Share Like
Simpan

Bu, mainan anak seperti apa yang paling digemari si Kecil? Saat ini ada begitu banyak mainan anak yang dijual, mulai yang terbuat dari plastik hingga mainan elektronik yang membutuhkan baterai atau listrik. Membelikan si Kecil mainan semacam itu memang tak ada salahnya, namun mainan-mainan klasik yang sudah ada sejak zaman dulu ternyata lebih banyak memberikan manfaat untuknya.

Nah, berikut ini adalah 4 mainan anak yang jadi idola sepanjang masa beserta manfaat yang dimilikinya untuk si Kecil tersayang:

1. Balok susun

Saat melihat mainan anak berupa balok susun yang terbuat dari kayu, mungkin Ibu akan teringat pada masa lalu. Benda yang satu ini memang termasuk salah satu mainan anak klasik yang masih banyak digemari karena manfaatnya yang luar biasa. 

Melalui balok susun kayu, anak akan mengenal bentuk, ruang, keseimbangan, dan gravitasi. Ia juga belajar mengembangkan kreativitas dan imajinasi saat ingin membuat susunan balok yang lebih tinggi atau lebih besar.

2. Bola

Mainan ini termasuk salah satu yang terbaik sepanjang masa karena bisa dimainkan oleh anak di segala usia. Menggelindingkan, melempar, dan menendang bola merupakan aktivitas yang melatih koordinasi si Kecil dan juga membuatnya tetap aktif berkegiatan setiap hari. 

Agar si Kecil bisa bermain dengan lebih nyaman, pilihlah bola yang cukup empuk dan tidak berukuran terlalu besar untuk digunakan bermain di dalam ruangan. Sebaliknya, pilih bola yang terbuat dari plastik atau karet untuk bermain di luar ruangan.

3. Lilin mainan

Ibu pasti tak asing dengan mainan anak yang satu ini, kan? Sejak dulu, lilin mainan sering digunakan sebagai sarana bermain anak-anak karena dapat mengembangkan kreativitas dengan menciptakan berbagai bentuk yang menarik. 

Selain itu, mainan anak ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan saraf motorik si Kecil melalui gerakan jari-jari tangannya. Lilin mainan juga bisa menjadi pelepas stres bagi si Kecil karena ia bebas berekspresi melalui bentuk-bentuk yang diinginkan.

4. Puzzle

Puzzle merupakan salah satu mainan anak yang sangat mendidik karena mengajarkan si Kecil tentang kesabaran, memaksimalkan koordinasi antara tangan dan mata, serta meningkatkan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Saat menyusun kepingan puzzle, Ibu bisa mengarahkan kerja si Kecil hingga terbentuk gambar yang utuh dan membantunya mengembangkan imajinasi dengan menebak gambar yang akan muncul dari susunan puzzle tersebut.

Mulai saat ini, tak ada salahnya untuk berburu aneka mainan klasik yang penuh manfaat seperti kelima jenis tersebut. Selain menarik dan bermanfaat, mainan semacam ini juga bisa dengan mudah digabungan dengan jenis lainnya dan dapat dimainkan beramai-ramai oleh si Kecil bersama teman sebayanya maupun anggota keluarga yang lainnya.