Whatsapp Share Like
Simpan

Buku adalah jendela dunia. Ibu pasti sudah sering mendengar ungkapan tersebut, kan? Memang benar adanya bahwa buku memberikan banyak wawasan. Kegiatan baik ini bahkan sebaiknya dibiasakan sejak dini, Bu. Bahkan sejak si Kecil berusia 1 tahun, Ibu sudah bisa memberikan buku sebagai salah satu bentuk stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Meski di usia ini buku yang diberikan masih berupa gambar-gambar dengan sedikit tulisan. Namun siapa sangka bahwa membaca buku membawa manfaat yang sangat penting untuk si Kecil. Inilah beberapa manfaat membaca buku untuk anak:

Meningkatkan Daya Imajinasi

Buku-buku dengan banyak gambar dan warna akan membantu meningkatkan daya imajinasi anak lho, Bu. Terutama di usia 1 hingga 3 tahun saat si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga akan memicu otaknya untuk berimajinasi terhadap gambar yang dilihatnya. Hal ini akan sangat baik untuk perkembangan otaknya di tahap belajarnya.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Saat berimajinasi, otak secara otomatis akan aktif untuk berpikir. Selama kegiatan membaca berlangsung, si Kecil akan berpikir terhadap kata-kata yang Ibu ucapkan dan gambar yang ada dilihatnya. Semakin sering Ibu mengajaknya membaca, maka kemampuan berpikirnya pun semakin meningkat. Jadi, jangan lelah untuk terus mengajak si Kecil membaca ya, Bu.

Memperkaya Kosakata

Manfaat membaca untuk anak berikutnya adalah bisa memperkaya jumlah kosakata yang dimiliki si Kecil. Jadi saat Ibu menceritakan kisah yang ada di buku, ia akan berusaha menyerap kata-kata yang Ibu ucapkan. Di usia ini otak anak bisa menyerap semua yang didengarnya dengan cepat, sehingga kosakata yang dimilikinya pun lebih banyak. Si Kecil juga jadi lebih cepat dan lancar berbicara dibandingkan dengan anak yang jarang dibacakan buku. Banyaknya kosakata yang dimiliki anak juga bisa membantu persiapannya saat ia sudah bersekolah nanti.

Mengembangkan Potensi

Pada 2013 lalu, Melbourne Institute of Economic and Social Research melakukan sebuah penelitian kebiasaan membaca pada anak-anak. Hasilnya menunjukkan bahwa anak berusia 4-5 tahun yang rutin membaca sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu bisa belajar membaca 6 bulan lebih cepat dibandingkan anak seusianya yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Sementara anak yang rutin membaca setiap hari bisa belajar membaca 1 tahun lebih cepat. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, sudah sangat jelas bahwa membaca sangatlah baik untuk tumbuh kembang anak.

Artikel Sejenis

Mengembangkan Kreativitas

Ibu ingin si Kecil kreatif? Ajari ia untuk suka membaca, Bu! Ya, membaca buku ternyata dapat membantu mengembangkan kreativitas anak. Dengan membaca, anak jadi memperoleh banyak pengetahuan baru yang bisa melatih kemampuannya untuk berpikir kreatif, inovatif, dan kritis dalam menyelesaikan sebuah masalah. Manfaat tersebut akan sangat dirasakan saat ia sudah tumbuh besar. Anak jadi tidak mudah stres dan lebih mampu untuk menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapinya.

Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Tahukah Ibu bahwa salah satu manfaat membaca untuk anak adalah bisa melatih kemampuan bersosialisasi si Kecil? Ini benar, Bu, karena dengan membaca ia akan memiliki pengetahuan yang luas dan banyak kosakata. Dengan begitu anak akan tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi untuk bisa dengan mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Mempererat Hubungan dengan Anak

Manfaat terakhir yang tak kalah penting dari gemar membaca adalah dapat mempererat hubungan antara Ibu dengan buah hati. Saat Ibu mengajarinya membaca, maka ikatan fisik dan emosional di antara Anda berdua jadi lebih dekat. Saat membaca bisa jadi sebuah quality time yang menyenangkan dan membawa segudang manfaat.

Sumber: www.alodokter.com

Meski manfaat membaca untuk anak begitu besar, tapi bukanlah hal yang mudah untuk membuat si Kecil suka dengan kegiatan tersebut. Berikut ada beberapa tips untuk membiasakan si Kecil agar gemar membaca:

  1. Berikan buku bergambar dengan warna-warna yang menarik.
  2. Sebaiknya hindari buku yang memiliki terlalu banyak tulisan, karena akan membuat si Kecil cepat bosan.
  3. Biarkan ia untuk memilih sendiri buku yang disukainya saat berada di toko buku.
  4. Jadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan, misalnya sambil melakukan gerakan-gerakan atau ekspresi yang lucu.
  5. Jangan membuat kegiatan membaca yang terlalu lama. Lebih baik lakukan beberapa kali dalam sehari dalam waktu yang sebentar, misalnya sehari 2 kali selama masing-masing 15 menit.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat membaca untuk anak, bisa disimpulkan bahwa si Kecil tidak hanya membutuhkan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya, tapi juga stimulasi yang tepat. Membaca merupakan salah satu cara menstimulasi anak agar tumbuh kembangnya bisa optimal sebagai langkah untuk mempersiapkan masa depannya. Mulai sekarang, jadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan rutin Ibu dan si Kecil ya, Bu.