Manfaat wortel bagi kesehatan ada banyak ragamnya, salah satunya dapat melawan radikal bebas. Selain itu, sayuran berwarna jingga ini juga sangat mudah diolah menjadi aneka jenis makanan, termasuk untuk MPASI bayi. Belum lagi manfaat yang dimilikinya. Selama ini wortel dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena kaya dengan kandungan vitamin A. Menurut sebuah penelitian dari University of Newcastle, Australia, ternyata masih ada banyak manfaat wortel lainnya lho, Bu. Berikut adalah segudang manfaat wortel bagi kesehatan:

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Menjaga Kesehatan Kulit

Beta karoten adalah salah satu manfaat wortel yang terkandung di dalam wortel. Manfaat wortel ini tak hanya sangat baik untuk kesehatan mata, tapi juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak karena metabolisme. 

Itu artinya, beta karoten ini memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit bayi agar senantiasa lembut, lembab, dan halus. Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam wortel juga turut membantu melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Menguatkan Rambut dan Kuku

Vitamin A yang merupakan bagian dari manfaat wortel diketahui juga bermanfaat untuk kutikula, yang artinya dapat menguatkan rambut dan kuku supaya tidak mudah rapuh. Dengan rutin mengonsumsi wortel, rambut bayi menjadi lebih kuat dan tebal. 

Selain itu, kuku si Kecil pun akan terjaga kesehatannya dengan ciri-ciri terlihat bercahaya, berwarna pink, tidak kering, serta tidak retak-retak berkat manfaat wortel yang dikonsumsi.

Artikel Sejenis

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat wortel selanjutnya adalah dapat membantu menyehatkan pencernaan bayi, Bu. Ini berkat adanya kandungan serat makanan yang tinggi di dalamnya, sehingga pencernaan akan senantiasa sehat. 

Serat juga berfungsi untuk mengontrol pergerakan usus halus dan merangsang sekresi cairan lambung. Dengan begitu, mendapatkan manfaat wortel berkat mengonsumsi sayuran ini dapat mencegah konstipasi ataupun masalah perut lainnya. Dikarenakan bayi rentan mengalami konstipasi, maka memberikan wortel sebagai MPASI adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Memperkuat Daya Ingat

Wortel yang mengandung beta karoten juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak, lebih tepatnya untuk kemampuan kognitif bayi. Manfaat satu ini berperan untuk memproduksi senyawa luteolin yang terkandung di dalamnya mampu mencegah terjadinya peradangan otak serta memperkuat daya ingat agar tidak hilang sehingga kesehatan otak mereka terjaga saat si Kecil mulai bertambah usia.

Mengeluarkan Racun

Kandungan serat di dalam manfaat wortel berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Serat tersebut akan mempercepat pembuangan kotoran dari usus besar dan menjaganya agar tetap bersih. Berkat manfaat wortel satu ini, tubuh pun akan menjadi lebih sehat karena terbebas dari racun dan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

Bagus untuk Gigi

Susah sekali ya, Bu, menyikat gigi bayi. Jika tidak dibersihkan, kesehatan giginya pun bisa terancam. Tenang, Bu, manfaat wortel lainnya juga dapat membantu mengatasi kekhawatiran Ibu. 

Berikan bayi wortel mentah sebagai finger food dan sayuran ini mampu membersihkan plak yang menempel di gigi dan gusi. Manfaat wortel juga berguna untuk menghilangkan bau mulut yang membuat nafas menjadi tidak sedap. Didukung dengan kalsium dan mineral lainnya, wortel juga akan menangkal kuman sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bayi.

manfaat wortel untuk tumbuh kembang bayi - ibudanbalita

Tips Memberikan Wortel untuk MPASI Bayi

Untuk memberikan wortel sebagai MPASI ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan. Cara ini hanya sekadar alternatif agar Ibu dapat berkreasi dan tetap menjaga manfaat wortel bisa dinikmati oleh si kecil. Untuk itu, Ibu bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

Agar Ibu mendapatkan manfaat wortel secara maksimal, pilihlah yang masih segar. Pastinya Ibu harus memilih wortel yang masih dalam keadaan segar yang bercirikan tekstur keras dan warna cerah. 

Hindari memakai wortel yang telah disimpan selama dua minggu untuk diberikan pada bayi. Selain kesegarannya sudah menurun, kandungan nutrisinya pun mulai berkurang sehingga memengaruhi kualitas dari manfaat wortel yang dikandungnya.

Cara penyimpanan. Jika ingin menyimpan wortel yang belum akan digunakan dan menjaga wortel menjadi tetap segar, masukkan wortel ke dalam plastik yang telah dilubangi. Setelah itu simpan di kulkas. Sayuran ini memerlukan kelembaban tinggi dan temperatur rendah supaya tetap dalam kondisi baik.

Cara pengolahan yang tepat. Kulit wortel harus dikupas terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih. Cara pengolahan bisa dengan direbus atau dikukus selama 10-15 menit. Ini adalah waktu yang tepat agar teksturnya cukup empuk, tapi kandungan nutrisinya tetap terjaga. Untuk bayi, Ibu bisa mengolah wortel menjadi sayur, puree, atau dibuat jus.

Resep MPASI berbahan wortel

Bagi Ibu yang ingin maksimalisasi manfaat wortel dalam proses tumbuh kembang bayi, mungkin bisa mencoba untuk mengkreasikan beberapa resep MPASI berbahan wortel seperti berikut. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat wortel sangat baik bagi kesehatan secara umum. 

Manfaat wortel lainnya juga berasal dari kandungan dari sayuran berwarna oranye ini. Wortel dinilai memiliki kandungan yang mampu menjaga tumbuh kembang bayi secara optimal, seperti serat, vitamin C, kalsium, dan zat besi. 

Manfaat wortel lainnya yang ada di dalam kandungan adalah beta karoten dan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Berikut adalah resep MPASI berbahan wortel yang bisa Ibu coba di rumah.

Puree wortel, kentang, brokoli, dan keju

Olahan MPASI berbahan brokoli nyatanya mampu menjadi pendamping yang pas agar si buah hati bisa mendapatkan manfaat wortel secara lengkap dan sehat. 

Brokoli mengandung vitamin C, asam folat, dan zat besi yang punya peranan penting dalam menjaga optimalisasi tumbuh kembang bayi. Agar menambah rasa yang menarik, Ibu bisa berikan paduan puree wortel, brokoli, dan keju untuk MPASI si kecil berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan: 

  • 300 gr kentang
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 75 gr brokoli
  • 4 sendok makan ASI atau Frisian Flag PRIMAGRO 1+
  • 15 gr mentega 
  • 40 gr keju cheddar

Cara membuat: 

  • Pertama-tama Ibu bisa mencuci bersih seluruh sayuran, mulai dari kentang, wortel, serta brokoli yang akan diolah menjadi MPASI buat si buah hati
  • Lanjutkan dengan mengupas bersih kentang dari kulitnya dan potong dadu berukuran kecil. Potongan dadu ukuran kecil ini berguna agar kentang tidak membutuhkan waktu memasak yang lama. Pastikan untuk menaruh potongan kentang di dalam wadah yang berisi air untuk menghindari oksidasi
  • Selanjutnya, Ibu bisa mengupas wortel dari kulitnya. Lalu memotong wortel sesuai dengan keinginan. Namun pastikan agar potongan wortel berbentuk sama dan jangan sampai lebih besar daripada potongan kentang yang sudah disiapkan sebelumnya. Sisihkan terlebih dahulu.
  • Mulai siapkan panci berisi air dan panaskan. Tunggu air hingga mendidih, lalu masukan kentang dan wortel yang sudah disiapkan sebelumnya. Masak sekitar 20 menit atau hingga tekstur dari sayuran yang direbus menjadi lunak.
  • Sembari menunggu kentang dan wortel matang, Ibu bisa potong kecil-kecil kembang brokoli serta batangnya. Lalu dalam panci terpisah, kukus brokoli sampai empuk. Proses mengukus brokoli kurang lebih akan memakan waktu hingga 7 sampai 10 menit.
  • Setelah semua bahan sayuran sudah halus dan empuk segera tumbuk atau lumatkan selagi panas. Ibu bisa menggunakan blender atau food processor untuk membuat puree campuran kentang, wortel, dan brokoli ini
  • Jangan lupa juga untuk masukan mentega, susu, dan keju ke dalam food processor yang berisi kentang, wortel, dan brokoli. Lumatkan sampai mendapatkan konsistensi yang diinginkan dan sesuai untuk si kecil.
  • Pindahkan puree ke tempat makan si kecil, puree wortel, kentang, brokoli, dan keju siap untuk disantap.

Itulah sederet manfaat wortel untuk kesehatan bayi, Bu. Saat pertama kali mencicipinya, mungkin ia akan merasa asing dengan rasanya. Jadi, berikan sedikit demi sedikit dulu supaya ia terbiasa dengan rasanya dan tetap mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selain memberi si Kecil wortel dan jenis sayuran lainnya, yuk berikan juga Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin. Dengan konsumsi 3 gelas Frisian Flag PRIMAGRO 1+ setiap hari, akan memenuhi 35% kebutuhan vitamin A nya setiap hari yang setara dengan 7 gr wortel.

Selain itu 9AAE (9 Asam Amino Esensial) di dalam Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan protein luar biasa yang mudah diserap oleh tubuh si Kecil guna mendukung tumbuh kembangnya. 

Kekurangan semuanya bisa menurunkan hingga 50% potensi tinggi badan dan kecerdasan si Kecil lho, Bu. 9AAE sendiri tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka perlu didapat melalui asupan makanan, termasuk salah satunya dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, Bu. 

Pastikan juga kebutuhan nutrisi DHA untuk si Kecil terpenuhi, ya Bu. DHA adalah asam lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3 yang merupakan nutrisi utama untuk membantu fungsi otak. Nah, DHA berperan penting untuk mengoptimalkan kecerdasan otak dan kesehatan retina mata si Kecil. Penuhi kebutuhan harian DHA dengan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena memiliki DHA 4x lebih tinggi!

Selain DHA 4x lebih tinggi, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk memaksimalkan perkembangan otak serta kecerdasan.

Selain itu Ibu bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.