Whatsapp Share Like
Simpan

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran mudah diperoleh di mana saja. Selain itu, sayuran berwarna jingga ini juga sangat mudah diolah menjadi aneka jenis makanan, termasuk untuk MPASI bayi. Belum lagi manfaat yang dimilikinya. Selama ini wortel dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian dari University of Newcastle, Australia, ternyata masih ada banyak manfaat wortel lainnya lho, Bu. Berikut adalah segudang manfaatnya:

Menjaga Kesehatan Kulit

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel tak hanya sangat baik untuk kesehatan mata, tapi juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak karena metabolisme. Itu artinya, kesehatan kulit bayi pun akan ikut terjaga agar senantiasa lembut, lembab, dan halus. Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam wortel juga turut membantu melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Menguatkan Rambut dan Kuku

Vitamin A diketahui juga bermanfaat untuk kutikula, yang artinya dapat menguatkan rambut dan kuku supaya tidak mudah rapuh. Dengan rutin mengonsumsi wortel, rambut bayi menjadi lebih kuat dan tebal. Kukunya pun akan terjaga kesehatannya dengan ciri-ciri terlihat bercahaya, berwarna pink, tidak kering, serta tidak retak-retak.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat wortel selanjutnya adalah dapat membantu menyehatkan pencernaan bayi, Bu. Ini berkat adanya kandungan serat makanan yang tinggi di dalamnya, sehingga pencernaan akan senantiasa sehat. Serat juga berfungsi untuk mengontrol pergerakan usus halus dan merangsang sekresi cairan lambung. Dengan begitu, mengonsumsi sayuran ini dapat mencegah konstipasi ataupun masalah perut lainnya. Dikarenakan bayi rentan mengalami konstipasi, maka memberikan wortel pada MPASI-nya adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Memperkuat Daya Ingat

Tak hanya untuk kesehatan, wortel juga memiliki manfaat untuk kemampuan kognitif bayi. Senyawa luteolin yang terkandung di dalamnya mampu mencegah terjadinya peradangan otak serta memperkuat daya ingat agar tidak hilang saat bayi mulai bertambah usia.

Artikel Sejenis

Mengeluarkan Racun

Kandungan serat di dalam wortel berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Serat tersebut akan mempercepat pembuangan kotoran dari usus besar dan menjaganya agar tetap bersih. Tubuh pun akan menjadi lebih sehat karena terbebas dari racun yang dapat menyebabkan penyakit.

Bagus untuk Gigi

Susah sekali ya, Bu, menyikat gigi bayi. Jika tidak dibersihkan, kesehatan giginya pun bisa terancam. Tenang, Bu, wortel dapat membantu mengatasi kekhawatiran Ibu. Berikan bayi wortel mentah sebagai finger food dan sayuran ini mampu membersihkan plak yang menempel di gigi dan gusi, serta menghilangkan bau mulut yang membuat nafas menjadi tidak sedap. Didukung dengan kalsium dan mineral lainnya, wortel juga akan menangkal kuman sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bayi.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat wortel yang terakhir adalah dapat mengontrol kadar kolesterol jahat. Sayuran berwarna jingga ini akan menghilangkan kolesterol jahat yang ada di hati sekaligus mengontrol kadar empedu di dalam organ. Jika dikonsumsi secara rutin, maka efeknya akan terasa saat bayi sudah bertambah usia.

Tips Memberikan Wortel untuk MPASI Bayi

Untuk memberikan wortel sebagai MPASI, Ibu bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

  1. Pilihlah yang masih segar. Pastinya Ibu harus memilih wortel yang masih dalam keadaan segar yang bercirikan tekstur keras dan warna cerah. Hindari memakai wortel yang telah disimpan selama dua minggu untuk diberikan pada bayi. Selain kesegarannya sudah menurun, kandungan nutrisinya pun mulai berkurang.
  2. Cara penyimpanan. Jika ingin menyimpan wortel yang belum akan digunakan dan menjaganya tetap segar, masukkan wortel ke dalam plastik yang telah dilubangi. Setelah itu simpan di kulkas. Sayuran ini memerlukan kelembaban tinggi dan temperatur rendah supaya tetap dalam kondisi baik.
  3. Cara pengolahan yang tepat. Kulit wortel harus dikupas terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih. Cara pengolahan bisa dengan direbus atau dikukus selama 10-15 menit. Ini adalah waktu yang tepat agar teksturnya cukup empuk, tapi kandungan nutrisinya tetap terjaga. Untuk bayi, Ibu bisa mengolah wortel menjadi sayur, puree, atau dibuat jus.

Itulah sederet manfaat wortel yang baik untuk tumbuh kembang bayi, Bu. Saat pertama kali mencicipinya, mungkin ia akan merasa asing dengan rasanya. Jadi, berikan sedikit demi sedikit dulu supaya ia terbiasa dengan rasanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar bayi, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

Kumparanmom