Whatsapp Share Like Simpan

Saat buah hati berusia balita, Ibu harus rajin memberikan stimulasi atau rangsangan. Untuk menstimulasi si Kecil, Ibu bisa menggunakan mainan edukatif. Flash card merupakan salah mainan edukatif yang cukup efektif untuk melatih berbagai kemampuan balita.

Flash card adalah sebuah permainan yang memakai beberapa kartu berukuran besar yang di dalamnya terdapat sebuah kata dan gambar di setiap kartu dengan warna-warna yang cerah dan menarik perhatian. Ibu sudah boleh mengajarkannya pada buah hati sejak usianya 6 bulan hingga 7 tahun. Dari mainan tersebut, si Kecil akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai berikut:

Menstimulasi Otak

Memainkan permainan flash card tentu akan sangat baik untuk menstimulasi otak si Kecil. Saat bermain, sel-sel otaknya akan bekerja. Ia akan belajar menangkap, mencerna, berpikir, dan mengingat semua informasi yang ia terima. Jika otaknya terstimulasi dengan baik sejak kecil, maka kecerdasannya akan ikut meningkat. Artinya, tingkat kesuksesan si Kecil di masa depan pun akan lebih besar dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan rangsangan otak.

Merangsang Daya Ingat

Memainkan flash card sangat membantu dalam merangsang daya ingat si Kecil. Ketika Ibu menyebutkan nama dari gambar yang ada pada kartu, maka si Kecil akan berusaha untuk mengingat dan mencari gambar mana yang dimaksud. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mengingat si Kecil agar ia tidak mudah melupakan hal-hal yang ia telah ia pelajari. Tentunya kemampuan mengingat ini sangat berpengaruh pada prestasi akademiknya kelak.

Melatih Konsentrasi

Jika buah hati Ibu kesulitan dalam fokus pada satu hal, maka memberikan flash card adalah solusi yang tepat. Mainan edukatif ini memang sangat baik dalam melatih konsentrasi si Kecil. Saat berusaha untuk mengingat, secara otomatis ia akan berkonsentrasi penuh. Bagi anak-anak yang memiliki masalah dalam berkonsentrasi, maka Ibu perlu rutin mengajaknya bermain flash card supaya ia bisa lebih fokus pada satu hal.

Artikel Sejenis

Memperkaya Kosa Kata

Bermain flash card adalah sebuah metode yang tepat saat akan mengajari si Kecil belajar berbicara. Dari mainan edukatif ini ia memperoleh banyak kosakata baru yang akan ia pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ajari si Kecil cara pengucapan yang benar dan jelas sambil menunjukkan gambar yang ada pada kartu. Dari sini ia akan berusaha untuk menangkap dan mencerna informasi dari indera penglihatan dan pendengarannya ke otak.

Melatih Kemampuan Mendengar & Berbicara

Tak hanya melatih konsentrasi, kemampuan si Kecil dalam mendengar dan berbicara juga akan sangat terlatih, Bu. Pasalnya, si Kecil harus belajar mendengar instruksi dari Ibu untuk mencari arahan yang dimaksud. Setelah itu, ia juga akan belajar untuk mengucapkan kata yang sama dengan yang Ibu ucapkan.

Melatih Koordinasi Mata dan Otak

Ketika si Kecil telah menerima instruksi dari Ibu, maka otak dan matanya akan berkoordinasi untuk bisa menemukan kartu dengan gambar yang benar. Koordinasi ini sangat penting untuk dilatih dengan baik sebagai proses belajarnya dalam mencerna hal-hal baru yang akan bermanfaat dalam kehidupannya.

Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Manfaat bermain flash card yang terakhir adalah untuk mempererat hubungan antara Ibu dan buah hati. Di saat Ibu mengajak si Kecil bermain, tentunya akan ada interaksi yang akan membangun koneksi bersamanya. Dari sini Ibu juga dapat melihat sejauh mana perkembangan yang dimiliki oleh si Kecil, sehingga jika ada yang terlambat Ibu bisa segera memberikan stimulasi lebih.

Baca juga: Mainan Anak yang Jadi Idola Sepanjang Masa

Tips Bermain Flash Card Bersama Si Kecil

  • Pada bayi berusia di bawah 1 tahun, perkenalkan permainan ini dengan memberikan kartu satu demi satu secara perlahan.
  • Ucapkan kata yang ada pada kartu secara jelas dan keras sambil menunjukkan gambar kepada si Kecil.
  • Pada anak yang sudah lebih besar dan terbiasa dengan permainan ini, Ibu bisa meletakkan beberapa kartu sekaligus di meja atau lantai.
  • Sebutkan salah satu nama gambar pada kartu secara acak, lalu minta si Kecil untuk mencari gambar yang tepat.
  • Cara lainnya adalah dengan menunjuk satu kartu lalu minta ia untuk menyebutkan nama dari gambar pada kartu tersebut.
  • Bisa juga dengan memperkenalkan gambar yang ada pada flash card langsung dengan benda aslinya, misalnya gambar boneka dengan boneka miliknya.
  • Ciptakan suasana bermain yang ceria dan menyenangkan supaya si Kecil bermain dengan hati yang riang.
  • Jangan memaksa buah hati untuk langsung mengingat pelajaran yang sudah Ibu sampaikan, karena ia pasti membutuhkan proses untuk bisa mencernanya.
  • Ajak si Kecil bermain dengan rutin supaya ia terbiasa untuk memainkannya.

 

Melihat banyaknya manfaat di atas, bermain mainan edukatif flash card tentu akan menjadi cara yang efektif bagi si Kecil untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Untuk cara bermainnya sendiri Ibu bebas untuk berkreasi dengan metode apapun selama masih sesuai dengan usia dan kemampuan yang dimiliki oleh buah hati, ya. Yuk, ajak si Kecil bermain sekarang agar kemampuannya berkembang dengan baik.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Orami

Kumparan