya agar tetap bersih. Berkat manfaat wortel satu ini, tubuh pun akan menjadi lebih sehat karena terbebas dari racun yang dapat menyebabkan penyakit.

Bagus untuk Gigi

Susah sekali ya, Bu, menyikat gigi bayi. Jika tidak dibersihkan, kesehatan giginya pun bisa terancam. Tenang, Bu, manfaat wortel lainnya juga dapat membantu mengatasi kekhawatiran Ibu. Berikan bayi wortel mentah sebagai finger food dan sayuran ini mampu membersihkan plak yang menempel di gigi dan gusi. Manfaat wortel juga berguna untuk menghilangkan bau mulut yang membuat nafas menjadi tidak sedap. Didukung dengan kalsium dan mineral lainnya, wortel juga akan menangkal kuman sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bayi.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat wortel yang terakhir adalah dapat mengontrol kadar kolesterol jahat. Sayuran berwarna jingga ini akan menghilangkan kolesterol jahat yang ada di hati sekaligus mengontrol kadar empedu di dalam organ. Jika dikonsumsi secara rutin, maka efeknya akan terasa saat bayi sudah bertambah usia.

Tips Memberikan Wortel untuk MPASI Bayi

Untuk memberikan wortel sebagai MPASI ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan. Cara ini hanya sekadar alternatif agar Ibu dapat berkreasi dan tetap menjaga manfaat wortel bisa dinikmati oleh si kecil. Untuk itu, Ibu bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

Agar Ibu mendapatkan manfaat wortel secara maksimal, pilihlah yang masih segar. Pastinya Ibu harus memilih wortel yang masih dalam keadaan segar yang bercirikan tekstur keras dan warna cerah. Hindari memakai wortel yang telah disimpan selama dua minggu untuk diberikan pada bayi. Selain kesegarannya sudah menurun, kandungan nutrisinya pun mulai berkurang sehingga memengaruhi kualitas dari manfaat wortel yang dikandungnya.

Cara penyimpanan. Jika ingin menyimpan wortel yang belum akan digunakan dan menjaganya tetap segar, masukkan wortel ke dalam plastik yang telah dilubangi. Setelah itu simpan di kulkas. Sayuran ini memerlukan kelembaban tinggi dan temperatur rendah supaya tetap dalam kondisi baik.

Cara pengolahan yang tepat. Kulit wortel harus dikupas terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih. Cara pengolahan bisa dengan direbus atau dikukus selama 10-15 menit. Ini adalah waktu yang tepat agar teksturnya cukup empuk, tapi kandungan nutrisinya tetap terjaga. Untuk bayi, Ibu bisa mengolah wortel menjadi sayur, puree, atau dibuat jus.

Resep MPASI berbahan wortel

Bagi Ibu yang ingin memaksimalisasi manfaat wortel dalam proses tumbuh kembang bayi, mungkin bisa mencoba untuk mengkreasikan beberapa resep MPASI berbahan wortel seperti berikut. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat wortel sangat baik bagi kesehatan secara umum. Manfaat wortel lainnya juga berasal dari kandungan dari sayuran berwarna oranye ini. Wortel dinilai memiliki kandungan yang mampu menjaga tumbuh kembang bayi secara optimal, seperti serat, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Manfaat wortel lainnya yang ada di dalam kandungan adalah beta karoten dan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Berikut adalah resep MPASI berbahan wortel yang bisa Ibu coba di rumah.

Puree wortel, kentang, brokoli, dan keju

Olahan MPASI berbahan brokoli nyatanya mampu menjadi pendamping yang pas agar si buah hati bisa mendapatkan manfaat wortel secara lengkap dan sehat. Brokoli mengandung vitamin C, asam folat, dan zat besi yang punya peranan penting dalam menjaga optimalisasi tumbuh kembang bayi. Agar menambah rasa yang menarik, Ibu bisa berikan paduan puree wortel, brokoli, dan keju untuk MPASI si kecil berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan: 

  • 300 gr kentang
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 75 gr brokoli
  • 4 sendok makan ASI 
  • 15 gr mentega 
  • 40 gr keju cheddar

Cara membuat: 

  • Pertama-tama Ibu bisa mencuci bersih seluruh sayuran, mulai dari kentang, wortel, serta brokoli yang akan diolah menjadi MPASI buat si buah hati
  • Lanjutkan dengan mengupas bersih kentang dari kulitnya dan potong dadu berukuran kecil. Potongan dadu ukuran kecil ini berguna agar kentang tidak membutuhkan waktu memasak yang lama. Pastikan untuk menaruh potongan kentang di dalam wadah yang berisi air untuk menghindari oksidasi
  • Selanjutnya, Ibu bisa mengupas wortel dari kulitnya. Lalu memotong wortel sesuai dengan keinginan. Namun pastikan agar potongan wortel berbentuk sama dan jangan sampai lebih besar daripada potongan kentang yang sudah disiapkan sebelumnya. Sisihkan terlebih dahulu.
  • Mulai siapkan panci berisi air dan panaskan. Tunggu air hingga mendidih, lalu masukan kentang dan wortel yang sudah disiapkan sebelumnya. Masak sekitar 20 menit atau hingga tekstur dari sayuran yang direbus menjadi lunak.
  • Sembari menunggu kentang dan wortel matang, Ibu bisa potong kecil-kecil kembang brokoli serta batangnya. Lalu dalam panci terpisah, kukus brokoli sampai empuk. Proses mengukus brokoli kurang lebih akan memakan waktu hingga 7 sampai 10 menit.
  • Setelah semua bahan sayuran sudah halus dan empuk segera tumbuk atau lumatkan selagi panas. Ibu bisa menggunakan blender atau food processor untuk membuat puree campuran kentang, wortel, dan brokoli ini
  • Jangan lupa juga untuk masukan mentega, susu, dan keju ke dalam food processor yang berisi kentang, wortel, dan brokoli. Lumatkan sampai mendapatkan konsistensi yang diinginkan dan sesuai untuk si kecil.
  • Pindahkan puree ke tempat makan si kecil, puree wortel, kentang, brokoli, dan keju siap untuk disantap.

Itulah sederet manfaat wortel yang baik untuk tumbuh kembang bayi, Bu. Saat pertama kali mencicipinya, mungkin ia akan merasa asing dengan rasanya. Jadi, berikan sedikit demi sedikit dulu supaya ia terbiasa dengan rasanya dan tetap mendapatkan manfaat wortel yang baik untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar bayi, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.